5 Hal yang Bikin Seseorang Merasa Trauma Setelah Berpisah dengan Pasangannya. Kamu Juga?

trauma setelah berpisah

Tidak perlu dipungkiri ketika kita telah berpisah dari pasangan, terkadang kita enggan berhubungan dengan seseorang yang baru kembali. Namun, bukan tanpa alasan jika kita memiliki rasa traumatik yang cukup akut untuk memulai lembaran baru kembali. Berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan seseorang mengalami traumatik parah pasca berpisah dari pasangannya, yaitu:

Advertisement

1. Memiliki hubungan masa lalu dengan rentang yang cukup panjang.

Didunia ini ada sebagian orang yang memiliki hubungan asmara dengan rentang yang terbilang cukup panjang. Bukan hanya setahun, dua tahun saja melainkan lima tahun hingga belasan tahun. Hal ini bukan tanpa alasan, banyak hal yang mendasarinya.

Salah satunya ketika kita telah merasa nyaman bersamanya sehingga kita hanyut pada perasaan hingga bertahun-tahun lamanya. Tetapi sebenarnya menjalin hubungan yang tidak sebentar terkadang telah berdampak pada perasaan yang kita rasakan. 

Begitu pula dengan banyaknya kenangan yang telah kita alami. Hari demi hari yang terlewati tentu telah menghadirkan perasaan kian sayang terhadap pasangan. Bukan hanya mengenal karakter yang semakin mendalam namun bahasan masa depan juga serta-merta mewarnai perjalanan ini.

Sungguh sangat jelas jika kita memiliki sebuah hubungan dengan waktu yang lumayan panjang, maka kita akan memiliki banyak sekali cerita didalamnya. Dan seringkali kita tak ingin meninggalkan semua yang ada pada hubungan tersebut.

2. Terlalu banyak romansa yang dialami

Advertisement

Ketika kita memiliki hubungan selama bertahun-tahun, ada banyak roman asmara didalamnya. Pada sebuah hubungan tentulah tidak selalu berjalan mulus, tidak semua berisi tentang canda tawa yang menandakan keceriaan, namun ada kalanya perdebatan yang sesekali mewarnai perbincangan.

Atau bisa saja kita dihadapkan dengan permasalahan yang memicu pertentangan dan penuh ketegangan. Yang walau pada akhirnya semua itu menjadikan kita untuk saling memahami dan mengenal satu sama lain. Dan begitu pula chemistry yang ada pun kian dalam dan merasakan kecocokan satu sama lain.

3. Rencana menikah dengan dia

Photo de Jeremy Wong provenant de Pexels

Photo de Jeremy Wong provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Ketika kita telah menjalin sebuah hubungan yang dilandasi dengan adanya komitmen menuju jenjang selanjutnya, maka tak salah jika kita memiliki impian untuk menikah bersamanya. Berkeluarga dengannya dan memiliki rentetan rencana bahagia bersama. Bukan hanya sekedar berdoa di sepanjang malam, tetapi benar-benar berharap ingin mewujudkan sebuah pernikahan dengan dia. Tak terbayangkan jika suatu saat kita akan menikah dengan orang lain.

4. Impian masa depan yang sempurna bersama dia

Masa depan ialah sebuah masa yang kita nantikan, masa yang kita harapkan penuh dengan kebahagiaan. Yang terkadang tanpa disadari jika kita sangat berharap pada masa itu. Impian masa depan yang satu demi satu sejak kini telah kita rangkai bersama. Rencana yang kita susun bersama pasangan ialah rencana yang sangat didambakan dalam kehidupan. Ada banyak hal yang kita ingin wujudkan bersama. Membangun keluarga bahagia bersama anak-anak, memiliki kehidupan indah di masa depan, serta menjalani hidup bersama-sama.

5. Harapan untuk menghabiskan masa tua bersama

Ketika kita mencintai pasangan kita dengan sepenuh hati, jelas jika keinginan terbesar setelah menikah ialah impian untuk menghabiskan masa tua bersamanya. Mengisi hari-hari tua dengan bahagia ditemani dengan anak-anak bahkan cucu kita. Bersama pasangan di masa tua menggambarkan jika kita tercipta bukan hanya untuk menemani masa muda saja melainkan menjawab waktu bersama abadinya cinta yang kita miliki hingga tua.

Betapa indahnya impian itu. Semua pasangan menginginkannya. Begitulah ketika kitapun berharap jika akan menikah dengan seseorang yang berlandaskan pada cinta sejati dan membuktikan cinta itu hingga di akhir perjalanan kehidupan kita didunia ini.

Nah, itulah beberapa alasan yang menjadi penyebab kenapa kita merasakan trauma yang parah pasca berpisah dengan pasangan kita. Jadi, kita boleh saja sangat mencintai pasangan dan berharap jika ialah jodoh kita. Namun kita ialah manusia yang tak mengetahui siapa yang menjadi jawaban atas takdir kita di masa depan. Yang terpenting yaitu milikilah banyak cinta hingga kita mampu menemukan cinta sejati kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya lulusan FKIP Fisika di Universitas Bengkulu. Sejak lulus tahun 2012 saya mengajar dan pada tahun 2019 saya bekerja sebagai penulis buku pendidikan di Yogyakarta. Saya ialah seorang penikmat tatapan hangat dan pemilik ribuan kisah klasik.

Editor

une femme libre

CLOSE