Memiliki kulit sehat adalah impian setiap perempuan. Banyak perempuan yang berlomba-lomba ingin mendapatkan kulit sehat hingga harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli produk kecantikan atau melakukan perawatan di klinik kecantikan. Sementara itu, sebagian dari mereka belum paham bagaimana menjaga dan merawat kulit wajah dengan baik dan benar.

Tidak hanya dengan produk kecantikan, pola hidup juga menjadi kunci penting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Konsumsi asupan air mineral, vitamin dalam buah dan sayuran, olah raga serta mengurangi konsumsi junk food juga diperlukan untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Untuk kamu yang masih pemula, kamu nggak perlu merogoh kocek hingga harus menguras isi kantong kamu untuk mendapatkan kulit sehat. Terapkan pola hidup sehat dan lakukan langkah perawatan kulit sendiri di rumah yang mudah dan murah. Yuk intip tipsnya..

1. Minyak Zaitun as a Make Up Remover

Kamu pengguna waterproof make up? Hapus make up dan segala kotoran di wajahmu dengan minyak zaitun. Minyak akan lebih mudah melelehkan dan membersihkan segala produk waterproof di wajahmu. Kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun akan menjaga kadar air pada kulit wajah dan menghindari munculnya keriput pada usia dini.

Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung salah satu antioksidan yang bernama polifenol yang membantu melindungi sel kulit dari kerusakan. Penggunaan lipstick yang terlalu lama dan tidak dibersihkan dengan baik, dapat menyebabkan bibir hitam. Kandungan vitamin E dan K dalam minyak zaitun dapat merawat bibir dan menghindari perubahan bibir menjadi hitam.

Advertisement

Pori-pori besar? Minyak zaitun juga bisa mengecilkan penampakkan pori-pori yang besar. Salah satu produk minyak zaitun yang mudah didapat adalah Wardah Pure Olive Oil. Si kecil yang memiliki banyak manfaat.

2. Micellar Water to Clean Up Your Face

Di pagi hari, gunakan pembersih wajah untuk menghapus sisa skin care pada malam hari di wajahmu. Pastikan juga tidak ada make up yang tersisa di wajahmu ketika malam hari agar produk skin care yang akan kamu gunakan setelahnya, bisa bekerja dengan maksimal.

Pembersih wajah yang praktis digunakan adalah Wardah Micellar Water. Perpaduan Balancing Seaweed dan Cucumber Extract di dalamnya menenangkan kondisi kulit setelah penggunaan make up dan skin care.

3. Aloe Vera Gel

Advertisement

Punya banyak masalah kulit seperti bekas jerawat yang kemerahan, sunburn, dan kulit kering? Sejak dulu, lidah buaya menjadi menyelamat dari semua masalah itu. Wardah Hydramild Multifunction Gel adalah salah satu produk yang mudah didapat dan multifungsi. Kamu juga bisa bikin DIY setting spray dari produk ini loh.

Dengan mencampurkan wardah aloe vera gel dan air di dalam botol semprot, kamu sudah punya setting spray tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Simpan di dalam kulkas dan gunakan kapanpun kamu butuh kelembaban dan kesegaran lebih.

4. Chemical Exfoliating

Chemical

Chemical via http://twitter.com

Bersihkan sel kulit mati penyebab kulit kusam dengan exfoliasi. Salah satu produk exfoliasi yang mudah digunakan dan terjangkau adalah Wardah White Secret Exfoliating Lotion. Kandung natural AHA di dalamnya membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam di wajah serta menjadikan kulit lebih halus dan tampak lebih cerah.

Gunakan Wardah White Secret Exfoliating Lotion seminggu sekali di malam hari dan gunakan sunscreen di pagi hari setelah penggunaan agar kulitmu tetap sehat.

5. Scrub Kopi (Physical Exfoliating)

eksfoliasi dengan kopi dan madu

eksfoliasi dengan kopi dan madu via http://www.naturalhut.net

Kandungan antioksidan di dalam bubuk kopi dapat mencerahkan kulit yang kusam dan rusak akibat terbakar sinar matahari. Selain itu, butiran kopi bubuk dapat menghilangkan sel kulit mati dan menghaluskan tekstur kulit wajah. Campurkan bubuk kopi hitam dengan madu lalu aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan. Gunakan scrub ini seminggu sekali.

6. Serum

Serum adalah zat cair yang memiliki kandungan bahan aktif yang dibutuhkan kulit. Biasanya zat aktif dalam serum lebih banyak dibanding produk skin care lainnya. Zat aktif yang dibutuhkan kulit seperti vitamin C untuk mencerahkan kulit atau witch hazel untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Jika kamu pemilik wajah berminyak dan berpori besar, salah satu serum yang bisa dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan kulitmu adalah Wardah Purifying Facial Serum. Kandungan seaweed dan witch hazel extract yang melembabkan sekaligus meringkas pori penyebab minyak berlebih.

7. Sunscreen

Sunscreen

Sunscreen via http://twitter.com

Salah satu penyebab kulit kusam dikarenakan kulit terpapar sinar matahari langsung terlalu sering. Untuk menjaga kulit agar terhindar dari sinar matahari, gunakan tabir surya sebelum beraktifitas di luar ruangan. Gunakan Wardah Sunscreen Gel untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari.

8. Manfaat Es Batu

manfaat es batu untuk wajah

manfaat es batu untuk wajah via http://www.ledisia.com

Selain digunakan untuk pelengkap minuman, es batu memiliki manfaat untuk kulit wajah. Bagi sebagian perempuan, penampakan pori-pori yang membesar dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri. Mengusapkan es batu ke kulit wajah dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Selain itu, mengaplikasikan es batu ke wajah dengan rutin, dapat mengurangi noda hitam bekas jerawat serta meredakan jerawat yang meradang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya