Konon katanya bahwa kunci membangun hari penuh energi adalah dengan sarapan pagi. Yup hal ini bukanlah suatu mitos sebab sarapan pagi merupakan pangkal nutrisi dari tubuh manusia. Sayangnya banyak sekali yang melewatkan hal penting ini dan diet merupakan salah satu alasan andalannya.

Jansen Ongko, M.Sc, RD, seorang parktisi gizi kebugaran, dalam rangka peluncuran Produk Nestle NESTUM di Jakarta menyatakan bahwa sarapan memenuhi sekitar 15-30% kebutuhan gizi harian. Selain itu, sarapan juga membantu memupuk kebiasaan pola makan yang cerdas saat makan siang, jajan dan makan malam.

Selain dapat membekali tubuh dengan sumber gizi sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sarapan juga dapat membantu mengontrol gula darah jadi nggak gampang letoy dan tetep fokus tentunya. Kamu tetap bisa menikmati sarapan tanpa perlu pusing 7 keliling memikirkan BB idealmu, asalkan benar melakukannya. Jadi gimana sih sarapan yang bener itu?

1. Mengandung gizi seimbang

Sarapan sehat, badan sehat

Sarapan sehat, badan sehat via https://www.pexels.com

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS mengatakan bahwa menu makanan sehat adalah yang mengandung karbohidrat (sebaiknya berupa karbohidrat komplek seperti oatmeal, gandum, biji-bijian dan nasi merah), lemak (lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan), protein (telur dan daging tanpa lemak), vitamin dan mineral (berasal dari buah dan juga sayur), serat (berasal dari buah dan juga sayur), dan air.

Advertisement

 Beliau menambahkan bahwa meskipun makanan telah mengandung gizi seimbang, namun porsinya tetap harus diperhatikan. Idealnya dalam satu piring sarapan, 4/5 porsi perlu diisi oleh karbohidrat komplek, 1/4 porsi oleh lauk yang terdiri dari protein dan juga mineral, sementara 1/2 porsi sisanya terdiri dari buah dan sayur yang mencukupi kebutuhan serat, vitamin dan mineral. Jangan lupa air putih ya guys!

2. Tidak makan berlebihan

Say No buat makan berlebih !

Say No buat makan berlebih ! via https://unsplash.com

Untuk mendapatkan manfaat sarapan, hindarilah makan yang berlebihan. Sebab makan berlebihan justru membuat lesu sepanjang hari karena sistem pencernaan yang bekerja terlalu keras. Selain itu, tentunya membuat dietmu menjadi tidak optimal lagi.

3. Menu bervariasi

Sehat juga bisa kok makan enak

Sehat juga bisa kok makan enak via https://www.pexels.com

Setiap orang pasti memiliki menu favoritnya. Namun bukan berarti sarapan selalu menggunakan menu favorit yang akhirnya menjadi monotone. Sebab setiap makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Variasi menu sarapan pasti akan membuatmu semangat dan tidak bosan pula.

4. Jangan makan terlalu siang

Perhatikan injury time ya!

Perhatikan injury time ya! via https://unsplash.com

Advertisement

Sarapan memang dilakukan pada pagi hari. Waktu sarapan yang ideal adalah 30 menit setelah bangun tidur, hindarilah sarapan lebih dari jam 10 pagi. Hal ini agar membuatmu mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan membantu tubuh menyeimbangkan kalori.

5. Konsisten waktu sarapan

Jangan lupa sarapan

Jangan lupa sarapan via https://unsplash.com

Jika kamu memang sedang diet maka mulailah untuk memiliki jadwal sarapan. Pasalnya jika tidak dibiasakan setiap hari maka yang di dapat bukanlah menjadi sehat, namun kamu akan mengalami kenaikan berat badan hingga mungkin megalami penyakit pencernaan.

Sebab sistem pencernaan kita akan terganggu jika tiba-tiba harus bekerja pada pagi hari maupun harus berhenti bekerja jika kamu tidak sarapan.

Selamat menjalani diet yang menyenangkan dan buat harimu tetap produktif tentunya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya