Untuk Kamu Mahasiswa dengan Pekerjaan Paruh Waktu, Hal-hal Ini Pasti Kamu Alami!

Mencari pengalaman lain diluar rutinitasmu sebagai mahasiswa tentu menjadi tujuan kamu. Selain kamu menyadari bahwa nilai yang bagus selama kuliah saja tidak cukup untuk menunjang CV mu, kamu pun mulai melirik – lirik pekerjaan separuh waktu (Part Time). Ditambah lagi, kamu pun bisa mendapat uang tambahan dan mengisi waktu luang kamu. 

Hal – hal ini pasti sudah kamu alami, ternyata bekerja sambil kuliah bukan lah hal mudah untuk dilakoni loh!

 <>1. Sebagai seorang mahasiswa dengan banyak kebutuhan, part - time menjadi solusimu mencari pemasukan tambahan
Wah banyak kebutuhan nih!

Wah banyak kebutuhan nih! via http://www.lavalfamilies.ca

Sebagai seorang mahasiswa, kamu pun mulai menyadari bahwa kebutuhanmu bukan hanya itu itu saja. Print out tugas dosen yang tidak sedikit, membeli buku - buku untuk menunjang perkuliahanmu dan belum lagi dengan kegiatan hang - out dan "makan" bersama teman - temanmu yang tak jarang malah menguras kantongmu. Judulnya sih "makan" eh tapi pulang - pulang dompetmu udah kosong aja! Hingga pada akhirnya kamu kelimpungan saat ada kebutuhan mendesak namun dompet hanya berisi ktp dan sim. Hiiiiiii!

Pada saat inilah kamu mulai berfikir untuk mencari uang tambahan, kamu sadar bahwa mengandalkan uang yang diberikan orang tua saja tidaklah cukup! Mau minta uang jajan dinaikin? Siap - siap diomelin deh!

<>2. Kamu pun mulai cari - cari info seputaran pekerjaan part - time yang cocok sama kamu. Biasanya sih cari di tempat temanmu bekerja, biar ada temen ceritanya.
Mulai deh rajin buka info tentang lowongan kerja.

Mulai deh rajin buka info tentang lowongan kerja. via https://gsacareers.wordpress.com

Ketika kamu sudah bertekad untuk menjalani part - time, kamu pun mulai gencar nih mencari info - info lowongan pekerjaan part - time. Mulai dari cari via online, melihat web penyedia informasi pekerjaan sampai tanya - tanya temen - temen kamu yang sudah merasakan kerja part-time. Inceran kamu sih tempat kerja part - time yang teman kamu sudah kerja duluan semua. Hitung - hitung mengurangi rasa awkward kamu saat harus beradaptasi dengan lingkungan baru.

<>3. Setelah mendapatkan pekerjaan paruh waktu yang sesuai, kamu pun sangat bersemangat pada masa – masa awal kamu bekerja!
Semangat hari pertama kerjaaa!

Semangat hari pertama kerjaaa! via http://inovasipintar.com

“Eh gue keterima nih! Waaaa gak sabar buat mulai kerja.”

Setelah mendapatkan pekerjaan yang sesuai, kamu pun semangat pada masa – masa awal kamu kerja. Masa trainee pun kamu jalani dengan suka hati. Waktu bekerja pun menjadi tidak terasa karena kamu sangat menikmati pekerjaan part time mu! Tatkala juga, kamu pun datang bekerja jauh sebelum waktu kamu bekerja. Takut telat ding!

<>4. Kamu pun mulai merancang wish list mu yang ingin kamu realisasikan pada saat kamu gajian
Wish List

Wish List via http://www.sasnj.org

“Ah entar gajian gue mau beli ini ah, terus beli ini juga, terus…….”

Ketika  kamu sudah bekerja dan dapat menghasilkan uang sendiri, berbagai keinginan pun muncul pada benakmu. Kamu pun mulai merancang wish list mu yang ingin kamu beli saat kamu mendapat gaji pertamamu! Kalo dulu mau beli apa – apa mesti nunggu persetujuan orang tua kamu dulu, atau mesti  dengerin ceramahan dulu, saat sudah berpenghasilan sendiri, kamu pun mulai leluasa untuk membeli apapun yang kamu inginkan. Mau beli apapun oke dong, kan pake uang sendiri! 

<>5. Namun tanpa kamu sadari, kamu pun menjadi lebih boros walaupun kamu sudah punya penghasilan sendiri
Ah gajinya udah habiss T___T

Ah gajinya udah habiss T___T via http://bisnis.liputan6.com

Tanpa kamu sadari, kamu pun menjadi lebih boros loh! Karena kamu merasa itu adalah uang dari hasil jerih payahmu, kamu jadi lebih sering berbelanja tanpa berfikir lebih dulu. Kalo dulu mesti hemat karena kamu hanya dapat uang jajan yang terbatas dan harus cukup untuk satu bulan, kamu pun jadi menikmati membelanjakan gajimu. Dan ehhhhhhh tiba – tiba udah kaget aja baru kemarin gajian udah habis aja! 

<>6. Kamu pun sering nyesek sendiri karena sering melewatkan acara hang out mu bareng teman – teman kamu.

“Dis entar pergi yuk ke pantai!”

“Yah gue kerja, gabisa L “

“Ah sayang bangettt, padahal gue rencananya mau traktir makan hari ini”

"*NYESEK*

Bekerja part time memang membuatmu untuk lebih bertanggung jawab dan memenuhi kewajibab. Tak jarang kamu pun harus melewatkan waktu seru bersama teman – teman kamu karena kamu harus kerja pada sore hari hingga malam. Kamu pun jadi sering melewatkan momen – momen keseruan bersama mereka. 

<>7. Kuliah – Kerja – Nugas – Bangun – Kuliah lagi – Kerja lagi – Nugas lagi Phewwww!

Dengan bekerja, rutinitas kamu pun semakin padat. Kamu pun semakin terbiasa dengan mengerjakan hingga tengah malam sehabis bekerja. Saat teman – teman kamu sudah selesai dengan tugas mereka, kamu pun masih berjuang mengerjakan tugasmu sehabis pulang kerja.  Capek? Iya. Tapi yang namanya tugas tetap harus selesai, huftttt.

<>8. Kamu pun sampai pada titik jenuh dengan rutinitas yang padat.
Duh jenuh

Duh jenuh via http://log.viva.co.id

Setelah lama menggeluti pekerjaan part time , kamu pun akan tiba di saat kamu jenuh akan rutinitas kamu yang padat. Kamu pun sampai pernah berfikir untuk keluar dari pekerjaan kamu karena alasan capek dan jenuh.  Rasa kangen kumpul dan seseruan bersama teman – temanmu pun jadi menghantui mu. Bukan hanya itu saja, kamu pun jadi sangat merindukan sensasi tidur dirumah / kos-an setelah pulang kuliah.

Aaahh ingin rasanya kembali pada masa – masa itu~

<>9. Namun kamu menyadari, bahwa bekerja part time mengajarimu arti betapa berharganya waktu tersebut
Time management

Time management via http://www.amazine.co

Dengan rutinitas yang lebih padat, kamu pun menjadi lebih pintar dalam mengelola waktumu. Kamu pun tidak pernah menyia – nyiakan waktu yang luang yang kamu punya. Waktu luang pun kamu mamfaatkan semaksimal mungkin, seperti menyelesaikan tugas kuliahmu dan belajar. Walaupun bekerja, nilaimu juga tidak boleh anjlok dong ya!

<>10. Orang disekitarmu pun mulai mengagumimu, kuliah sambil bekerja bukanlah perkara yang mudah loh!
Kamu mulai banyak yang ngagumin loh!

Kamu mulai banyak yang ngagumin loh! via http://dominocemeitudewa.blogspot.co.id

“Hebat lo bisa kuliah sambil kerja, kalo gue mah mana sanggup. Udah capek duluan.”

Kamu pun mulai mendapat pujian dari orang – orang sekitarmu. Terlebih lagi jika nilaimu stabil walaupun kamu juga sibuk bekerja di sela waktu luang kamu. Bisa jadi kebanggaan loh! Karena mahasiswa tanpa part time aja susah untuk mempertahankan IPK mereka,dan kamu patut berbangga! 

<>11. Kamu juga patut berbangga, karena kamu sudah bisa mandiri dengan tidak meminta uang jajan lagi ke orang tua.
Yeay sudah punya uang sendiri!

Yeay sudah punya uang sendiri! via http://www.vemale.com

“Wih hape baru nih.”

“Iya, hasil kerja keras nabung selama 5 bulan bro.”

Dengan bekerja, kamu pun menjadi pribadi yang lebih mandiri loh! Kamu pun secara nyata telah meringankan beban orang tuamu. Membeli barang hasil jerih payah sendiri pun membuatmu lebih merasa bangga ketimbang mempunyai barang dengan harus merengek dahulu. Eits jangan salah juga, diam –diam, orang tuamu pasti sangat bangga padamu! 

<>12. Perlahan, kamu pun mulai belajar untuk mengatur keuanganmu sendiri. Yang pertamanya boros, sekarang jadi lebih selektif pada barang yang akan dibeli. Kamu pun jadi tau mana yang prioritas dan mana yang bukan.
Hitung hitung jangan boross

Hitung hitung jangan boross via http://www.rajajobs.com

Bekerja paruh waktu membuatmu tahu bagaimana susahnya mencari uang. Ini pun membuatmu menjadi lebih perhitungan terhadap segala sesuatu yang akan kamu beli. Kamu pun menjadi lebih pintar dalam mengatur keuangan dan perlahan meninggalkan sifat konsumtif dan boros. Disamping itu, kamu juga jadi rajin menabung dan berinvestasi pada usia muda. Menyenangkan banget kan!

<>13. Melewatkan acara bersama teman – temanmu pun bukan lagi sebuah masalah, kalian tetap bisa ngumpul walaupun tak sesering dulu.
Quality time!

Quality time! via http://www.youngisthan.in

“Eh ayuk jalan – jalan!”

“Yuk, gue kebetulan hari sabtu day off nih!”

Bekerja paruh waktu bukan berarti kamu tidak punya waktu luang sama sekali loh untuk senang – senang. Waktu day off dan libur tanggal merah pun dapat kamu maksimalkan dengan baik! Kamu tetap bisa kok merancang acara jalan – jalan dan seseruan bareng teman – teman kamu loh. Malahan acara kalian jadi lebih seru, karena kesempatan yang jarang ada lantaran kamu sibuk bekerja. Jalan – jalan kalian pun menjadi lebih ber-quality dan bermakna. 

<>14. Jika pada akhirnya, kamu harus berhenti bekerja paruh waktu, kamu pun sudah mempunyai nilai plus loh!
Pengalaman bekerja membuatmu punya nilai plus!

Pengalaman bekerja membuatmu punya nilai plus! via http://papasemar.com

Kamu pun jadi punya nilai lebih loh di antara teman – teman kamu. Saat teman – temanmu masih sibuk jalan sana – sini, kamu sudah punya pengalaman bekerja sendiri yang tentu bisa menunjang CV mu. Tentu saja dalam mencari pekerjaan yang lebih baik, pengalaman bekerja sangatlah diperhitungkan.  

 

Jadi gaada ruginya deh untuk mengejar pengalaman bekerja sejak muda, namun jangan lupa, kuliah pun harus tetap jalan ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

English Literature Student. A Professional Food Eater. Your Random Writer.

CLOSE