Tahukah kamu, kalau kopi Indonesia termasuk ke dalam kategori kopi termahal di dunia? Ya, kopi luwak masuk dalam posisi pertama dari tujuh kopi termahal di dunia.

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat. Kopi dibudidayakan di seluruh dunia di lebih dari 70 negara dan dikonsumsi di ratusan negara. Secangkir kopi tentu lebih seru jika dinikmati sambil mengobrol bareng sahabat-sahabat atau berkutat dengan kerjaan di tempat yang nyaman.

Tapi tahukah kamu kalau Jakarta tidak pernah kekurangan tempat gaul? Ada banyak tempat asik untuk nongkrong sambil ngopi. Lalu, mana saja tempat mengopi yang cozy di Jakarta? Berikut beberapa referensinya.

1. Excelso

Menikmati Kopi Premium di Excelso via https://google.com

Excelso merupakan tempat ngopi yang sudah lama terkenal dari dulu. Excelso pertama kali dibuka pada bulan September 1991 di Plaza Indonesia, Jakarta. Kopi Excelso dibuat dan dipasarkan dalam bentuk kopi biji dengan kualitas terbaik dan baru digiling apabila akan diseduh, sehingga benar-benar terjaga cita rasanya.

Berbagai minuman dengan campuran kopi baik panas maupun dingin, misalnya beberapa minuman yang sangat terkenal adalah Avocado Coffee, Coffee Float, Mega Mocha Shake, Pearl Coffee dan Frappio, yaitu frozen drink kopi yang sangat nikmat dengan beberapa pilihan rasa.

2. 1/15 – One Fifteenth Coffee

Kopi Enak Ketika Bertemu Rekan Bisnis di 1/15 – One Fifteenth Coffee via http://2.bp.blogspot.com

Advertisement

Di bilangan selatan Jakarta, tepatnya di Jalan Gandaria, Jakarta Selatan, ada spot minum kopi yang wajib kamu coba apabila ingin bertemu rekan bisnis. 1/15 – One Fifteenth Coffee jadi tempat referensi buat kamu yang ingin mencari tempat meeting di sela-sela jam kantor.

Tempatnya terang dengan pencahayaan yang alami, bikin kamu berenergi dan betah berlama-lama ketika butuh suasana nyaman untuk berbicara masalah kerjaan. Alamat: Jalan Gandaria I/63, Jakrta Selatan. Jam buka: 7 pagi – 9 malam.

Kalau bertandang ke sana, menu yang wajib dicoba adalah Rojali. Signature coffee dari 1/15 ini dibuat dari kopi yang “diperas” selama 12 jam, dicampur dengan sedikit soda dan perasan jeruk, kemudian disajikan dingin. Sekilas, rasa kopi ini akan terasa seperti tequila, tapi kalau kamu mencecapnya dengan seksama rasa kopinya akan tetap terasa. Unik bukan?

3. ABCD Coffee

Menyeruput Kopi di ABCD Coffee via http://qrc.print.kompas.com

Nah, siapa yang menyangka di tengah pasar tradisional modern ada kedai kopi yang ngehits? A Bunch of Caffeine Dealers, disingkat ABCD Coffee awalnya adalah tempat bagi mereka yang ingin mempelajari cita rasa kopi dan para barista terlatih meracik kopi.

Namun, kini ABCD Coffee menjadi salah satu tempat nongkrong favorit hipster penikmat kopi. Terletak di Pasar Santa, ABCD Coffee memang tidak menawarkan pengalaman minum kopi di bawah dinginnya AC. ABCD Coffee menawarkan pengalaman menyeruput kopi yang berbeda.

Alamat: Pasar Santa A.L01-BKS No 75.77 Jl. Cipaku 1, Jakarta Selatan.

4. Pandava Coffee

Tempat Ngopi Buat Kaum Hawa di Pandava Coffee via https://img.okezone.com

Pandava Coffee bisa menjadi tempat ngopi favorit bagi kaum hawa. Buat cewek-cewek yang suka minuman kopi dingin dengan metode shake, Milkshake Vanilla Affogato With Espresso Granita bisa jadi menu yang harus dicoba.

Kopi di Pandava Coffee memiliki keunggulan sendiri dalam hal roasting, grinding, dan blending sehingga kopinya diincar para penggemar kopi. Barista-barista berkemampuan diramu dengan tempat yang nyaman di Epicentrum Walk, Pandava Coffee jadi tempat yang nyaman untuk para wanita.

5. Anomali Coffee

Menikmati Kopi Khas Indonesia di Anomali Coffee via http://www.map2cafe.com

Anomali seringkali disebut-sebut sebagai ‘Starbucks’-nya Indonesia. Membawa idealisme cita rasa khas kopi Indonesia, jangan harap kamu bisa menemukan kopi luar di tempat ini. Kamu pun bisa menemukan kopi luwak yang masuk dalam kopi termahal di dunia.

Coffee Shop yang tersebar di beberapa area di Jakarta ini, seramai apapun, Anomali Coffee tidak pernah terlihat padat. Nah, suasana ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati kopi Luwak dengan santai. Ditambah lagi dengan desain interior berupa industrial minimalis, gak perlu mikir dua kali untuk nongkrong di sini.

Kalau sering nongkrong disini manfaatkan Kartu Kredit Danamon untuk menghemat biaya ngopi, nikmati penawaran Buy 1 Get 1 Free Drink untuk pembelian menu makanan main course atau pastry.

Terkadang cita rasa kopi yang sebenarnya memang tidak bisa didapatkan dari kopi instan. Makanya, jangan ragu untuk mencicipi kopi di tempat-tempat ini. Have a nice weekend!