Tips Buat Kamu yang Masih Bingung Memilih Produk Skincare yang Cocok untuk Kulitmu!

Skincare Untuk Pemula

Di masa pandemi seperti ini banyak aktivitas yang dilakukan di dalam rumah. Aktivitas di luar pun banyak dikurangi. Walaupun begitu, merawat kulit harus tetap dilakukan. Karena aktivitas banyak dilakukan di dalam rumah, maka orang-orang yang senang merawat kulit menjadi memiliki waktu lebih untuk merawat diri dengan cara menggunakan skincare secara rutin. Bahkan orang yang belum pernah mencoba pun menjadi tertarik untuk mulai rutin melakukan skincare. Tapi tidak sedikit pemula yang belum pernah menggunakan skincare merasa bingung untuk memilih produk skincare seperti apa yang tetap untuk dirinya. Oleh karena itu, yuk cari tahu langkah-langkah memilih produk skincare yang tepat untuk pemula.
Advertisement

1. Kenali Jenis Kulit

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via https://www.pexels.com

Sebelum memilih produk skincare apa yang tepat untuk digunakan, kita harus tahu jenis keulit wajah kita. Apakah kulit kita termasuk ke dalam kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, atau kulit kombinasi. Mengenali jenis kulit adalah hal penting pertama yang perlu diketahui agar kita bisa mengetahui masalah yang terjadi pada kulit kita.

2. Ketahui Masalah Pada Kulit

Foto oleh Polina Kovaleva dari Pexels

Foto oleh Polina Kovaleva dari Pexels via https://www.pexels.com

Langkah kedua adalah ketahui masalah pada kulit. Setelah mengenali jenis kulit kita, maka kita akan dengan mudah mengetahui masalah apa yang dialami oleh kulit kita. Bisa jadi masalah pada kulit kita adalah jerawat, noda hitam, komedo, kulit kering, beruntusan, dan lain-lain. Jangan sampai kita salah mengidentifikasi masalah yang terjadi pada kulit kita.

Advertisement

3. Ketahui Kebutuhan Kulit

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels via https://www.pexels.com

Setelah mengetahui masalah yang terjadi pada kulit, langkah selanjutnya adalah mengetahui kebutuhan pada kulit. Misalkan, kita telah mengetahui bahwa jenis kulit kita adalah kulit kering dan masalah pada kulit kita adalah jerawat. Maka kulit kita membutuhkan hidrasi dan eksfoliasi. Dengan begitu kita bisa tahu bahwa kita perlu produk skincare yang memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit dan mengeksfoliasi kulit.

4. Ketahui Tujuan Menggunakan Skincare

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels via https://www.pexels.com

Setelah mengetahui jenis kulit, masalah kulit, dan kebutuhan kulit, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui dan menyadari tujuan menggunakan skincare untuk kulit kita. Tujuan menggunakan skincare adalah untuk menyembuhkan masalah yang terjadi pada kulit dengan cara memberikan apa yang dibutuhkan oleh kulit namun dengan produk skincare yang tetap cocok dengan jenis kulit. Dengan begitu kita bisa lebih mudah untuk memilih produk apa yang perlu digunakan.

5. Pilih Produk Terpercaya

Photo by Ray Piedra from Pexels

Photo by Ray Piedra from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk memilih produk skincare yang akan digunakan, maka pilihlah produk skincare yang terpercaya, yaitu produk yang sudah terdaftar di BPOM. Tidak disarankan menggunakan produk skincare yang belum terdaftar di BPOM karena bisa jadi kandungan di dalamnya berbahaya untuk kulit kita. Untuk menghindari hal-hal buruk yang terjadi pada kulit, maka disarankan dan dianjurkan untuk memilih produk skincare yang sudah terdaftar BPOM.

Advertisement

6. Lihat Kandungan Produk

Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Foto oleh Ron Lach dari Pexels via https://www.pexels.com

Sebelum membeli produk skincare, ketahui terlebih dahulu kandungan-kandungan yang ada di dalam produk skincare tersebut. Jangan sampai kulit mengalami iritasi karena kita tidak mengetahui kandungan yang ada di dalam produk skincare tersebut. Dengan mengetahui kandungan-kandungan yang ada dalam produk skincare yang akan dipilih, maka kita bisa mengetahui produk tersebut aman atau tidak untuk kulit kita.

7. Lihat Review

Photo by Keira Burton from Pexels

Photo by Keira Burton from Pexels via https://www.pexels.com

Sebelum yakin membeli suatu produk skincare pilihan, maka ada baiknya melihat review para pengguna produk skincare tersebut. Dari review tersebut kita bisa mengetahui apakah produk tersebut terpercaya atau tidak, dan apakah produk tersebut lebih banyak memberikan efek positif atau negatif untuk kulit.

8. Beli Produk Skincare Mini Size

Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Foto oleh Ron Lach dari Pexels via https://www.pexels.com

Ketika sudah yakin untuk membeli suatu produk skincare, namun masih ada sedikit rasa ragu dalam hati karena takut mendapatkan efek samping yang buruk dari produk skincare tersebut dikarenakan kalian adalah pemula, maka solusinya adalah beli produk skincare tersebut yang berukuran mini untuk percobaan pertama. Jika memang produk skincare tersebut tidak memiliki produk dengan mini size, maka kalian bisa membeli produk dengan kandungan yang paling ringan terlebih dahulu. Tidak masalah jika kalian tidak langsung membeli serangkaian skincare dari produk tersebut.

9. Lihat Reaksi Kulit

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Setelah mencoba produk skincare pilihan kalian, lihat reaksi kulit setelah 1 minggu, 2 minggu, atau 1 bulan penggunaan. Apakah kulit kalian tidak memberikan reaksi negatif atau terjadi perubahan yang tidak nyaman pada kulit kalian. Jika kulit tidak memberikan reaksi yang negatif, maka kalian bisa melanjutkan penggunaan produk skincare tersebut. Namun jika kulit memberikan reaksi yang kurang baik dan membuat kalian merasa tidak nyaman, maka hentikan penggunaan produk tersebut. Jika efek yang dirasakan parah, maka disarankan untuk segera melakukan konsultasi pada ahli.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Afifa Syilvia

CLOSE