Sepatu warna putih menjadi salah satu pilihan sepatu dengan warna yang netral. Netral yang di maksud adalah warna yang cocok di pakai menggunakan setelan baju dan celana dengan apapun warnanya. Tetapi banyak orang malas membeli sepatu putih karena sangat gampang terlihat kotor. Nah kalau begitu, simak triknya buat kalian merawat sepatu warna putih agar tetap putih dan terlihat selalu baru.

1. Gunakan pasta gigi  

Pasta Gigi

Pasta Gigi via https://gizmodo.com

Gunakan odol/pasta gigi pada permukaan sepatu dengan menggunakan sikat gigi. Setelah semua permukaan sepatu diolesi semua dengan pasta gigi maka diamkan selama kurang lebih 4–5 jam. Kemudian anda celupkan sikat gigi dengan ke dalam air, sikat permukaan sepatu berwarna putih tadi pelan-pelan supaya tekstur sepatu tidak mudah rusak/terkoyak. Lakukan dari bagian atas sampai bagian bawah sepatu. Lakukan hingga semua permukaan dan alas sepatu kembali bersih.

2. Gunakan detergen dan air hangat

Advertisement

Cara kedua ini yang paling mudah, Kalian hanya perlu merendam sepatu kanvas kalian ke air hangat yang dicampur dengan detergen. Sebelum direndam, pastikan kalian telah memisahkan tali sepatunya untuk dicuci terpisah. Setelah direndam beberapa saat, kalian hanya perlu menggosok sepatu kalian dengan serabut yang biasa kalian pakai untuk cuci piring atau sikat cuci baju yang sudah direndam air sabun. Kalau sudah, kalian bisa langsung jemur dan tunggu kering.

3. Jangan jemur sepatu di bawah sinar matahari langsung

Hindari Panas

Hindari Panas via https://www.blibli.com

Jangan pernah mengeringkan sepatu langsung di bawah terik sinar matahari, apalagi untuk sepatu warna putih. Sinar matahari dapat memudarkan warna pada sepatu sneakers dan sepatu kain lainnya. Tidak hanya bagian kain saja, bagian karet pada sepatu akan berubah warna jika secara intens terkena sinar matahari langsung. Untuk sepatu warna putih apabila di jemur di bawah terik sinar matahari biasanya akan memudar warnanya menjadi agak kekuningan.

4. Gunakan shoe spray protector

Shoe Spray

Shoe Spray via https://kasoot.my

Ada kata kata “Mencegah lebih baik daripada mengobati” ini kata kata yang paling cocok. Shoe spray ini tugasnya menjaga sepatu kalian tidak mudah kotor. Kalau kalian pernah liat iklan di sosial media ketika sepatu di semprot shoes pray lalu di tumpahi saos, air, kecap dan lain lain, itulah shoes spray, dan itu sangat di rekomendasikan. 

Shoes Spray di gunakan agar tidak mengubah warna asli sepatu putihmu. Penyemprotannya sendiri bisa dilakukan berulang kali dalam beberapa minggu sekali. Oh iya, jangan lupa memastikan sepatu kalian dalam keadaan bersih sebelum disemprot shoe spray.

5. Gunakan cat kuku bening

Cat Kuku Bening

Cat Kuku Bening via https://cdn.jitunews.com

Advertisement

Untuk mempertahankan kebersihan sneakers setelah dibersihkan, kamu bisa melapisinya dengan cat kuku bening. Ini juga bisa memberi tampilan glowy pada sepatumu. Cat kuku bening berfungsi sebagai pelindung dan cara kerjanya sama dengan Shoe Spray Protector. Jadi apabila kamu anak kost bisa banget nih sebagai pengganti Shoes Spray Protector karena harganya lebih terjangkau.

Nah beberapa tips di atas adalah cara mencegah dan membersihkan sepatu putih yang mengirit biaya. Tidak perlu kita pergi ke Shoe Laundry dan nggak boros, sekarang sudah nggak takut lagi kan punya sepatu putih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya