Bagi penggemar film, United Kingdom alias Britania raya pasti sudah tidak asing lagi. Berbagai sudutnya kerap menjadi latar belakang cerita. Mulai dari kotak telepon umum berwarna merah, bianglala raksasa atau London Eye hingga menyusuri ke kota-kota kecilnya yang menawan dan latar belakang sejarahnya yang kuat. Bahkan film animasi Brave menggambarkan Skotlandia di era kerajaan zaman dulu. Yup, Skotlandia juga termasuk negara di Britania Raya.

Belum lagi melihat bangunan-bangunan historikalnya yang insta-genic, stadion-stadion klub sepak bola yang legendaris (bagi penggemarnya, bisa nonton bola di kandang klub favoritnya itu sampai disebut 'umroh' lho! hihihi) dan jangan lupakan mencoba english breakfast yang legendaris itu. Tapi bagaimana mewujudkannya jika tidak punya banyak tabungan?

Britania Raya kan jauh ya, belum lagi mata uangnya pakai Poundsterling yang nilai tukarnya ke Indonesian Rupiah tinggi sekali. Yuk jangan pesimis dulu, saya punya triknya lho! Bukan lagi impian jauh di awang-awang, kamu bisa liburan ke Britania Raya, SEGERA! Scroll ke bawah untuk bocoran rahasianya.

1. Berburu Tiket Pesawat Murah tapi Tidak Murahan

Klasik ya? Tips begini sih udah banyak! Nah tapi sudahkah kamu tahu bahwa biasanya semakin murah harga tiket, itu ada beberapa konsekuensi? Misalkan:

Advertisement


  • Durasi transit yang lama, bahkan bisa sampai 2 kali transit.

  • Naik maskapai dengan tipe LCC (Low Cost Carrier) yang jarak antar kursinya agak sempit dan bagasi yang didapat terbatas.

  • Waktu terbang adalah di musim liburan yang low season.

  • Tidak mendarat di bandar udara utama di kota atau negara tujuan.

Padahal kalau kamu mau bersabar dan cermat, bisa lho mendapatkan tiket pesawat pulang pergi ke Britania Raya dengan harga miring tapi pakai maskapai berkelas dan kenyamanan tak terbatas. Tidak percaya? Saya bantu check nih, jika kamu ingin berangkat pas akhir tahun sekalian menikmati salju di Inggris, tiket pulang-perginya hanya 18jutaan saja. Sudah dapat kelas ekonomi, naik pesawat Airbus yang besar dan layanan inflight lengkap, pun durasi transitnya juga tidak begitu lama.

Stok makanan dan minuman juga melimpah plus jarak antar kursi cukup luas. Apalagi saat ada promo atau kamu punya kode diskon atau memenuhi syarat tertentu (misal pembayaran melalui Bank tertentu) maka bisa lebih murah lagi (hingga separuhnya!). Oleh karena itu, jangan lupa untuk join newsletter dari maskapai penerbangan yang kerap memberikan promo di sini.

2. Mau ke Mana? Ini Menentukan Segalanya

Etihad Stadium

Etihad Stadium via https://www.sbnation.com

Advertisement

Britania Raya itu luas sekali, oleh karena itu menyusun rencana perjalanan dari awal itu penting. Saya berikan contoh, bagaimana dengan keliling di 3 kota menarik di Inggris yaitu London, Manchester dan Liverpool? Dua kota terakhir merupakan 'kandang' dari klub bola papan atas di Liga Inggris. Siap-siap 'umroh' keliling Etihad Stadium, 'rumah' dari Manchester City dan melihat tim jagoanmu bertanding secara langsung! Jika biasanya hanya bisa teriak-teriak pas nobar, wah sekarang bisa barengan suporter lain. Jangan lupa pakai jersey biru kebanggaanmu ya!

Lalu berapa biaya untuk nonton bola langsung di Stadion? Termurah sekitar 1,5jutaan. Tapi sebanding dengan pengalaman berharga minimal sekali seumur hidup melihat tim idolamu berlaga. Jika target tujuan utama sudah terpenuhi, tinggal mengisi sisanya.

Kamu bisa mengunjungi objek wisata yang murah atau bahkan gratis di 3 kota tadi. Ingin foto dengan latar belakang London Eye? Kamu bisa berpose dari seberang sungai Thames, tidak perlu bayar. Atau mengunjungi rumah John Lennon di Liverpool? Bisa juga, nanti ada bus khususnya. Siap-siap mengisi Instagram-mu dengan cerita seru di setiap tempat yang kamu kunjungi saat liburan ke sana.

Tips penting: liburan tidak perlu terburu-buru. Dinikmati saja setiap harinya, jangan membuat daftar tempat untuk dikunjungi yang padat merayap. Misalkan satu hari hanya ke 1-2 objek saja tidak masalah. Yang terpenting kamu menikmatinya, tidak hanya sekadar 'kejar target' saja.

3. Memilih Tempat Menginap yang AMAN dan NYAMAN

Jika kita liburan dengan cara backpacker maka biasanya identik dengan meminimalisir budget karena terbatas atau ingin berhemat. Ini tidak salah, tapi jangan sampai hanya asal memilih tempat menginap. Cari dulu di online maps, lokasi dari tempat menginap yang akan kamu booking. Misalkan: dekat dengan stasiun kereta atau halte bus tidak? Aksesnya bagaimana? Jika jauh, apakah transportasi online menjangkau ke sana?

Kemudian bagaimana dengan keamanan dan kenyamanannya? Jika kamu memilih dormitory hostel biasanya isinya memang traveler-traveler muda. Senang karena nanti bertemu teman-teman baru yang bisa jadi tujuan objek wisatanya sama, bisa barengan deh. Tapi tetap berhati-hati ya!

Sebagai gambaran, jika kamu ingin menginap di Manchester maka harga hostel termurah permalamnya adalah 300 ribuan rupiah. Kamu tinggal hitung dikalikan berapa malam kamu ingin mengeksplor kota yang punya dua klub sepakbola papan atas tersebut. Selengkapnya, silakan pilih-pilih sendiri di sini ya.

4. Bagaimana Dengan Makanan? Hemat Tak Berarti Kelaparan!

Terkadang kita menahan diri untuk membeli makanan karena takut uang saku cepat habis atau pengeluaran jadi membengkak. Padahal makanan adalah bahan bakar untuk tubuh, dan tidak lucu lho jika sampai pingsan karena perut keroncongan. Pun jika ingin mencari makanan dan minuman yang halal, kini juga tidak susah. Ada banyak informasi mengenai hal tersebut di dunia maya. Rajin-rajinlah membaca ya.

Cara untuk menghemat pengeluaran makanan adalah dengan memilih tempat menginap yang menyediakan sarapan. Lumayan sekali lho, karena jika beli sendiri masih harus membayar di atas 50 ribu rupiah untuk satu kali makan. Untuk makan siang dan makan malam, kamu bisa membelinya di kedai-kedai makanan atau minimarket yang menyediakan ready to eat. Ini jauh lebih murah daripada jajan di kafe atau restoran. Jika satu kali makan membutuhkan biaya 100ribu rupiah maka satu hari sediakan budget 200ribu untuk santap siang dan malam.

5. Jadi, Berapa Totalnya?

London City View

London City View via https://www.thesun.co.uk

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, mari kita coba kalkulasi ya!


  • Tiket Pesawat Jakarta-London PP : Rp18.800.000,-

  • Tiket Masuk Etihad Stadium: Rp1.600.000,-

  • Tempat Menginap 6D5N: Rp1.500.000,-

  • Tiket Masuk Objek Wisata Lain: Rp1.000.000,-

  • Transportasi Selama 6 Hari: Rp1.200.000,-

  • Biaya Makan dan Minum Selama 6 Hari: Rp1.200.000

  • Oleh-Oleh: Rp500.000,-

  • Lain-Lain: Rp1.000.000

Total semuanya: Rp26.800.000,-

Biaya tersebut bisa kamu dapatkan dari:


  • Menahan diri tidak sering-sering belanja meskipun ada diskon gila-gilaan.

  • Memilih makanan dan minuman yang sehat dan bergizi serta mengenyangkan, perbanyak sayur dan buah! Minimalisir jajan di luar apalagi snack yang mahal.

  • Bekerja lembur atau mengambil pekerjaan paruh waktu.

  • Tidak gonta-ganti gadget hanya karena ada model terbaru keluar.

  • Mudah bahagia, perbanyak bersyukur. Dengan begitu, kamu tidak akan mengeluarkan banyak uang hanya karena 'aduh bosan nih' atau 'bete nih' lalu keluar dan membeli hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Percayalah pada kemampuanmu, karena prinsip menabung dikit-dikit lama-lama menjadi bukit itu bisa terjadi pada siapa saja. Bersabar sedikit untuk liburan ke destinasi impian. Yakin deh kamu bisa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya