Sudahkah Anda mencintai diri sendiri? Mungkin pertanyaan ini terdengar seperti ajakan untuk memiliki sikap egois. Namun sesungguhnya, Mencintai diri sendiri merupakan proses penerimaan diri dengan segala kelebihan maupun keterbatasan yang dimiliki.

Mencintai diri sendiri penting untuk dilakukan karena setiap orang menginginkan apresiasi atau penghargaan atas hidupnya. Faktanya self-love mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang menjadi lebih bahagia. Berikut 9 cara yang perlu dilakukan agar memiliki hidup yang lebih berkualitas!

1. Luangkan waktu untuk memanjakan diri

Tidur yang berkualitas

Tidur yang berkualitas via https://id.pinterest.com

Advertisement

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri. Kerja keras dalam pekerjaan, pendidikan atau hal lainnya, boleh saja. Mengoptimalkan kinerja Anda di bawah sebuah tuntutan adalah hal yang wajar dan patut dikerjakan.

Tapi ingat! Anda juga butuh waktu untuk mengisi kembali tenaga yang telah terkuras habis. Minimal istirahat yang cukup demi tidur yang berkualitas setiap harinya. Bagaimanapun juga, Anda berhak mendapat imbalan atas kerja keras yang telah dilakukan.

2. Lakukan hal yang disukai

Play guitar

Play guitar via https://id.pinterest.com

Setiap orang pasti mempunyai hal-hal yang disukai, meskipun terkadang bisa saling bertentangan. Anda berhak melakukan apa yang disukai, seperti travelling, memasak, menari, atau bahkan hanya sekedar menonton drama.

Advertisement

Siapa yang peduli? Melakukan hal yang disukai berguna untuk memperbaiki serta meningkatkan kembali mood Anda setelah bekerja seharian. Tapi jangan sampai merugikan orang lain, ya! Lakukan hal yang Anda sukai sebagai penghargaan tertinggi untuk diri sendiri!

3. Bersyukur atas apa yang dimiliki

Di dunia ini tidak ada satupun orang yang memiliki cukup alasan untuk tidak bersyukur. Apapun persoalan terberat Anda hari ini, ketahuilah bahwa banyak orang dengan persoalan yang jauh lebih berat sedang berada di sekitar Anda setiap harinya.

Di saat Anda mengeluhkan bentuk tubuh yang tidak proporsional, coba pikirkan bagaimana perasaan orang-orang yang lahir dengan ketidaksempurnaan anggota tubuh? Di saat Anda selalu bertengkar dengan kedua orangtua Anda, pikirkan bagaimana perasaan setiap anak yatim piatu yang melewati hari-harinya tanpa kehadiran orangtua?

Memang mengeluh di saat sukar pasti lebih mudah dilakukan daripada bersyukur. Tetapi dimana tantangannya? Jika Anda berhasil untuk bersyukur di tengah-tengah kesukaran hidup, disitulah Anda akan tampil sebagai pemenang!

4. Keluar dari zona nyaman

Try something new

Try something new via https://id.pinterest.com

Berhentilah berdiam diri dalam zona nyaman Anda! Menjadi sama dari waktu kewaktu bukanlah hal yang menyenangkan. Anda pasti pernah merasa jenuh bukan? Menjadi berbeda tidak ada salahnya. Selama yang Anda lakukan adalah positif dan dapat membangun kepribadian, bukan malah merusak. Maka dari itu, cobalah hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya!

Tidak ada yang tahu apa yang sudah menunggu Anda di ujung sana, siapa tahu Anda menemukan pengalaman baru yang berharga. Tidak ada salahnya mencoba. Ingat hidup hanya sekali. Inilah saatnya Anda keluar dan melihat dunia baru dengan mata terbuka!

5. Tampil apa adanya

Jadilah diri sendiri dimanapun Anda berada. Berusaha mengubah diri menjadi orang lain tidak akan ada habisnya, tetap saja akan ada yang suka dan tidak suka. Jangan takut terhadap cara orang lain memandang Anda, karena mereka tidak berhak menentukan value diri Anda. Mencoba menjadi orang lain hanya akan melelahkan tubuh.

Lakukan saja hal yang mudah, seperti mulai percaya pada diri sendiri. Yakinlah semua orang sudah diciptakan secara adil pada porsinya masing-masing. Ingat tidak ada yang kurang dari diri Anda! Anda sempurna dengan segala keterbatasan yang dimiliki. Oleh karena itu, tampil apa adanya menjadi diri sendiri selalu cukup.

6. Perhatikan kebutuhan diri (self-care)

Kenali tubuh Anda beserta kebutuhannya! Jangan pernah mengabaikan atau menyepelehkan kebutuhan diri sendiri, meskipun hanya hal-hal yang terlihat sederhana seperti mengecat kuku, spa di salon, atau bahkan sekedar makan makanan favorit Anda.

Hal ini penting untuk dilakukan! Karena di saat kebutuhan Anda terpenuhi, maka spirit positif yang baik akan mengalir dalam tubuh Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih mencintai diri sendiri dan berbahagia.

7. Berada di lingkungan yang mencintai anda

Girls squad

Girls squad via https://id.pinterest.com

Anda berhak memilih akan berada dalam lingkungan yang seperti apa. Berhak mendapat kasih sayang dari orang-orang disekitar Anda, entah itu berasal dari keluarga, sahabat, teman, ataupun pacar.

Pilihlah lingkungan yang menerima Anda apa adanya, yang membuat Anda merasa nyaman saat bersama mereka, yang membebaskan Anda untuk berekspresi, serta bebas menjadi diri sendiri. Anda tidak perlu berusaha menjadi orang lain untuk bisa merasakan cinta. You deserve to be loved!

8. Mengakhiri hubungan sepihak

Break up couple

Break up couple via https://id.pinterest.com

Terkadang kebahagiaan atau hal menyakitkan bisa ditentukan oleh diri sendiri. Jika saat ini Anda sedang berada dalam sebuah hubungan yang dimana Anda harus terus-terusan mengalah dan bersabar, sedangkan pihak lainnya tidak, maka Anda harus berani mengambil tindakan tegas untuk mengakhiri semua itu.

Hal ini tidak hanya berlaku dalam konteks sepasang kekasih, tetapi juga dalam pertemanan. Namun jika ingin tetap dipertahankan, maka apa yang Anda rasakan harus di utarakan dan bersama-sama mencoba memecahkan masalah yang ada. Jangan pernah menyimpan masalah itu sendirian karena hanya akan membuat Anda merasa tertekan berada dalam hubungan tersebut. Ingat! Your feelings matter.

9. Memaafkan diri sendiri

Happy girl

Happy girl via https://id.pinterest.com

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya, tidak terkecuali Anda. Mungkin bagi sebagian orang, kesalahan yang diperbuat sangatlah besar dan tidak dapat termaafkan lagi. Namun yang perlu Anda ketahui adalah sebesar apapun dosa yang telah Anda perbuat di masa lalu, waktu dan kehidupan di masa kini akan terus berjalan.

Diam di dalam keterpurukan bukanlah jalan keluar. Apakah Anda akan memilih untuk memaafkan diri sendiri, bangkit dan melanjutkan hidup dengan komitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama? Atau hanya ingin stuck selamanya di posisi Anda sekarang ini? 

Keputusan berada dalam tangan Anda! Masa lalu memang tidak dapat diubah, tetapi masih ada masa depan yang harus diperjuangkan. Poin ini sangat penting dilakukan setiap orang agar dapat mewujudkan hidup yang berkualitas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya