Tips Menghadapi Kantuk Saat Beraktivitas: Agar Hari-harimu Lebih Bersemangat!

Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kantuk saat beraktivitas

Kita semua pasti pernah merasa sangat bersemangat di hari libur. Namun, rasanya letih saat memasuki hari masuk kerja terutama hari senin yang biasa dikenal dengan hari padat dan sibuk dalam bekerja.

Mengantuk jadi salah satu faktor yang membuat kita merasa lemas, letih, lesu dan tentunya tidak bersemangat.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kantuk saat beraktivitas!

Advertisement

1. Langsung Bersiap

Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels via https://www.pexels.com

Banyak dari kita pasti membutuhkan alarm agar bisa bangun di pagi hari agar tidak terlambat bersiap ke kantor. Waktu alarm berbunyi yang terdengar oleh kita adalah momen krusial.

Kenapa penting? karena jika kamu memilih untuk mematikan alarm dan bergegas untuk bangun dan bersiap untuk mandi tubuhmu juga akan bersiap untuk dipaksa terbangun dan punya semangat untuk memulai beraktivitas.

Advertisement

Kita pasti sering dengar nasihat orangtua mengenai manfaat mandi pagi bukan, nampaknya hal ini ada benarnya juga dan bisa kamu coba loh!

2. Minum Air dengan Suhu Hangat

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Buat kamu yang tidak terbiasa untuk langsung mandi dan butuh waktu menyadarkan tubuh sejenak dengan cara duduk bisa loh dibarengin dengan minum air dengan suhu hangat.

Selain menredkan dehidrasi yang dialami saat kita tertidur kurang lebih 6 jam, tubuh tentunya perlu stimulus yang baik. Minum air hangat bisa jadi pilihan yang bagus buat kamu.

Advertisement

3. Konsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Minuman yang mengandung kafein pasti sangat familiar ya saat ini, apalagi kalau bukan kopi. Ya, kopi tentu saja bisa jadi pilihan. Kamu bisa pilih menu kopi dan juga toast atau makanan pendamping lainnya di Coffee Shop langganan kamu sebagai sarapan pembuka aktivitas agar bersemangat.

4. Atur Pola Tidur

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Banyak dari kita yang punya beban pekerjaan yang banyak dan terkadang mengharuskan kita menambah jam pekerjaan setelah pulang dari kantor, apalagi di situasi saat ini yang mengharuskan sebagian pekerja bekerja dari rumah tak bisa dipungkiri merusak pola aktivitas kita menjadi bercampur dan tentunya mempengaruhi waktu tidur.

Mengatur waktu tidur sebenarnya bukan hal yang sulit jika sudah memulai dan konsisten jam terjaga kamu pun pasti bisa berkurang.

5. Berolahraga

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Pagi hari memang waktu emas yang memiliki jutaan manfaat jika dialokasikan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Mengawali hari dengan berolahraga juga bisa jadi salah satu daftar kegiatan kamu loh untuk membangkitkan semangat. Kamu bisa coba bersepeda keliling kompleks perumahan, lari mengitari jalan di kampungmu, atau sekedar jalan santai sambil menyapa para tetangga.

Nah, itu dia sedikit tips yang bisa coba kamu lakukan untuk membangkitkan semangat sebelum memulai hari dan meredakan kantuk saat melakukan aktivitas!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tiap tempat adalah sekolah, tiap orang adalah guru

CLOSE