Salah satu hal yang biasa membuat ayah bunda khawatir adalah ketika hendak menggunting rambut si buah hati. Kekhawatiran paling tinggi biasanya saat hendak mencukur rambut si bayi untuk pertama kalinya. Nah, berikut tips mencukur rambut bayi dengan aman dan nyaman yang bisa ayah bunda lakukan di rumah.

1. Buat si kecil merasa nyaman

Pastikan si Kecil nyaman via http://www.allure.com

Hal paling penting sebelum mencukur rambut si kecil adalah memastikan ia berada pada posisi dan kondisi paling nyaman. Berikan mainan yang disukai si kecil selama proses mencukur. Sangat disarankan ayah dan bunda “bekerja sama” untuk melakukanya.

Saat bunda berusaha membuat si kecil tetap asik bermain, ayah yang memotong rambutnya. Sangat penting juga, ayah bunda memastikan bahwa si kecil sudah kenyang, tidak mengantuk, dan dalam kondisi bugar. Bila si kecil lapar, mengantuk atau sedang tidak fit, besar kemungkinan dia akan rewel selama proses pencukuran.

2. Pastikan rambut dalam kondisi basah atau lembab

Pastikan rambut si Kecil basah via http://www.hospitol.org

Advertisement

Ayah dan bunda harus memastikan rambut si kecil basah atau lembab. Ini berguna agar rambut mudah dipotong dan si kecil tidak terganggu selama pemotongan. Rambut yang kering memiliki tingkat ketidaknyamanan lebih tinggi ketika dipotong dari pada rambut yang basah.

3. Gunakan gunting rambut yang tepat dan tajam

Gunakan gunting yang tepat via https://shwinandshwin.com

Jenis gunting memiliki pengaruh yang besar bagi kenyamanan si kecil. Pastikan ayah dan bunda menggunakan gunting rambut agar si kecil aman. Selain itu, pastikan ketajaman gunting. Gunting yang tumpul membuat rambut susah terpotong sehingga si kecil menjadi tidak nyaman.

4. Jangan memaksakan

Jangan memaksakan via http://www.advicena.com

Ayah dan bunda harus melihat respon si kecil, jika ia terlihat tidak nyaman, proses harus dihentikan sementara. Ayah dan bunda bisa mengubah mainan atau posisi agar si kecil kembali nyaman dan bisa dilanjutkan pemotongan rambutnya.

5. Mulailah dari bagian mudah

mulai dari bagian yang mudah via https://shwinandshwin.com

Advertisement

Memotong rambut sebaiknya dimulai dari bagian mudah agar si kecil tidak rewel. Memotong biasanya lebih baik dari bagian belakang terlebih dahulu agar si kecil tidak terganggu kala bermain.

6. Sederhana

Potongan sederhana via http://www.hospitol.org

Jika ayah dan bunda belum pernah memiliki pengalaman memotong rambut sebelumnya, pastikan memotong rambut dengan gaya sederhana. Jangan terlalu banyak mode yang sulit, karena akan memakan waktu yang lama. Besar kemungkinan si kecil akan berontak. Memotong rambut gaya sederhana dapat dengan mudah dilakukan. Ayah dan bunda tinggal memotong mengikuti bentuk pertumbuhan alami rambut si kecil.

7. Segera bersihkan

Segera bersihkan potongan rambut si Kecil via http://www.advicena.com

Ayah bunda sebisa mungkin menghindari potongan rambut jatuh ke kulit si kecil seperti ke badan atau leher. Potongan rambut yang jatuh di badan, akan membuat si kecil merasa gatal dan tidak nyaman.

Nah itu tadi tips untuk ayah dan bunda. Semoga sukses dengan kegiatan potong rambut si kecil, ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya