5 Tips Mengembalikan Kepercayaan Dirimu. Mulai dari Menerima Diri Sendiri Seutuhnya

Apa sih yang membuat kamu merasa tidak bahagia? Hal yang membuat tidak bahagia bahkan kecewa adalah harapan kamu sendiri. Harapan yang terlalu tinggi bisa membuat kecewa karena tidak sesuai dengan perencanaan yang sudah kamu susun.

Misalnya saj,a dari hubungan masa lalu yang tanpa kamu sadari berujung kekecewaan. Lingkup keluarga dan sosial yang membuat kamu sedih karena selalu merasa dibanding-bandingkan dengan orang lain. Hal-hal tersebut akhirnya membuat kamu menjadi kehilangan kepercayaan diri akan menjalani kehidupan, selalu merasa ada kurang dari diri kamu, merasa sendiri dan bahkan kamu merasa bahwa kamu tidak pantas menjadi manusia.

Proses menjalani kehidupan selalu penuh tantangan. Ingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Buat kamu yang penasaran kenapa penting self-acceptance bagi hidup kamu, yuk simak artikel ini!

Advertisement

1. Melakukan Me Time

Photo by Te lensFix from pexels

Photo by Te lensFix from pexels via https://www.pexels.com

Melakukan me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah salah satu cara untuk melepas penat dan rasa bosan dengan rutinitas keseharian. Me time bisa dilakukan di rumah atau di luar rumah. Tempat di manapun yang menjadi me time asalkan kamu suka dan nyaman, ya. Selain tubuh yang  perlu istirahat ternyata pikiran juga harus, agar bisa melakukan aktivitas kembali.

2. Membuat Daftar Masalah dan Solusi

Photo by George Milton from pexels

Photo by George Milton from pexels via https://www.pexels.com

Dalam kehidupan tidak ada yang namanya terlepas dari masalah. Kamu pasti sering berhadapan dengan masalah dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kadang kamu berpikir bahwa masalah itu lebih besar sehingga sulit menemukan solusi. Hal ini karena kamu memfokuskan masalah tanpa menelaah masalah yang sebenarnya ada solusinya. Ketika kamu mampu menguraikan masalah maka kamu berhasil mendapatkan solusi yang baik bagi masalah kamu. So, tenang ya, setiap masalah ada solusinya kok!

Advertisement

3. Self-Acceptance

Photo by Kevin Malik from pexels

Photo by Kevin Malik from pexels via https://www.pexels.com

Self-acceptance adalah memahami kondisi diri sendiri dan memperbaiki. Mungkin kamu sering merasa kurang percaya diri dan bahkan sering mengingat hal-hal yang buruk dimasa lalu. Apa yang kamu rasakan adalah hal yang wajar, bukankah menangis dan kecewa adalah manusiawi yang semua orang bisa merasakannya? Cobalah menerima diri sendiri, hal-hal di masa lalu yang sulit untuk kamu terima dan lupakan sebenarnya diri kamu sendiri yang harus bisa berdamai dengan itu. Jangan menolak, tapi cobalah menerima dan memperbaiki untuk ke depannya. Tidak ada salahnya menerima kekurangan dari diri kamu, semakin kamu menerima diri kamu maka semakin bertumbuh dan berkembang dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Mencoba menerima diri sendiri itu bagus loh buat kesehatan kamu.

4. Mencoba Melakukan Hal Baru

Photo by imustbedead from pexels

Photo by imustbedead from pexels via https://www.pexels.com

Seiring berjalannya waktu, kamu pernah merasakan yang namanya dibanding-bandingkan. Hal ini, justru membuat kamu kurang percaya diri akan kemampuan. Dibanding-bandingkan memang bukanlah hal yang baik tapi kamu yang merasa dibanding-bandingkan jangan terfokus pada kata-kata mereka yang pada akhirnya malah membuat overthinking. Namun, bukan berarti apa yang mereka katakan itu semuanya salah dimata kamu. Cukup ambil yang baik dan jadikan sebagai motivasi, lakukan hal-hal yang membuat kamu senang dan jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru untuk mengembangkan diri. 

5. Tanamkan Pesan Positif yang Membangun

Photo by Andrea Piacquadio from pexels

Photo by Andrea Piacquadio from pexels via https://www.pexels.com

Pesan yang dapat membangun diri adalah sesuatu hal yang dapat memotivasi diri kamu untuk berkembang. Hal ini, tentu saja sangat membantu kamu. Message yang positif akan membantu untuk membangun pikiran, perasaan, dan perilaku melakukan sesuatu yang baik. Kalau bukan diri sendiri yang mulai, siapa lagi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pisces princess ♡

CLOSE