Bagaimana menyikapi pertengkaran antara kakak kelas dengan adik kelas?

Setiap manusia tidak luput dari namanya permasalahan. Pasti akan selalu datang permasalahan tersebut dan itu merupakan salah satu ujian yang diberikan Tuhan kepada kita semua agar dapat menyikapi hal tersebut dan dapat membuat kita jauh lebih dewasa lagi.

1. Bersahabatlah dengan kakak kelas atau adik kelas

best friend

best friend via https://id.pinterest.com

Buatlah kesan yang menyenangkan satu sama lain, walaupun kita beda usia. Salah satunya dengan saling membantu sama lain dan juga kita sebagai kakak kelas jangan semena-mena terhadap adik kelas dengan menyuruh segala hal kepadanya.


Jangan jadikan adik kelas itu sebagai babu kalian ya!


2. Saling menyapa satu sama lain

Advertisement

Mungkin sebagian dari kakak kelas itu pasti gengsi menegur adik kelasnya, tapi jika kita saling merespon dan menanggapi sapaan tersebut apa salahnya. Sekedar menyapa "Hello bro!" atau "Hei!" tidak ada salahnya kan dicoba?

3. Saling melindungi satu sama lain

saling melindungi

saling melindungi via https://www.google.co.id

Jadikanlah kakak kelas atau adik kelas itu sebagai pendampingmu. Marilah kita saling melindungi satu sama lain. Bagi adik kelas ucapkanlah terima kasih terhadap apa yang kakak kelasmu lakukan padamu, karena ucapan terima kasih itu dapat membuat siapapun menjadi berharga di mata orang lain.

4. Saling melengkapi satu sama lain

persahabatan

persahabatan via https://www.google.co.id

Setiap orang pasti punya kekuranganya masing-masing, akan tetapi jangan jadikan kekurangan itu sebagai bahan cemoohan. Ayolah kita saling melengkapi satu sama lain, hilangkan sikap egois kalian. Jika dia tidak bisa melakukan suatu hal sedangkan kamu bisa bantulah dia.

5. Saling menghargai satu sama lain

saling menghargai

saling menghargai via https://id.pinterest.com

Advertisement

Sebagai kakak kelas yang baik, seharusnya kita lebih mengapresiasikan hasil karya adik kelas kalian dan jangan mengejeknya. Berikan pujian yang tulus pada adik kelas kalian yang telah menghasilkan sebuah karya, belum tentu kakak kelas itu bisa melakukanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya