Saat ini, berbagai produk kecantikan dan kesehatan kulit berupa masker dan krim sudah banyak beredar di pasar. Bahan dasar yang digunakan produk-produk tersebut juga berbeda-beda. Namun, krim herbal tampaknya masih menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki kulit sehat. Bahkan beberapa negara masih mengandalkan jenis tanaman (bunga) tertentu sebagai masker alami atau bahan dasar produk krim kecantikan. Sahabat Hipwee, yuk kita simak tips kulit sehat dengan berbagai jenis bunga ala 7 negara ini!

1. Bunga Melati- Indonesia

Pesona Taman

Pesona Taman via http://pesonataman.com

Bunga Melati adalah bunga yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Khasiatnya dalam berbagai hal, terutama kecantikan, sudah dikenal dari generasi ke generasi. Saat ini, sudah banyak produk pelembab kulit yang menggunakan Melati sebagai bahan dasarnya. Namun tetap saja masih banyak orang yang menggunakan lulur Melati yang diracik secara tradisional.

Bunga ini memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan dan kecantikan kulit, seperti fungsinya untuk menghaluskan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Melati juga dapat dijadikan sebagai masker wajah untuk mengatasi jerawat, yakni dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan belerang dan jeruk nipis.

Advertisement

2. Sakura- Jepang

Ingat Sakura, pasti ingat negara dengan ibukota Tokyo. Bunga yang satu ini memang menjadi ciri khas Jepang. Selain menjadi ciri khas negara, ternyata Sakura juga dijadikan sebagai ciri khas berbagai produk kecantikan di Jepang. Bukan hanya karena wanginya menggugah indera penciuman, Sakura juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini dan radang kulit. Berbagai produk kecantikan di Indonesia juga telah mengadopsi Sakura sebagai bahan dasar pembuatan masker untuk memutihkan wajah.

3. Tulip- Belanda

Advertisement

Bunga ini terkenal berasal dari Belanda. Namun saat ini, pembibitannya sudah menjangkau hampir seluruh negara di dunia. Ternyata yang menarik dari Tulip bukan hanya warnanya yang bervariasi, tetapi juga khasiatnya yang besar untuk kecantikan. Masker Tulip dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, minyak esensial dari Tulip dapat membantu untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit. Itu sebabnya banyak perusahan kosmetik di berbagai negara, terutama Eropa, yang menggunakan Tulip sebagai bahan dasar produknya.

4. Mallow (Malva Syltvestris)- Negara-negara Afrika

Malva Sylvestris atau yang sering disebut dengan Blue Mallow, Cheese-Cake Flower, atau Mallow saja, merupakan bunga yang banyak tumbuh di negara-negara Afrika dan Asia. Namun, khasiat Mallow dalam kecantikan lebih banyak dimanfaat oleh orang-orang yang tinggal di negara-negara Afrika, terutama Afrika Utara. Mallow yang ditumbuk dapat digunakan sebagai masker untuk mengurangi jerawat, ruam kulit, eksim, bisul, bahkan pembengkakan kulit karena gigitan serangga. Berbagai perusahaan penghasil produk krim kosmetik dan obat kulit telah membuat Mallow sebagai bahan dasarnya.

5. Lotus- India dan Mesir

Mythologian

Mythologian via http://mythologian.net

Lotus atau teratai memang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Bahkan bunga ini sudah diabadikan ke dalam bentuk puisi, lagu, atau karya lainnya. Tapi ternyata teratai adalah tanaman asli yang berasal dari India dan Mesir. Di India, terutama, tanaman ini sudah dikenal sebagai bahan dasar produk kecantikan. Berbagai khasiat teratai sudah dirasakan orang-orang India dari generasi ke generasi. Teratai tidak hanya membantu mengendalikan produksi sebum di dalam kulit untuk menyeimbangkan wajah berminyak, tetapi juga dapat melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Akar teratai juga mengandung vitamin A yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan jerawat dan peradangan pada kulit.

6. Anggrek- Rusia

Lenah Valley Garden Club

Lenah Valley Garden Club via http://www.lenahvalleygardenclub.com

Anggrek memang bukan tanaman asli Rusia. Namun banyaknya produk kosmetik berbahan dasar anggrek di Rusia membuktikan bahwa orang-orang di sana percaya akan khasiat anggrek untuk kesehatan kulit. Ekstrak anggrek dipercaya dapat mengurangi garis-garis keriput. Selain itu, anggrek dalam bentuk masker alami atau produk krim dapat bertindak sebagai anti oksidan yang dapat melembabkan kulit.

7. Hibiscus- Malaysia

Natural Home Remedies

Natural Home Remedies via http://naturalhomeremedies.co

Hibiscus merupakan bunga nasional Malaysia. Tapi bunga ini sudah tidak jarang ditemukan di Indonesia. Penamaan lain untuk bunga ini di negara kita adalah bunga Kembang Sepatu. Di beberapa negara seperti Mesir, negara-negara Afrika Barat, India, dan Brazil, menggunakan ekstrak Hibiscus sebagai minuman, yaitu teh Hibiscus. Tapi ternyata manfaat Hibiscus tidak hanya sebatas itu. Hibiscus memiliki berbagai khasiat dalam bidang kecantikan.

Hibiscus mengandung Asam Alfa Hidroksi (AHA) yang berfungsi untuk mengurangi kulit berminyak, mengecilkan pori-pori, dan membersihkan pori-pori tersumbat, yang akan membuat kulit tampak lebih segar dan muda. Selain itu, ekstrak Hibiscus juga dipercaya dapat meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya