United Kingdom adalah tempat menggiurkan untuk membangun kenangan sekokoh kastil-kastilnya yang masih berdiri megah

Saya tidak pernah seserius ini mencintai suatu tempat, apalagi kecintaan itu sekedar didapat dari tinta Shakespeare yang tertuang dalam buku-bukunya. Selama beberapa bulan saya membayangkan mungkin kastil itu hanya dipinjam dari Disney Land, jikalau pun ada, mungkin tempat-tempat itu telah menjadi kisah yang ditutup rapat, serapat kisah hidup sang penulis dalam dramanya yang berjudul “Anonymous”.

Lalu saya mulai jatuh cinta pada fisik United Kingdom, yang di sana terbelah empat negara dengan seluruh panorama alamnya yang menjadi rebutan para traveler asing untuk berkunjung. Biarpun berat, saya harap rupiah yang ditabung bisa segera ditukarkan poundsterling secepatnya, dan menginjakkan kaki di United Kingdom bukan lagi mimpi yang selalu saya nantikan setiap tidur. Setidaknya berkunjung sekali seumur hidup, atau tidak mempuaskan diri dan berjanji suatu hari nanti untuk kembali.

Setiap ikonik, budaya, menu santapannya dan langit yang selalu kelabu disana seperti akan menjadi bagian dari takdir saya suatu hari nanti. Entah hanya sekedar berkunjung atau tinggal beberapa waktu hingga mimpi untuk menjamah seluruh tempat di United Kingdom terbayarkan. Dari setiap pergantian tahun yang saya lalui, harapan agar bisa menjadi bagian dari rombongan United Kingdom Tour adalah cita-cita yang selalu saya tulis di halaman pertama.

Meski ada banyak tayangan film berlatar United Kingdom, tapi mimpi saya bukan sekedar duduk di depan layar televisi sambil membayangkan tempat-tempat itu hidup dalam benak saya. Antusias ini seperti membutuhkan rumah lain, dimana seluruh isinya sangat menginspirasi. Sampai sudah ada banyak hari yang saya korbankan hanya demi melist tempat-tempat yang tidak boleh terlewatkan jika kelak mengunjungi United Kingdom, tapi tempat yang menggiurkan ini seperti nadi yang bersambungan dari satu tempat ke tempat lainnya. Yang menghidupkan terus gairah traveling tanpa batas.

1. Lake District – England

Lake District England

Lake District England via http://www.ahlanlive.com

Lake District ini terletak di county Crumbia dan satu dari 13 taman nasional di Britania Raya. Tempat ini menjadi sasaran bagi para pelukis dan fotografer karena dipercaya memberikan kesan mistik dan perasaan ajaib ketika menginjakkan kaki di sana. Kawasan Crumbia juga dikenal sebagai kawasan tercantik di Lake District, dengan wilayah pegunungan yang memiliki banyak danau indah dan eksotis.

Lembah yang dikelilingi perbukitan dan air terjun ini juga menawarkan panorama bersejarah diantaranya, Castle Munchaster, Monumen Edward I, Neolithic henges dan batu-batu bersejarah.

2. Jurassic Coast – England

Jurassic Coast England

Jurassic Coast England via http://www.itinari.com

Advertisement

Jurassic Coast menjadi destinasi terkenal dan tujuan wisata populer karena terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia. Tebing besar yang berkiblat pada lautan itu terbentuk selama 180 juta tahun, dan biasanya wilayah ini selalu dipenuhi oleh pemburu harta karun fosil.

Jika bertujuan untuk sekedar bersantai dan menikmati debur ombak di pesisir pantai ini, mungkin sore hari adalah waktu yang tepat, udara di sekitar mulai menghangat dan cahaya terakhir senja menerpa Durdle Door, Jurassic Coast.

3. Peak Distric – England

Peak Distric England

Peak Distric England via http://www.michaelcummins.co.uk

Tempat yang disebut-sebut sebagai Swissnya Inggris ini merupakan Taman Nasional pertama di Inggris yang didirikan pada tahun 1951. Peak District dan sekitarnya adalah tempat yang cocok untuk mengabadikan moment di saat musim semi, dengan latar belakang pemandangan bukit yang dipenuhi bunga bermekaran. Daerah di kawasan Peak District yang dapat dikunjungi lainnya adalah Kota Matlock, dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

4. Sussex, South Downs – England

South Downs England

South Downs England via http://www.homefinder4you.properties

Advertisement

Kota abad pertengahan ini sangat mempesona, sehingga tidak aneh jika menjadi destinasi favorit warga London untuk menghabiskan liburan akhir pekannya di sini. Dengan pedesaan yang indah, pantainya yang cantik, bahkan terdapat kastil bersejarah juga pedesaan Inggris kuno dengan rute jalannya melewati daerah berhutan, bukit kapur serta sungai yang tenang.

Seven Sisters dan Beachy Head adalah destinasi selanjutnya yang perlu dikunjungi, tebing termasyur dengan warna putih terang yang kontras di antara bukit hijau di sekelilingnya dan perairan biru di bawahnya.

5. Yorkshire Dales – England

Taman Nasional Yorkshire Dales

Taman Nasional Yorkshire Dales via http://travelinos.com

Taman nasional Yorkshire Dales merupakan yang terluas dari 13 taman nasional yang ada di Britania Raya, dengan luas padang rumput (moor) di perbukitan yang dipagari batu cadas bertumpuk tanpa semen seluas 1.436 km persegi. Bukit tersebut juga kaya akan spesies dan sejumlah bangunan kunonya. Sedangkan bersepeda merupakan salah satu kegiatan favorit, sambil menyusuri banyak jalan berkarakter khas Inggris yang sangat terkenal di sini.

6. Bidean Nam Bian Mountain – Scotland

Bidean Nam Bian Mountain Scotland

Bidean Nam Bian Mountain Scotland via http://www.summitpost.org

Bidean Nam Bian adalah pegunungan yang megah di sisi selatan Glen Coe. Medannya sangat curam dan berbatu, selain itu ada sebagian besar rute yang telah usang. Para pendaki gunung ini perlu berhati-hati karena salju bisa menututupi wilayah Bealach Dearg sampai musim panas. Meskipun begitu, banyak orang yang tertantang untuk mendaki gunung tersebut, menikmati keindahannya setelah sampai di puncak sana dan seakan-akan berada di Himalaya.

7. Isle of Skye – Scotland

Isle of Skye Scotland

Isle of Skye Scotland via http://www.visitscotland.com

Isle of Skye adalah salah satu keindahan alam yang terkenal di Skotlandia, sebuah pulau dengan luas sekitar 1700 km persegi yang terletak di sebelah pesisir barat daratan utama Skotlandia. Setiap musim camping tiba, banyak sekali wisatawan mancanegara yang didominasi dari Eropa untuk datang dan menginap dalam camper van nya yang dibawa langsung dari negara-negara aslinya.

8. South Stack Lighthouse – Wales

South Stack Lighthouse Wales

South Stack Lighthouse Wales via http://gde-fon.com

Terletak di sebuah pulau kecil di lepas pantai barat daya Holy Island, Anglesey, Wales, mercusuar ini dibangun pada tahun 1809 dengan tinggi 91 kaki dan dirancang oleh Daniel Alexander. Dipergunakan untuk memperingatkan perjalanan kapal-kapal di jalur laut Dublin-Holyhead-Liverpool yang berbahaya. Namun, kini mercusuar ini dibuka bagi para pengunjung yang datang dan ingin naik ke atasnya, sambil berkeliling di ruang mesin dan arena pameran.

9. Titanic Belfast – Northern Ireland

Tepat setelah 100 tahun tenggelamnya Kapal Titanic, sebuah museum bertema Titanic dibuka di Belfast, Irlandia Utara. Museum 6 lantai ini mengajak para pengunjung masuk ke dalam kemegahan kapal Titanic. Terdapat ruang perjamuan yang dibuat semirip mungkin dalam Kapal Titanic, pengunjung yang datang ke museum ini juga dapat menyaksikan tragedi tenggelamnya Titanic pada layar interaktif.

Layaknya jatuh hati pada seseorang, selalu tidak cukup kata untuk ditulis, seperti masih ada banyak ungkapan yang belum tersampaikan dan United Kingdom adalah hal yang tidak pernah tuntas hanya dalam sekali perbincangan. Jika saja kata tidak menjadi syarat, mungkin budaya, kelezatan makanannya, dan setiap ikonik di sana juga berebut meminta giliran untuk diceritakan.

Semoga Tuhan lekas memberi kepuasan pada hati yang sedari bocah ketar-ketir ingin mencicipi fish and chips, ditemani milky tea dan pemandangan gerimis, lalu bergetar di samping Big Ben saat jam nya berdentang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya