Ada beberapa alasan seseorang bekerja dan berkuliah, entah karena tuntutan pekerjaan yang menuntut mereka harus memiliki ijazah sarjana atau magister sebagai syarat kenaikan pangkat atau jabatan, bahkan mereka yang ingin mengubah nasib mereka ingin menjadi lebih lagi dengan cara bekerja untuk membiayai kuliah mereka. Keadaan ekonomi orang tua atau kondisi anak yang ayahnya telah tiada, sehingga tidak mampu membiayai kuliah anaknya membuat beberapa anak ingin mandiri agar dapat membiayai kuliah mereka, yaitu dengan cara bekerja tentunya. Lalu,bagaimana tips agar bekerja dan berkuliah dapat berjalan dengan seimbang? Yuk ikuti tipsnya di bawah ini.

1. Sisihkan Penghasilan Kalian

Ini adalah hal yang terpenting untuk kalian yang ingin berkuliah, tapi karena keadaan ekonomi keluarga yang tidak begitu baik. Kalian mesti berusaha lebih keras lagi, dibandingkan dengan mereka yang memiliki ekonomi yang bercukupan. Tak apa teman, tak perlu iri maupun berputus asa, itu tandanya kalian pasti diberikan kekuatan yang lebih untuk mencari jalan keluar lainnya, agar kalian bisa mengubah nasib kalian, bukan malah minder, lalu kalian hanya menerima keadaan kalian begitu saja dengan pasrah. Ingat, bahwa Tuhan tidak akan mengubah nasib kaumNya, kecuali mereka mengubahnya sendiri. Mulai sekarang, sisihkan penghasilan kalian dengan cara

Pertama, tekan keinginan kalian untuk berlibur beberapa tahun ke depan. Jika kalian suntuk, kalian bisa sekedar jalan-jalan ke taman kota atau CFD tiap hari minggu. Setidaknya pergilah ke tempat yang rindang agar pikiran kalian tidak terlalu suntuk.

Advertisement

Kedua, tekan keinginan kalian untuk pergi ke cafe ataupun ke tempat makan yang lagi populer. Secara tidak sadar, ini merupakan pemborosan secara pelan-pelan. Jika kalian memang ingin sekedar ngopi, kalian bisa menikmati secangkir kopi sachet di rumah saja. Selain lebih irit, kalian bisa lebih mendekatkan dengan diri dengan keluarga tentunya dan membayangkan ide-ide lain yang lebih bermanfaat tentunya.

Ketiga, kurangi nonton di bioskop. Jika kalian memang ingin nonton, kalian bisa nonton streaming ketika di luar jam kerja kantor atau jika kalian kerja di bagian produksi atau outdoor, manfaatkan wifi untuk mengumduh film yang ingin kalian tonton.

Keempat, beli baju maupun printilan seperti sepatu dan lainnya. Belilah ketika kalian mendapat uang THR atau bonus akhir tahun. Belilah baju dan sepatu yang mendukung penampilan kalian untuk bekerja saja, karena enggak mungkin dong kita bertahun-tahun memakai baju yang itu-itu saja. Penampilan itu juga harus diperhatikan ketika kalian juga bekerja.

Advertisement

Kelima, Buat daftar prioritas penghasilan yang akan disisihkan. Misal, gaji kalian awal masuk kerja 2 juta. 750 untuk tabungan kuliah, 500 ribu untuk orang tua, 100 ribu untuk sedekah, 200 ribu untuk uang bensin, 200 ribu untuk kalian yang cewek buat kebutuhan lain lainnya seperti skincare atau make up mungkin bagi kalian yang perempuan. Sisanya, kalian bisa simpan untuk kebutuhan yang tak terduga di kemudian hari. Tentunya ini hanya gambaran saja. Kalian bisa sesuaikan dengan gaji kalian dan tentunya prioritas kalian masing-masing ya. Tidak masalah jika kalian tidak mempunyai sisa uang, karena digunakan untuk bayar kos atau membayar cicilan motor. Karena itu memang kebutuhan kalian. Sekali lagi, utamakan apa yang menjadi tanggung jawab kalian.

2. Mulai Cari Kriteria Kampus yang Sesuai Bagi Pekerja

universitas via http://www.genmuda.com

Wah, enggak kerasa ya, udah nabung 2 tahun. Saatnya kalian mulai cari-cari info kampus yang cocok buat kalian. Lalu, harus dimulai dari mana ya, buat nentuin kampus mana yang kita pilih?

Pertama , kalian harus cocokan dengan jam kerja kalian. Tentunya kalian yang bekerja di pagi hari, kalian cari kampus yang buka kelas di malam hari. Jika kalian kerjanya harus shift tiap harinya, kalian harus mencari kampus yang fleksibel untuk dapat kuliah pagi maupun malam. Cocokkan dengan jadwal dosen kalian tentunya atau kalian bisa mengambil kuliah kelas extention di hari sabtu atau minggu saja.

Kedua, setelah hal pertama dilakukan, ambil brosur dari kampus- ampus pilihan kalian. Lihat adakah jurusan yang kalian inginkan, ketika sudah ada beberapa kampus yang ada jurusan yang kalian inginkan.

Ketiga, eliminasi lagi, sesuaikan dengan budget kalian yang sudah kalian simpan untuk uang pangkal dan lihat biaya yang dikelurkan per semesternya atau per bulannya. Jika kalian merasa cocok, langsung saja daftar tanpa pikir panjang.

Keempat, usahakan kalian mendaftar di gelombang satu ya. Karena kalian tahu sendiri, semakin jauh gelombang pada saat kalian daftar, biaya yang akan dikeluarkan akan bertambah banyak.

Kelima, pilihlah kampus kualitasnya berada di tengah, jangan yang berkualitas rendah, karena tetap saja nama kampus tetap diperhitungkan saat kalian mencari kerja ditempat lain nanti, maupun yang terlalu tinggi, karena kalian akan kesusahan nanti dalam pembayarannya sedangkan kebutuhan kalian bukan hanya kuliah.

3. Ikuti Prosedur Kuliah Dengan Baik Agar Kalian Bisa Lulus Tepat Waktu

Bagi kalian yang mesti mati-matian agar bisa bekerja dan berkuliah, usahakan fokus pada kerja dan kuliah kalian dengan baik, dengan beberapa cara di bawah ini :

Pertama, jangan pernah tertinggal info apapun tentang urusan kuliah kalian.

Kedua, jangan sering bolos karena kehadiran sangat penting, agar dapat mengikuti ujian akhir semester.

Ketiga, jangan pernah menunda untuk mengerjakan tugas kuliah kalian. Sekalipun kalian pulang malam, segera selesaikan, sehingga kalian tidak mengerjakannya di kantor. Apalagi pada saat jam kerja yang sibuk atau kerjakan ketika weekend tiba.

Keempat, jangan pernah menunda-nunda pembayaran SPP kalian. Kalian enggak mau kan, ketika ujian nama kalian harus dipanggil TU karena belum membayar ujian di depan mahasiswa lain. Membayarkan SPP segera juga dapat mengurangi keinginan memakai uang SPP untuk membeli kebutuhan lain yang tidak seberapa penting.

Kelima, Kalian juga harus aktif mengecek grop kelas kalian, agar tidak tertinggal info tentang kelas pengganti, dosen tidak masuk dan lainnya.

4. Jaga Kesehatan Kalian

Pentingnya menyeimbangkan kehidupan kita, seperti beribadah, bekerja, belajar, serta bersosialisasi mengharuskan kita mempunyai kesehatan yang baik setiap harinya. Apalagi untuk kalian yang harus bekerja lalu dilanjutkan berkuliah. Tak dipungkiri, saya pun mengalami beberapa gangguan kesehatan ketika saya harus bekerja dan berkuliah, seperti demam berdarah, tipes, bahkan penurunan daya tahan tubuh selama lebih kurang 3 bulan, yang membuat saya harus diantar ke kantor, dijemput lagi untuk ke kampus lalu dijemput lagi untuk pulang ke rumah. Jujur, saya tidak kuat jika harus menyetir motor sendiri, apalagi ketika pulang kuliah pukul setengah 11 malam dengan angin malam yang kencang dan jarak rumah yang lumayan jauh. Padahal, saya sudah pergi ke beberapa dokter dan meminum obat sesuai anjuran. Namun, tetap semua bisa sembuh tergantung pemulihan kekebalan tubuh masing-masing. Mungkin yang membuat saya lama sembuhnya karena saya tetap melakukan kegiatan seperti biasa. Walaupun benar-benar sangat mengganggu konsentrasi dalam bekerja dan kuliah, saya memiliki kewajiban untuk membayar kuliah dan kewajiban lainnya tiap bulannya. Tidak mungkin saya harus izin kerja terus. Nanti saya di-PHK dong, hehe..

Berikut beberapa tips untuk kalian yang memiliki segudang aktifitas setiap harinya.

Pertama, ini sangat penting, jangan pernah lewatkan sarapan sehat. Kecuali kalian sedang melakukan puasa, pastikan kalian juga sudah sahur.

Kedua, perhatikan makanan kalian. Makanlah makanan yang berserat, seperti sayur, buah dan jangan lupa protein lainnya seperti ikan, ayam, dan telur. Makanlah yang teratur tiga kali sehari.

Ketiga, Jika kalian merasa tidak enak badan, segeralah pergi ke dokter atau manfaatkan absensi kuliah kalian sehari untuk istirahat di rumah.

Keempat, jika kalian tidak bisa berolahraga setiap hari, berolahragalah pada saat weekend, walau hanya sekedar jogging setengah jam. Akan lebih bagus jika kalian jogging tiap hari setelah sholat subuh, karena udara masih sangat bagus.

Kelima, kalian bisa pijat di langganan pijat kalian yang ada disekitar rumah kalian setiap bulan sekali atau 2 bulan sekali, untuk membuat fisik kalian lebih segar lagi.

5. Ini Poin Terakhir yang Paling Penting dari Semuanya, Berdoalah!

Dalam perjalananku melewati hal ini tidak semuanya mulus dan lancar. Ada kalanya aku harus melewati beberapa hal yang tak terduga, seperti di-PHK sebelum berakhir kontrak karena perusahaan yang bangkrut, sedangkan gaji selalu pas untuk kebutuhan tiap bulannya dan tidak memiliki tabungan. Sempat terbesit apa kuliahku harus berakhir di semester tiga ini, apa aku harus cuti dari kuliah sampai aku dapat pekerjaan lagi, lalu gimana jika aku tidak bisa melanjutkan kuliah lagi. Tak disangka, saya dapat pekerjaan lebih baik lagi sehari setelah saya keluar dari perusahaan yang dulu. Namun akhirnya saya merenungkan semua hal yang terjadi.

Pertama, kita sudah memulai ini semua, tentunya kita yang harus menyelesaikan ini semua dengan baik.

Kedua, Allah maha baik, pasti Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kesanggupan hamba-Nya. Pastinya, Allah memberikan jalan keluar yang lebih baik selama kita bekerja dan berkuliah niatnya untuk beribadah, agar ilmu kita nanti bisa berkah dan bermanfaat untuk kepentingan orang banyak.

Ketiga, Allah menjamin rezeki pada semua makhluknya hingga nafasnya berhenti. Jangan pernah takut miskin, karena Allah maha kaya. Tugas kalian hanya berdoa, melakukan kewajiban kalian seperti salat wajib maupun salat sunah seperti dhuha, sedekah, dan berusaha.

Keempat, Allah tidak akan merubah nasib kaum-Nya, jika kaum-Nya tidak mau mengbahnya. Kita harus tetap berusaha apapun yang terjadi. Senantiasa berpikir positif, mungkin Allah memberikan cobaan karena kita akan diberikan yang lebih baik dari sebelumnya.

Kelima, awali hari kalian selalu dengan bersyukur karena masih bisa merasakan fisik kita lagi sesusai dimatikan fisik kita pada saat kita tertidur. Akhiri hari kalian dengan bersyukur karena telah melewatinya dengan baik dan tentunya bersyukur masih dapat bertemu dengan orang-orang yang kita sayang setiap harinya.

Keenam, Tersenyumlah apapun yang terjadi. Jangan pernah melihatkan muka masam pada orang lain, Karena senyum terhadap saudaramu termasuk sedekah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya