Sebuah bangunan tidak hanya indah dipandang karena bentuk ataupun ukurannya yang unik. Fasad dari bangunan juga lah cukup penting untuk mempercantik bangunan. Salah satu caranya adalah dengan mewarnai fasad luar dari bangunan.

Namun alih-alih mewarnai, beberapa dinding bangunan malah menjadi media untuk seni mural yang unik. Mural itu sendiri tidak hanya memberikan kekhasan pada bangunannya namun juga menjadikan bangunan lebih ikonik dan menarik karena gambar uniknya. Berikut beberapa ide mural yang bisa menjadi inspirasi.

1. Markthal Rotterdam

mural di dalam bangunan

mural di dalam bangunan via https://www.designboom.com

Tidak hanya bentuk bangunan lengkungnya saja yang unik, namun bangunan yang didesain oleh biro arsitektur ternama MVRDV punya desain interior yang menarik pada dinding lengkungnya. Bangunan apartemen sekaligus pasar ini menjadi fasilitas yang menarik perhatian hingga banyak yang datang berkunjung ke tempat ini.

Fasad kacanya mengekspos hiasan mural yang menjadi point of view pada interiornya. Gambaran mural yang ditampilkan pada dindingnya juga bukan sembarangan gambar akan tetapi memiliki judul yaitu cornucopia. Sang seniman yaitu Arno Coenen dan Iris Roskam menggambarkan lukisan buah-buahan dan sayuran dengan cantik pada langit-langit yang terbuat dari panel aluminium tersebut.

2. Iconic Ed Massey Mural

ed massey mural

ed massey mural via http://www.prweb.com

Advertisement

Mural yang berada pada Culver Plaza di Kota Culver, California ini punya tampilan yang tampak menyenangkan. Karya seni yang disebut Syncopation memiliki gambaran ritme yang beraksen kuat pada setiap warnanya.

Sayangnya karya yang sangat ikonik di kota Culver ini sudah dihancurkan karena adanya pembangunan kembali di kawasannya. Akan tetapi, karya dari Ed Massey ini sendiri akan selalu dikenang oleh masyarakatnya karena tampilannya yang sangat berkesan.

3. Origami Mural

Berbeda dari mural dengan cat dan kuas, mural pada bangunan satu ini terbuat dari 15.000 origami burung. Meski terlihat simple, namun pemasangan dan pembuatannya tentu benar-benar harus teliti. Pemilihan berbagai warna yang cerah di warna dasar bangunan hitam memberikan kesan ceria dan juga terang. Dari kejauhan terlihat unik dan terlihat jelas simbol yang digambarkan pada dinding bangunan tersebut.

4. Rainbow Honeycomb

Sarang Lebah mural

Sarang Lebah mural via https://inhabitat.com

Advertisement

Seorang seniman bernama Marina Zumi membuat sebuah karya seni mural pada sebuah bangunan di sudut jalanan Halle, Jerman. Karya yang dibuat sangatlah cantik. Terlihat seperti gambaran sarang lebah berwarna-warni yang diselesaikan dalam waktu 12 hari.

Hasil karya di bidang sebsar 800 meter persegi ini adalah bagian dari sebuah festival di Jerman yaitu All you can paint festival. Bangunan dengan banyak jendela ini bisa terbilang cukup sulit untuk digambar, namun hal ini bukan suatu masalah bagi Zumi dengan membuat desain sarang lebah ini.

5. Karama Street Grafiti

karama art street

karama art street via http://www.timeoutdubai.com

Kedua bangunan ini bukan hanya satu-satunya karya mural yang dibuat di jalanan Dubai. Area ini sering juga disebut "Karama Street Art Project". Dari keseluruhannya terdapat 24 karya mural dengan berbagai macam style dalam gambarannya. Dari sekedar grafiti, gambar binatang, gambar 3D hingga abstract tercampur di berbagai bangunannya.

Tentunya distrik tua di Dubai ini menjadi salah satu tempay ikonik dan perlu dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya seniman lokal, namun seniman internasional pun juga turut serta dalam membuat karya seni ini.

6. Technicolor Drip

mural di bangunan parkir

mural di bangunan parkir via https://www.culvercity.org

Sebuah bangunan parkir di Kota Culver ini punya daya tarik tersendiri dengan adanya gambar mural yang tampak seperti warna yang meleleh. Karya yang dibuat oleh Jen Stark tahun 2016 ini memadukan berbagai macam warna yang terinspirasi dari bentukan pada alam dan desain psychedelic.

Jen Stark sendiri sudah memiliki berbagai macam karya mural di berbagai area seperti di museum ataupun di dalam bandara Internasional Miami.

7. Kobra New Mural

kobra mural street

kobra mural street via https://streetartnews.net

Sebuah karya mural jalanan di Los Angeles, California yang dibuat oleh seniman jalanan, Eduardo Kobra memiliki tampilan dan warna yang memukau. Tidak hanya tampilan mozaic dari berbagai warnanya, namun juga fokus gambar pada bagian mata ini membuat orang yang melihatnya berpikir siapakah orang yang ada dalam gambaran tersebut.

Tentunya bukan sembarang lukisan, Kobra membuat lukisan dari wajah-wajah pemikir yang berada pada daftar penghargaan Nobel. Total ada 3 lukisan wajah yang membuat orang bertanya siapakah pemilik mata indah tersebut.

8. Alex Brewer Hense Mural

mural khas hense

mural khas hense via http://hensethename.com

Mural yang dibuat oleh alex brewer hense ini bisa dibilang cukup khas. Gaya artistik dengan bentukan unik dan perpaduan berbagai warna ceria ini menghidupkan suasana dikawasan Maryland ini. Bangunan industrial dengan taman hijau yang berada di bagian depannya membuatg kawasan lebih menyenangkan. Tentunya hal ini pun menjadi daya tarik ataupun ikon di kota Maryland karena ukurannya yang terbilang besar juga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya