Semakin bertambahnya usia tentu kulit wajah perlu perhatian khusus. Sebaiknya ketika usia mulai bertambah, beberapa skincare perlu diganti ke skincare yang memiliki fungsi yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Tentunya kulit wajah di usia 20 tahun dan 30 tahun tidak bisa disamakan, apalagi dalam hal pengunaan produk untuk perawatan wajah. Begitu juga di usia 40 tahun, perlu adanya pergantian skincare dari usia sebelumnya. Karena semakin hari, kinerja sel-sel tentu akan semakin melambat seiring bertambahnya usia.

Nah agar tetap memiliki kulit yang cantik dan bersinar, perlu diperhatikan dalam penggunaan skincarenya agar tidak salah produk, misal usia 20 tahun tapi menggunakan anti aging, nah ini tidak dibenarkan sebetulnya. Karena pada dasarnya di usia 20 tahun kita belum membutuhkan kandungan tersebut.

Melalui tulisan ini, saya akan mencoba bagikan tips skincare untuk usia 20 tahun sebelum menginjak usia 30 tahun, berikut tipsnya:

1. Gunakan Cleanser atau Micellar Water

Micellar Water Seaweed Wardah

Micellar Water Seaweed Wardah via https://www.instagram.com

Di usia 20 tahun ini perlu adanya pergantian skincare dari usia yang sebelumnya. Usia 20 tahunan ini, kulit wajah pada umunya sering berinteraksi dengan asap kendaraan, asap rokok, aktifitas yang padat dari pagi hingga malam, intinya mobilitas di usia 20 tahun ini begitu tinggi.

Sehingga ketika pulang dari beraktifitas, kulit perlu dibersihkan dengan cara double cleansing yaitu dengan menggunakan milk cleanser atau micellar water, nah selanjutnya gunakan facial wash untuk langkah keduanya.

Advertisement

2. Pakai Facial Wash, Jangan Lupa ya

Facial wash wardah

Facial wash wardah via https://www.instagram.com

Nah setelah membersihak dengan cleanser, langkah selanjutnya dari tahap double cleansing adalah gunakan facial wash. Facial wash ini berfungsi untuk membersihkan wajahmu lagi, agar betul-betul bersih dan terangkat kotoran-kotoran sisa hasil dari beraktifitas seharian.

Facial wash ini bisa disesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu, misal sedang berjerawat, gunakan facial wash acne, jangan gunakan facial wash brightening, begitu juga sebaliknya. Karena apabila kondisi wajah sedang tidak bermasalah dan kamu menggunakan skincare untuk kulit berjerawat nantinya kulit wajah akan semakin kering.

Advertisement

Jadi diingat ya, skincare itu perlu diganti-ganti karena kulit wajah sewaktu-waktu mungkin bertransisi.

3. Jangan lupa Eksfoliasi

Facial Scrub Wardah

Facial Scrub Wardah via http://www.wardahbeauty.com

Eksfoliasi ini penting, karena eksfoliasi ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ketika sel kulit mati ini diangkat, maka hal ini akan menstimulasi kulit sekaligus meregenerasi sel-sel kulit yang nantinya dipersiapkan untuk usia selanjutnya terutama di usia 30 tahun. Karena di usia 30 tahun ini, kegiatan regenerasi kulit ini melambat tidak secepat di usia sebelumnya.

Untuk meneksfoliasi kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan AHA yaitu Alpha Hydroxy Acid atau gunakan facial wash yang memiliki scrub. Ingat ya eksfoliasi kulit 1 minggu sekali saja cukup, jangan setiap hari.

4. Gunakan Toner sebagai Penyegar

Lightening Face Toner Wardah

Lightening Face Toner Wardah via http://www.wardahbeauty.com

Setelah membersihkan wajah jangan lupa gunakan toner sebagai penyegar. Toner ini fungsinya bukan hanya sebagai pemyegar saja, melainkan toner ini berfungsi menyeimbangkan kadar PH setelah mencuci wajah sebelumnya. Nah toner ini juga bisa mengangkat kotoran yang masih menempel di wajah setelah mencuci muka.

Jadi, wajah akan tampak lebih segar dan lebih bersih lagi. Saran saya sih, pilih toner dengan aroma kesukaanmu karena ketika kamu mencium aroma dari toner tersebut, kamu bisa merasakan ketenangan juga.

5. Gunakan Produk SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sunscreen Gel Wardah

Sunscreen Gel Wardah via http://www.wardahbeauty.com

Walau mendung ataupun panas, ketika keluar di siang hari sebaiknya tetap menggunakan produk yang memiliki kandungan SPF. Hal ini penting dilakukan agar kulit terjaga, tidak kusam, muncul flek hitam di wajah atau muncul kerutan di wajah suatu saat. SPF yang digunakan juga perlu disesuaikan, sebaiknya apabila kegiatan di luar lebih dominan maka gunakan produk yang ber SPF tinggi misal SPF 30.

Nah apabila kegiatan yang dilakukan lebih dominan di dalam ruangan, maka bisa gunakan SPF yang tidak terlalu tinggi misal SPF 15 atau SPF 20. Jangan tinggalkan SPF agar kulitmu tetap terjaga dari sinar matahari ya. Ulangi penggunaan SPF ini, ketika aktifitas di luar ruangan kamu sangat lama, agar tetap terlindungi.

Gunakan SPF ini di bagian terakhir setelah semua produk sudah digunakan, agar kulit benar-benar terproteksi.

6. Ingat Pelembabmu agar kulit tidak kering

Day Cream agar kulit selalu lembab

Day Cream agar kulit selalu lembab via https://www.instagram.com

Sebelum menggunakan SPF ada baiknya gunakan pelembab. Nah pelembab ini berfungsi untuk melembabkan wajah sekaligus menutrisi kulit wajah. Bagi yang kulitn wajahnya mudah kering, pelembab ini tidak boleh tertinggal dalam list skincarenya. Pilihlah pelembab sesuai dengan kebutuhan kulit dan kondisi kulit.

Ingat jangan salah tempat, apabila kulit wajahmu baik-baik saja gunakan skincare untuk mencerahkan kulit, apabila kulit berjerawat tetap gunakan skincare untuk kulit berjerawat. Pelembab ini juga menolong kalian, apalagi yang beraktifitas di dalam ruangan ber-Ac.

7. Nah jangan lupa Masker minimal 1x seminggu, dan untuk usia 25 Tahun ke atas gunakan masker 2x seminggu

Facial Mask Wardah

Facial Mask Wardah via http://www.wardahbeauty.com

Gunakan masker minimal 1x seminggu, nah bagi yang berusia 25 tahun ke atas sebaiknya gunakan masker 2x seminggu. Karena di usia 25 tahun ini, kulit membutuhkan perhatian yang ekstra sekaligus nutrisi yang banyak. Masker ini bisa bermacam-macam tergantung dengan kebutuhan kulit, baik itu untuk mencerahkan wajah, menghaluskan, dan merawat kekencangan kulit.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya