Untukmu yang Sampai Saat Ini Masih Bekerja dari Rumah, Ikuti 5 Tips Sehat dari WHO Ini biar Nggak Gampang Lelah

tips sehat dari WHO

Pandemi virus corona atau covid-19 di Indonesia terus meningkat. Sejak beberapa bulan yang lalu di Indonesia telah melakukan upaya untuk meredam angka penularan, dengan memberlakukan social distancing atau menjaga jarak sosial. Diharapkan seluruh masyarakat untuk mengurangi kerumunan orang, dan melakukan work from home serta school from home.

Namun, semenjak diterapkan sebagian masyarakat merasa lelah dan jenuh dalam melaksanakannya. Untuk menanggulanginya, dilansir dari akun twitter @WHOIndonesia ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk kalian yang masih melaksanakan WFH serta SFH.  

Advertisement

1. Tetapkan jadwal teratur sesuai jam kerja normal

Photo by Ketut Subiyanto

Photo by Ketut Subiyanto via https://www.pexels.com

Tentukan waktu bekerja dan waktu bersama keluarga, dengan ini kalian dapat meluangkan waktu untuk keluarga atau bisa keperluan pribadi. Menyeimbangkan waktu untuk bekerja dan keluarga bukan soal yang mudah. Terutama saat dikejar-kejar dengan deadline, situasi itu akan membuat mudah bosan dan mood menjadi buruk. 

Maka dari itu, kumpul bersama keluarga dengan bercanda, tertawa, atau berbincang-bincang dengan obrolan ringan akan memperbaiki mood kita. Bahkan, menjadikan pola pikir lebih fresh. Selain itu juga menjaga kesehatan tubuh.

Advertisement

2. Tetap bersosialisasi dengan rekan kerja secara virtual

Photo by Anna Shvets

Photo by Anna Shvets via https://www.pexels.com

Meski hanya di rumah aja kalian harus tetap bisa bersosialisasi dengan teman. Kalian bisa membuat grup video call, bermain game online bersamaan, olahraga online bareng, bergabung dikomunitas buku online, melakukan travelling online bareng-bareng, dan bisa melakukan aksi sosial bareng untuk orang-orang yang terdampak pendemi virus corona ini. Nah, dalam video WHO juga menyarankan untuk kalian bekerja sambil berdiri, guna membatasi waktu duduk yang terlalu lama saat bekerja.

3. Tetapkan waktu istirahat rutin

Photo by Karolina Grabowska

Photo by Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Meluangkan waktu untuk istirahat juga sangat penting untuk dapat membantu mengelola setres. Beri waktu berkonsentrasi untuk hal lainnya, sehingga kalian dapat lebih fokus lagi saat kembali bekerja. Kalian bisa menyediakan waktu untuk sekedar merenggangkan otot dan berolahraga ringan, makan makanan bernutrisi, dan juga menghirup udara segar.

4. Tetapkan waktu untuk beristirahat saat bekerja di rumah

Photo by Andrea Piacquadio

Photo by Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Jangan terlalu fokus untuk bekerja, beri waktu luang untuk melakukan kegiatan lain yang mungkin bisa dilakukan untuk menghilangkan setres seperti membaca buku, menggambar, atau bahkan melakukan meditasi. Hal itu sangat baik untuk tubuh kalian terutama jantung, saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan waktu lama detak jantung kita pasti tidak stabil. Nah, dengan melakukan hal-hal selain bekerja itu dapat membuat detak jantung kita kembali stabil dan lebih merasa tenang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE