Trik Ampuh Dan Cara Memberi Reward Secara Psikologi Supaya Kamu Tidak Bosan Ketika Membaca

Trik supaya tidak bosan ketika membaca buku

Kamu pasti sudah tahu bahwa membaca mempunyai begitu banyak manfaat, seperti meningkatkan pola pikir dan juga meningkatkan kreatifitas, bahkan dapat memperkaya kosa katamu.

Tetapi beberapa orang menganggap bahwa membaca merupakan aktivitas yang sangat membosankan. Bahkan di Indonesia minat baca sangat rendah. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa trik yang bisa kamu gunakan supaya kamu dapat meningkatkan minat bacamu dan merasa tidak bosan ketika kamu membaca.

Advertisement

1. Membeli buku atau meminjam di perpustakaan

Photo by Marc Fanelli-Isla on Unsplash

Photo by Marc Fanelli-Isla on Unsplash via https://unsplash.com

Jika kamu ingin membeli atau meminjam buku di perpustakaan kamu harus tahu kategori atau jenis buku yang kamu suka dan yang menjadi minatmu. Ketika kamu suka terhadap suatu buku, maka kamu akan terus penasaran dengan isi buku tersebut.

Jangan pernah memilih buku yang tidak menarik bagimu, karna itu hanya akan membuatmu malas atau merasa bosan ketika membacanya.

Advertisement

2. Mempunyai jadwal membaca

Photo by Anete Lusina from Pexels

Photo by Anete Lusina from Pexels via https://www.pexels.com

Jangan pernah membaca sampai lupa mengerjakan pekerjaan yang lain, tubuhmu juga membutuhkan istirahat dan olahraga.

Jadi lebih baik kamu membuat jadwal untuk membaca. Misalnya, satu hari kamu membaca satu jam sebelum tidur atau membaca beberapa halaman saja.

3. Baca buku bersama sahabatmu

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Ketika kamu membaca buku bersama temanmu, maka kamu dapat bertukar pendapat atau ketika ada suatu hal yang tidak kamu mengerti maka kamu dapat bertanya ke temanmu, bahkan kamu bisa membeli atau meminjam buku bersama dengan temanmu.

Kamu tidak akan pernah bosan ketika membaca karna mempunyai teman yang akan selalu membantu dan mendukungmu.

4. Berimajinasi

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Gunakan imajinasimu, itu akan membuatmu lebih menikmati buku yang kamu baca, terlebih lagi jika kamu membaca novel atau buku nonfiksi lainnya. Karna kamu akan menganggap bahwa buku tersebut seperti hidup.

Dan jangan bertanya tentang apa yang tidak kamu paham dari isi buku, tetap coba untuk menggunakan imajinasimu. Karna suatu saat kamu akan bisa memahami suatu buku dengan pemahamanmu sendiri.

5. Mengubah kebiaasan membaca

Photo by Alexandra Fuller on Unsplash

Photo by Alexandra Fuller on Unsplash via https://unsplash.com

Kamu dapat mencoba untuk mencari suasana baru. Misalnya, membaca di tempat yang tenang, menyiapkan makanan atau minuman yang kamu suka atau hal yang paling mudah yaitu merubah posisimu ketika membaca. Hal ini kamu lakukan agar kamu mempunyai mood yang lebih bagus ketika hendak membaca.

6. Jangan pernah meninggalkan buku saat bepergian

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu suka berpergian, coba untuk membawa buku, mungkin ketika kamu berlibur atau pergi ketempat yang kamu suka, maka kamu akan bisa membaca buku dengan lebih tenang.

Misalnya, kamu suka pergi kepantai dan membawa buku, mungkin ketika di pantai kamu akan membaca buku dengan lebih santai dan merasa seperti sedang tidak membaca, karna kamu merasa senang di pantai.

7. Jangan menyia-nyiakan teknologi

Photo by James Tarbotton on Unsplash

Photo by James Tarbotton on Unsplash via https://unsplash.com

Di zaman sekarang sudah ada begitu banyak teknologi yang dapat mempermudah hidup kita, salah satunya handphone atau tablet. Dengan handphone atau tablet kamu dapat download e-book secara gratis dan akan lebih mudah dipakai karna e-book tersebut ada di dalam handphone atau tabletmu, jadi ketika kamu berpergian itu akan membuatmu lebih mudah karna tak perlu membawa buku fisik.

8. Memberikan reward kepada diri sendiri secara psikologi

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu sudah tahu buku apa yang kamu suka, maka judul buku tersebut di catat agar kamu mengetahui buku yang akan pertama kali kamu baca. Setelah kamu menghabiskan satu judul buku maka kamu dapat memberikan hadiah, penghargaan atau reward terhadap dirimu sendiri. Ini sesuai dengan teori operant conditioning yang dikembangkan oleh B.F Skinner.

Operant conditioning adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan hadiah dan hukuman sebagai konsekuensi dari sebuah perilaku. Misalnya, setelah kamu membaca satu buku maka kamu dapat menghadiahkan dirimu dengan membeli makanan yang kamu suka.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE