London merupakan ibukota yang menjadi ikon terkenal dari UK maupun Negara Inggris. Kamu pasti tahu kan Big Ben, Istana Buckingham, London Eye?. Nah ikon-ikon yang biasanya ada diberbagai gambar dan majalah itu berada di UK, tepatnya di Negara bagian Inggris ibukota London. Walaupun London terkenal dengan biaya hidup serba mahal, tidak ada salahnya para traveler untuk mengunjungi kota yang indah ini dengan bermodalkan budget pas-pas an. Berikut ini tips dan trik traveling ke London ala backpacker;

1. Tentukan waktu yang pas dan pesan tiket jauh-jauh hari

let's go travelling!

let's go travelling! via https://www.vectorstock.com

Alangkah baiknya jika kamu memilih waktu terbaik untuk berkunjung kesana dengan memilih musim sesuai dengan keinginan kamu, entah musim dingin atau musim panas kemudian carilah bulan termurah untuk pemesanan tiket, sebaiknya jauh-jauh hari perkiraan 19 minggu sebelum keberangkatan untuk mendapatkan harga yang murah dari harga biasanya. Juga pantau terus situs-situs penerbangan yang sedang menyediakan harga promo.

2. Pesan Hostel murah

Untuk meminimalisisr budget maka carilah hostel untuk menginap, variasi harga hostel mulai dari ratusan ribu. Terdapat organisasi yang bernama YHA (Youth Hostel Assosiation) yang menyediakan akomodasi murah dan nyaman di London dari hostel, camping, dan transport. Biasanya para backpacker sering menginap disana. Jika sulit untuk menemukan hostel YHA maka hostel di tempat lain pun juga menjanjikan. Walaupun fasilitas hostel tidak sebanding dengan hotel, namun dihostel pun menyediakan tempat yang nyaman serta terdapat makanan murah disana, cocok banget kan bagi kamu yang kantong tipis.

3. Belilah Oyster Card dan sim card London

Advertisement

Bagi kamu yang ingin berkeliling London menaiki transportasi umum seperti bus (big red bus) dan kereta bawah tanah tertua didunia (London Underground Tube) maka kamu harus punya Oyster Card untuk meminimalisir budget. Untuk membeli Oyster Card bisa secara langsung atapun secara online dan nanti langsung diantar ke alamat yang dituju.

Jika kamu sampai di London jangan lupa juga untuk membeli Sim Card London, biasanya bisa ditemukan di toko kecil pinggir jalan. Apa jadinya kalau kamu tersesat di London tanpa kuota internet, pasti terlihat bodoh kan.

4. Download citymapper

Aplikasi Citymapper paling hits di London karena terhubung langsung dengan transportasi yang ada disana, cocok sekali untuk jalan-jalan mengetahui seluk-beluk kota. Tinggal download saja aplikasi ini di ponsel kamu dijamin bakal membantumu mengetahui arah tanpa tersesat. Citymapper akan membantumu untuk menaiki kereta atau bus yang mana dilengkapi dengan jadwal keberangkatan yang selalu update lengkap beserta nomor platform dan tempat pemberhentiannya. Mantap abis kannn!!!

5. Kunjungi tempat wisata gratis

buckingham palace

buckingham palace via http://www.nasionalisme.co

Advertisement

Tahu nggak hampir semua museum di London tidak dipungut biaya sepeserpun untuk memasukinya seperti National Gallery, British Museum, The Queen House, Science Museum, Museum Victoria and Albert, dan Madame Tussauds. Tempat lainnya yang nggak kalah menarik seperti Istana Westminster, Royal Park London, Istana Buckingham, Trafalgar Square, South Bank London, Hill Garden, Tower Bridge, dan masih banyak lagi. Kamu tentunya mau dong jalan-jalan tanpa ngeluarin biaya sepeserpun, apalagi dengan pemandangan di London yang sangat memukau . Tempat-tempat gratis tersebut jangan sampai nggak masuk dalam bucket list wajib kamu ya.

6. Cari tempat makan dan oleh-oleh murah

Nah, jika kamu hanya ingin mengisi perut yang kosong, maka pilihan yang tepat dan harga terjangkau adalah beli makanan di supermarket seperti Tesco, dan Sainsbury karena biasanya sering melakukan diskon dan terdapat berbagai pilihan makanan. Pilihan murah lainnya yaitu KFC dan Dixy Chicken jika kamu pingin makan ayam.

Bagi kamu yang hobi belanja apalagi buat oleh-oleh ke kampung halaman, maka datanglah ke Primark, Marks & Spencer, dan Camden Market. Kamu bisa dapat harga mulai dari 1 pounds loh, apalagi disana bisa ditawar nggak bakalan nyesel deh.

7. Sedia payung dan koin

Tidak jauh berbeda dari negara di Eropa lainnya, London juga memiliki cuaca yang tidak menentu , bahkan berselang hanya beberapa jam cuaca bisa langsung berubah. Cara yang tepat untuk mengantisipasinya hanya dengan sedia payung setiap saat dan pantau terus perkiraan cuaca dari ponsel pintarmu. Pepatah pernah bilang “sedia payung sebelum hujan”. Nah buat apa kalimat tersebut kalau tidak diaplikasikan secara langsung .

Kalau kamu masih berpikir untuk apa sih membawa koin itu. Tentu saja beberapa koin yang akan kamu bawa akan bermanfaat seperti membeli minuman kaleng dipinggir jalan, atau mungkin menelpon ditempat umum karena tiba-tiba pulsa kamu habis.

8. Baca buku panduan traveling

Kenapa sih sebelum melakukan traveling harus baca buku panduan dulu? Yah karena sebelum berada di suatu negara yang asing buat kamu tentunya harus mengetahui terlebih dahulu dong berbagai tempat recommended , aturan dan kebiasaan orang yang tinggal di negara tersebut, terlebih lagi di London yang jauh berbeda dari negara asal kita.

Semoga beberapa tips traveling ke London ala backpacker diatas dapat membuat kamu makin tertarik untuk mengunjunginya terlebih lagi bagi kamu yang hanya bermodalkan budget pas-pasan. Semoga bermanfaat~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya