Jauh dari keluarga untuk tujuan tertentu, misal kerja ataupun melanjutkan studi adalah cara bertahan hidup. Bertahan hidup tidak hanya urusan makan dan perut, tetapi juga bertahan menahan kerinduan untuk bertemu, berkumpul dan bercerita bersama keluarga. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, minimal untuk mengurangi rasa rindumu akan bertemu keluargamu

1. Hemat paket datamu

http://ilmuonline.net

http://ilmuonline.net via http://ilmuonline.net

Jangan kamu habiskan paket datamu untuk bermain game online, update status di media sosial. Iya tahu, karena kamu jauh dari keluarga sehingga itu adalah caramu membunuh waktu. Gunakanlah paket datamu untuk video call dengan keluargamu. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan ialah mencari tempat makan atau tempat nongkrong yang menyediakan wifi gratis, sehingga paket datamu bisa lebih hemat.

2. Sediakan waktu khusus

https://www.merdeka.com

https://www.merdeka.com via https://www.merdeka.com

Sediakan waktu khusus untuk menghubungi keluargamu kalau perlu jadwalkan. Ingat, Indonesia saja memiliki 3 daerah waktu, sehingga bila tidak terjadwal dikhawatirkan akan menganggu aktivitasmu ataupun keluargamu.

3. Hemat-hematlah uangmu

http://blog.ngaturduit.com

http://blog.ngaturduit.com via http://blog.ngaturduit.com

Advertisement

Hidup diperantauan memang susah, lebih susah lagi ialah untuk biaya pulang ke kampung halaman guna bertemu keluarga. Maka, hemat-hematlah uangmu untuk membeli tiket pulang ke rumah. Semodern teknologi komunikasi yang kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan keluargamu, akan kalah dengan kedatangan fisikmu dihadapan keluargamu. Tiket pulang itu tidak hanya pesawat, masih ada biaya transportasi lain agar kamu sampai ditujuan, begitu juga saat kamu kembali ke tempat perantauan.

4. Cari makanan sedaerahmu

http://sebandung.com

http://sebandung.com via http://sebandung.com

Salah satu penyebab kangen keluarga ialah masakan keluarga yang melekat di lidah. Solusinya, berburulah ditempat perantauan makanan yang sedaerah atau setipe dengan lidahmu. Dengan makan makanan yang cocok dilidahmu, sedikit banyak akan mengobati rasa rindu akan keluargamu.

5. Bergaul dengan teman sedaerahmu

http://marwahkepri.com

http://marwahkepri.com via http://marwahkepri.com

Dengan berteman dengan teman sedaerah, sedikit banyak komunikasi kalian akan menggunakan bahas daerah kalian. Dengan berkomunikasi dengan bahasa kampung halaman, diharapkan kalian serasa berada di rumah atau di kampung halaman.

6. Nikmati dan bila tiba waktunya, pulanglah

https://hemmhemm.blogspot.co.id

https://hemmhemm.blogspot.co.id via https://hemmhemm.blogspot.co.id

Advertisement

Kamu akan merasa susah dalam hidup bila kamu tidak menikmati. Maka, nikmatilah jauh dari kelurga. Nikmati rindu yang membumbung. Nikmati sedih saat mendengar kabar kelurga semisal sedang sakit atau apalah, nikmati mata berkaca saat kelurga di sana sedang mengadakan acara pesta dan kamu tidak bisa hadir. Dan bila tiba waktunya, pulanglah dengan bahagia, karena lebih baik hujan batu di negeri sendiri, daripada hujan emas dinegeri orang

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya