5+ Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris ala Gita Savitri. Ternyata Nggak Sesusah yang Kita Pikirkan lho!

tips belajar bahasa inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, karena bahasa ini tersebar di seluruh dunia. Dengan menggunakan bahasa Inggris, kita dapat berkomunikasi dengan orang dari berbagai.  Apalagi di era digital sekarang ini, bahasa Inggris penting dipelahari agar kita tidak akan bingung lagi dalam menggunakan teknologi-teknologi terbaru. 

Nah, salah satu Youtuber Indonesia, Gita Savitri pernah membagikan tips-tipsnya untuk kita bisa belajar bahasa Inggris melalui berbagai cara. Yuk kita intip!

Advertisement

1. Bisa karena biasa

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Dalam videonya,  Gita mengatakan untuk dapat membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Contohnya kalian dapat mengatur ponsel atau laptop ke dalam bahasa Inggris. Kamu juga bisa membiasakan diri dengan menonton film atau video berbahasa Inggris. Gita sendiri biasanya menggunakan Youtube sebagai tempat pembelajaraannya. Gita juga menyarankan untuk setiap menonton video maupun film tanpa subtitle agar telinga kita terbiasa mendengar kata dalam bahasa Inggris.

2. Les

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Sebenarnya, Gita tidak terlalu menyarankan tapi optional aja ya. Karena biasanya, kelas dalam les tersebut hanya memfokuskan pada grammar saja. Kalian bisa mengganti tips ini dengan mencari-cari website tentang pembelajaran bahasa Inggris.

Advertisement

3. Melalui internet

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Gita memberi contoh untuk menggunakan website learnenglish.britishcouncil.org. Menurutnya,  dalam website tersebut terdapat banyak artikel, grammar, dan general english dan kalian dapat menentukan tema yang relevan untuk kebutuhan kalian. Selain website, bisa juga dengan sosial media. Social media saat ini nggak pernah lepas dari kalian kan?

Kalian juga bisa belajar melalui podcast. Misalnya seperti yang biasa Gita gunakan adalah podcast dari Vox, The Guilty Feminist, Where Do We Begin, dan The Daily. Selain podcast, kalian juga bisa mengunduh aplikasi seperti Duolinggo maupun Bubble.

4. Buku

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Buat kalian yang lebih suka belajar melalui buku yang menurut kalian lebih sistematis, kalian juga bisa beli buku-buku pelajaran. Jika kalian tidak mau repot membeli, kalian bisa mengunduh pada e-book atau PDF dalam internet. Gita juga memberi contoh untuk mengunduh E-Book Grammar For Dummies yang cocok untuk pemula agar bisa mengerti mengenai grammar dan bagaimana cara penggunaannya.

Advertisement

5. Baca artikel

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Dengan membaca artikel berbahasa Inggris itu bisa meningkatkan reading comprehension kita dan untuk functional literacy. Karena banyak orang yang bisa berbicara dengan bahasa Inggris, tetapi untuk reading comprehension mereka masih kurang. Itu bisa membuat kita mudah terkena hoax dan bisa sering salah mengerti sesuatu hal. Selain untuk meningkatkan reading comprehension membaca artikel dalam bahasa Inggris juga bisa untuk mengasah critical thinking kita.

6. Menulis

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Tahapan dalam belajar bahasa Inggris terdapat input dan output. Inputnya adalah mendengar, melihat, dan membaca. Sedangkan outputnya adalah berbicara, dan menulis. Dengan menulis, ini kita juga dapat mengasah skill building sentence ketika kita berbicara. Menulis ini bisa dimulai ketika kita membuat status di Twitter, menulis caption di Instagram, menulis blog, atau menulis pada Ddary.

7. Pakai kamus Inggris-Inggris

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Saat ingin mencari sebuah kata dari pada menggunakan kamus Inggris-Indonesia, Gita Sav menyarankan untuk  menggunakan kamus Inggris-Inggris biasanya dia menggunakan dictionary.cambridge.org. Pada kamus tersebut terdapat penjelasan bahasa Inggris yang mudah dicerna dan sering memberikan sinonim agar dapat lebih mengerti maksud dari kata yang dicari.

8. Jangan takut untuk mulai bicara dengan bahasa Inggris

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Biar makin lancar dalam berbicara bahasa Inggris, jangan takut mencoba. Kalau kalian udah berani berbicara dengan bahasa Inggris tanpa takut salah itu akan membuat kalian lebih cepat mengerti bahasa Inggris. Kalian bisa mulai dari bicara dengan diri sendiri, teman maupun mengajak orang lain bicara dalam Bahasa Inggris. Jika tidak ada, kalian bisa cari teman lewat sosial media.

9. Ke luar negeri

Youtube Gita Sav

Youtube Gita Sav via https://youtu.be

Saat pergi ke luar negeri, kalian bisa survive cara bicara kalian. Karena saat di sana, kalian diharuskan untuk berani berbicara misal tanya arah jalan agar tidak nyasar. Survival kita untuk berani berbicara dengan bahasa Inggris akan keluar. Itulah alasan kenapa Gita suka untuk travelling sendiri adalah agar ia dapat mengasah keberaniannya untuk berbicara dengan orang asing dan berbicara dengan bahasa Inggris tanpa takut salah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE