Bagi sebagian besar orang, diet dianggap sebagai suatu ejekan dan bahkan bahan jenaka. Mengapa? Sebab subjek dari yang melakukan diet adalah orang-orang yang dianggap tidak akan mampu mencapai target dietnya. Bayangkan saja jika subjek yang diet adalah wanita dengan berat badan (BB) 70 Kg tinggi 154 cm dengan target BB adalah 50 Kg. Berarti wanita itu harus mengurangi BB-nya 20 Kg. Hal yang fantastis bukan!

Jika Anda adalah orang yang pertama kali mendengar target tersebut atau orang yang mempunyai target sama, Anda tidak perlu bersedih hati. Berikut adalah tips diet sehat ala orang Indonesia yang bisa membantumu menurunkan dan menjaga BB.

1. 1. Kenali penyakit tubuh

Mengenali kelemahan dan kelebihan tubuh adalah basis penting untuk menjalankan diet yang sukses. Sebab banyak orang yang menjalankan diet tapi tidak mengenali tubuhnya sendiri.

Jika Anda adalah pemula diet, penting untuk mengetahui kelemahan diri Anda terlebih dahulu. Misalnya Anda memiliki riwayat penyakit maag, tipus, infeksi lambung, atau penyakit-penyakit lainnya. Anda perlu mengetahui jenis makanan yang sesuai dengan sistem tubuh. Sebab jika langsung menerapkan diet dengan cara panduan dari pola diet yang umumnya dilakukan orang, tubuh Anda pasti akan terkejut dan bahkan memberikan respon yang tidak baik.

Namun jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit, Anda bisa menyesuaikan pola diet dengan kebiasaan makan sehari-hari. Pokoknya inget kunci diet itu jangan membuat Anda tersiksa yaa!