7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Work From Home. Ssst Kalau Dihiraukan Bisa Berakibat Buruk untuk Badan lho!

menjaga kesehatan selama work from home

Kebijakan work from home telah berjalan lebih dari 2 bulan sejak masuknya covid 19 ke Indonesia. Tak sedikit yang menghiraukan kesehatan tubuh selama di rumah. Pola hidup yang tidak benar bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

Mereka bahkan tidak menyadari kebiasaan buruk dari hal-hal kecil yang tidak kita lakukan dirumah dapat berdampak negative pada tubuh. Masalah pencernaan bahkan tubuh merasa lelah walaupun tidak banyak bergerak merupakan tanda bahwa tubuh anda mengalami masalah kesehatan.

Berikut tips yang bisa kalian lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan selama work from home, dengan beberapa langkah sederhana secara teratur bisa berdampak pada kesehatan.

 

Advertisement

1. Makan gizi seimbang

Photo by Malidate Van from Pexels

Photo by Malidate Van from Pexels via https://www.pexels.com

Selama work from home mungkin kita lebih memilih makan makanan cepat saji yang tergolong praktis, namun jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Himbauan untuk melakukan physical distancing dimana menghindari tempat dan kegiatan yang ramai dikunjungi memang membuat beberapa orang memilih untuk membeli makanan instan maupun kalengan, dikarenakan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Advertisement

Namun mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang lebih higienis dan kesehatan tubuh pun terjaga. Memperbanyak makan sayur dan buah dapat memperbaiki pencernaan dalam tubuh. Kandungan vitamin dalam buah dapat menjadi anti body dan menghindarkan kita dari penyakit. Tentunya buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, stoberi, pepaya lebih dianjurkan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein juga sangat dianjurkan, seperti daging dan ikan. Kandungan gizi ikan seperti protein, lemak, vitamin dan mineral sangat baik untuk pertumbuhan tubuh, jika kalian tahu kandungan lemak yang terdapat pada ikan juga bisa menurunkan kolesterol darah.

Advertisement

Mengkonsumsi daging seperti daging sapi maupun ayam yang memiliki kandungan gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin juga bisa menjaga kesehatan dalam tubuh jika tidak berlebihan.

Namun kalian jangan sampai lupa meskipun makanan yang kalian makan telah memenuhi gizi seimbang tetapi cara mengolah makanan yang salah juga dapat memperburuk kesehatan. Hindari mengolah makanan yang terlalu banyak digoreng, terlalu pedas, terlalu asin, dan olahan mentah. Sebab jika kita sering mengkonsumsi makan tersebut dapat memperburuk kesehatan.

2. Olahraga teratur

Photo by Li Sun from Pexels

Photo by Li Sun from Pexels via https://www.pexels.com

Mungkin banyak yang melupakan olah raga saat dirumah  sehingga menyebabkan tubuh merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas berat. Padahal  olah raga sangat penting agar tubuh tetap sehat dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Olahraga tidak melulu yang berat, cukup melakukan olah raga ringan secara teratur yang bisa dilakukan kapanpun. Seperti jogging, sit up, push up yang bisa dilakukan sambil mendengarkan music. Melakukan olah raga yang teratur dapat melancarkan sirkulasi darah, mengontrol lemak dalam tubuh, menjaga berat badan, dan tentunya memperbaiki kualitas tidur.

Bagi yang tidak sempat untuk olah raga, kalian bisa sekedar bersih-bersih rumah, seperti mengepel, menyapu, atau membersihkan debu yang memungkinkan keluar keringat. Dengan begitu kalian akan tetap bergerak dan tentunya tubuh merasa sehat.

3. Istirahat cukup

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Pekerjaan yang menumpuk maupun tugas yang selalu dikejar deadline selama work from home menyebabkan istirahat kita berkurang. Jika kita kekurangan waktu istirahat mungkin tubuh akan lemas, mudah sakit, dan sangat mengganggu pekerjaan.

Begadang terus menerus sangat tidak baik untuk kesehatan dan dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Istirahat setelah Lelah bekerja seharian, sekedar rebahan sambil bersantai bisa memperbaiki fungsi otak dan meningkatkan kreativitas.

Tidur 7-8 jam sehari dapat menghindarkan kita dari segala penyakit, metabolisme tubuh juga seimbang dan tentunya kita akan fresh di pagi harinya sehingga bekerja lebih besemangat.

4. Perbanyak minum air putih

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Photo by Daria Shevtsova from Pexels via https://www.pexels.com

Minum air putih sebanyak 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Teratur minum air putih saat bangun tidur dapat memperlancar pencernaan dan mengelurkan zat-zat berbahaya dalam tubuh.

Mencukupi kebutuhan air dapat mengindari kita dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

Namun kalian tidak perlu terpaku untuk minum 8 gelas sehari, cukup minum sesuai kebutuhan tubuh saja. Minum air putih pun juga pada waktu yang tepat, seperti saat kita haus atau setelah bekerja diluar tentunya kadar air dalam tubuh akan berkurang, sehingga saat itu kita butuh minum.

5. Minuman herbal

Turmeric tea

Turmeric tea via http://thespruceeats.com

Banyak yang tidak tahu jika minuman dari tumbuhan herbal jika dikonsumsi secara teratur dapat menyehatkan tubuh. Minuman yang terbuat dari olahan jahe, kunyit, kencur, dll dari bahan-bahan alami sangat bermanfaat untuk tubuh. Banyak yang mengira jika tumbuhan tersebut hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tapi jika kalian mengolah menjadi minuman herbal atau jamu bisa meningkatkan kesehatan.

Seperti minuman kunyit asam yang terbuat dari kunyit, gula aren dan asam jawa bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, meredakan nyeri haid, dan menurunkan berat badan.

Selain itu jamu beras kencur memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan diare, menyembuhkan sariawan dll. Minum jamu setiap hari aman untuk kesehatan karena terbuat dari bahan alami. Masih banyak lagi minuman herbal yang bisa kalian konsumsi untuk menjaga kesehatan, kalian dapat membeli di penjual jamu atau bisa membuat sendiri di rumah.

6. Konsumsi vitamin

Photo by Cottonbro from Pexels

Photo by Cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Dalam masa pandemik ini mengharuskan kita untuk selalu menjaga kesehatan, mengkonsumsi vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh. Memperbanyak minum Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat diperoleh dari tablet, kapsul, maupun minuman yang bisa kita dapatkan ditoko terdekat. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah segar juga bisa untuk memenuhi vitamin dalam tubuh.

Membuat minuman teh yang dicampur dengan jeruk nipis atau lemon juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, kesehatan pencernaan dan meningkatkan insulin.

7. Mematuhi protocol kesehatan

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Belum dipastikan kebijakan work from home berlaku sampai kapan sehingga kita wajib mematuhi protocol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Seperti sering mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, dan menghindari kerumunan atau social distancing.

Tetap di rumah dan selalu menjaga kesehatan merupakan upaya pencegahan peningkatan penyebaran virus. Melihat wabah ini sangat berbahaya kita tidak dianjurkan untuk keluar rumah apabila tidak mendesak, dengan mematuhi protocol kesehatan kita menyelamatkan keluarga, saudara dan orang terdekat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hobi menggambar dan menulis. Seorang Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi di Universitas Amikom Yogyakarta

Editor

une femme libre

CLOSE