5 Tips Menetapkan Resolusi Tahun Baru Agar 2021 Berbeda dari Tahun-Tahun Sebelumnya

tips membuat resolusi tahun baru

Hidup layaknya sebuah buku, setiap lembarannya memiliki arti masing-masing yang tersirat. Begitu pula tahun baru, banyak yang mengumpamakan tahun baru sebagai sebuah buku baru yang masih kosong. Cerita apa yang akan kamu tuliskan di dalamnya? Tentunya banyak yang orang yang ingin menuliskan cerita-cerita bahagia di dalamnya. Tapi sebelum cerita-cerita untuk setahun kemudian kamu tuliskan, harusnya kamu tahu dulu kehidupan seperti apa yang akan kamu lakukan di tahun baru ini.

Yup, resolusi tahun baru sama dengan tujuan hidup yang seharusnya menjadi arah kamu melangkah setahun kedepan. Itulah mengapa banyak orang yang menganggap resolusi tahun baru itu begitu pentingnya. Namun, banyak juga yang sekadar mengikuti trend untuk membuat resolusi tahun baru. Tapi nanti di akhir tahun tetap saja tidak membuahkan hasil. Pertanyaan selanjutnya, lalu kamu setahun ini udah ngapain aja? Setelah mendengar pertanyaan itu dilontarkan dari mulut orang lain, pastinya berasa nancep dong?

Nah, sebenarnya resolusi tahun baru nggak perlu terlalu muluk-muluk. Yuk, contek tips-tips berikut ini biar kamu bisa menetapkan resolusi tahun 2021 kamu. Biar nanti di akhir tahun gak bakal lagi ada penyesalan kalau resolusi kamu masih belum tercapai.

Advertisement

1. Introspeksi diri

Instrospeksi diri layaknya kamu sedang bercermin. Benar adanya, cermin bisa membantu kamu untuk instrospeksi diri. Bukan hanya melihat kamu yang sekarang secara fisik saja, tapi lihat secara mendalam ke dalam diri kamu sendiri. Siapa kamu saat ini? Bandingkan dengan kamu yang sebelumnya.  Jika yang kamu dapatkan adalah hal yang baik, mau secara fisik, mental, ataupun keseluruhan diri kamu, ya berarti sudah ada kemajuan dalam hidup kamu. Tapi nggak cukup sampai di situ saja, kamu wajib menjadi yang lebih baik lagi atau minimal kamu harus bisa mempertahankan pencapaian kamu itu.

Kalau masih banyak kekurangan yang kamu dapatkan dari instropeksi diri kamu, maka harus membuat daftar kekurangan tersebut dan menjadikannya resolusi di tahun baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi intinya adalah kenali dulu diri kamu saat ini. Kilas balik juga apa yang sudah kamu lakukan sejauh ini ya.

Advertisement

2. Ketahui tujuan hidupmu

Tujuan hidup adalah hal yang harus kamu ketahui, juga merupakan hal yang paling susah untuk diketahui. Pastinya kamu sudah sering mendengar istilah quarter life crisis. Fase di mana kamu meragukan semua yang sudah kamu lakukan selama ini, juga fase pencarian sebuah jati diri.

Tentunya, banyak yang belum menyadari juga kalau dia sendiri sedang berada dalam quarter life crisis ini. Tiap hari kerjaannya galau-galauan aja. Hayo siapa yang begini?

Advertisement

Nah, ada baiknya, kamu melakukan instrospeksi diri dulu nih. Setelahnya baru mulai menetapkan tujuan hidup kamu. Pencarian jati diri itu sebaiknya dilakukan sedini mungkin, lo. Karena masalahnya nanti meyangkut waktu dan usia. Selagi masih muda, kamu harus tahu mau dibawa ke mana kehidupan kamu. Tapi nggak berarti udah mulai berumur jadi nggak bisa mencari jati diri juga ya.

Better late than never, lebih baik terlambat daripada tidak pernah sama sekali. Ini cocok banget sebagai pemicu kamu dalam mencari jati diri. Semoga habis baca artikel ini, kamu segera sadar kamu maunya hidup yang bagaimana ya~

3. Mulai dari yang sederhana

People wake up early morning

People wake up early morning via https://www.studyfinds.org

Membuat resolusi tahun baru itu nggak harus muluk-muluk. Mulai dulu saja dari yang sederhana. Sekadar tidur tepat waktu dan bangun pagi pun sebenarnya sudah sangat sulit dilakukan. Apalagi kalau kamu langsung memulai sesuatu yang besar dan pengennya langsung sukses. Itu lebih dibutuhkan usaha ekstra. Perbaiki dulu kebiasaan sehari-hari kamu ya~

4. Susun daftar resolusi

Create new year resolution

Create new year resolution via https://pcoswellness.com

Nah, selanjutnya adalah buat daftar resolusi kamu selama 1 (satu) tahun ke depan. Target ini bukan hanya sekadar ditulis ya, tapi wajib kamu usahakan biar di akhir tahun nanti kamu bisa melihat pencapaian dari usaha-usaha kamu. Percayalah, usaha nggak bakal mengkhianati hasil kok. 

5. Konsisten

People consistency

People consistency via https://www.success.com

Nah, yang terakhir adalah konsistensi. Buat diri kamu senyaman mungkin untuk mencapai semua resolusimu. Dengan kamu yang sudah nyaman, pastinya kamu nggak bakal bosan melakukan usaha-usaha untuk mencapai semua resolusi itu kan. Akhirnya, kamu pasti bakalan konsisten untuk menjalaninya demi versi diri kamu yang lebih baik. Ingat ya, konsisten adalah koentji!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta travelling dan dunia tulis menulis sedari dulu. Berharap selalu bisa melihat sisi lain dari dunia dan bisa berbagi pengalaman serta dapat memberikan inspirasi kepada semua orang yang membutuhkan.

CLOSE