Untuk Kamu yang Malas Belajar Sini Merapat! Pahami Makna Belajar Ini Agar Kamu Bisa Memaksimalkannya

Sulit atau tidaknya proses belajar selalu ditentukan oleh berbagai faktor, terutama faktor diri.

Seringkali kita merasa malas dalam belajar, karena menurut kita belajar adalah hal yang sangat membosankan. Terkadang kita sangat sulit memahami apa yang sedang kita pelajari dan pada akhirnya pembelajaran tidak bisa berjalan dengan maksimal. Tapi tahukah kamu apa itu belajar ? Ternyata belajar bukan hanya datang dan duduk di sekolah atau hanya menonton melalui zoom. 

Persepsi belajar yang salah tentu akan membuat hasil belajar semakin tidak maksimal. Ditambah metode pembelajaran daring yang diterapkan saat ini semakin membuat pelajar bosan dan pada akhirnya stres. Maka dari itu penting banget untuk memahami apa itu belajar dan bagaimana cara untuk memaksimalkan pembelajaran tersebut. Jadi, kali ini kita akan bahas sampai tuntas mengenai makna-makna belajar dan tips untuk memaksimalkannya!

Advertisement

1. Definisi belajar

Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels via https://www.pexels.com

Sebagai pelajar kita tentu tak asing lagi dengan kata “belajar”. Bagaimana tidak, setiap hari kita dituntut untuk belajar. Tapi sebenarnya apa itu belajar ? Kenapa belajar sering diindentifikasikan sebagai hal yang membosankan?

Belajar bisa didefinisikan sebagai suatu proses perubahan tingkah laku dari hasil interaksi individu dengan lingkungannya, lingkungan ini berupa objek-objek yang memungkinkan seorang individu untuk mendapat pengalaman – pengalaman baru yang nantinya pengalaman itu akan menjadi suatu proses pembelajaran. Nah bisa disimpulin bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri seorang individu setelah ia melakukan proses belajar. Perubahan perilaku ini bisa bersifat positif, aktif dan terarah.

Advertisement

Nah ternyata definisi belajar itu sendiri cukup luas ya, gimana nih selama ini kamu sudah belajar atau belum ya ? 

2. Tujuan Belajar

Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Foto oleh Max Fischer dari Pexels via https://www.pexels.com

Kenapa harus menemukan tujuan belajar ? Setelah kita paham akan definisi dari belajar, penting untuk kita segera menentukan tujuan belajar kita, mengapa ? Ibarat kita ingin ke suatu tempat jika kita tidak tau apa tujuan kita kesana tentu kita akan lebih mudah menyerah dan tidak sepenuh hati untuk bisa sampai ke tempat tersebut kan ? Begitu pun dengan belajar, jika kita tidak memiliki tujuan dalam belajar kita cenderung malas dan mudah bosan ketika sedang belajar. 

Selain itu, saat kita telah menetapkan tujuan belajar kita, tujuan itu nantinya yang akan memotivasi dan menjadi alasan untuk kita agar tetap semangat dan terus belajar di saat kita merasa jenuh dan bosan.

Tujuan belajar bisa didefinisikan sebagai suatu deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan tercapai setelah tercapainya proses belajar. Nah sudah tau kan apa itu tujuan belajar dan seberapa penting tujuan belajar itu sendiri dalam proses pembelajaran, jadi yuk mulai tentuin tujuan belajar mu sendiri.

3. Manfaat Belajar

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Sama hal nya dengan tujuan belajar, tentu sebelum kita melakukan suatu aktivitas, ada baiknya tau apa manfaat yang bisa kita dapatkan. Manfaat belajar sendiri nantinya akan kita jadikan sebagai kekuatan atau penyemangat ketika kita merasa di titik jenuh dan bosan. 

Ternyata belajar adalah salah satu cara kita dalam merawat otak loh, bagaimana tidak, seperti yang diketahui bahwa otak itu harus terus diasah, jika tidak maka akan banyak hal – hal buruk yang terjadi. Dengan kita belajar kita telah membantu otak untuk terus memaksimalkan penggunaanya. 

Selain itu, dengan kita belajar kita akan mengetahui banyak hal. Seperti yang telah dijelaskan dalam definisi belajar bahwa belajar adalah suatu perubahan yang mana didapat melalui pengalaman – pengalaman. Maka dari itu dengan kita terus mencoba belajar maka kita akan kaya akan pengalaman pengalaman akan hal baru.

4. Teori Belajar

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Foto oleh Pixabay dari Pexels via https://www.pexels.com

Apa yang kalian ketahui mengenai teori belajar ? Dalam ilmu psikologi, ada yang dinamakan sebagai teori belajar yang bisa didefinisikan sebagai cara atau upaya dalam menjelaskan proses dari belajar. Teori belajar sendiri digunakan untuk mempengaruhi individu dalam memahami materi atau ilmu yang sedang dipelajari. 

Dalam ilmu psikologi, ada 4 macam teori yang menjelaskan tentang belajar yaitu:

Teori Kognitivisme

 Teori kognitivisme bisa diartikan sebagai suatu teori dimana individu menggunakan akal pikirannya sebagai fokus utama dalam proses belajar. Teori kognitivisme berpendapat bahwa ketika individu melakukan interaksi antara mentalnya dan lingkungannya akan menghasilkan suatu perubahan perilaku atau tingkah laku.

Teori Behavioristik

 Kata behavioristik berasal dari kata behavior yang artinya ialah perilaku atau tingkah laku. Teori ini menekankan bahwa belajar itu adalah perubahan perilaku yang dapat diamati. Perubahan perilaku tersebut terjadi karena adanya stimulus sehingga bisa menghasilkan suatu respon. Teori behavioristik berpendapat bahwa seorang individu dikatakan telah belajar apabila individu tersebut dapat menunjukkan perubahan perilaku atau tingkah lakunya.

Teori Humanistik

Teori humanistik ini memfokuskan perhatiannya pada keunikan dan aktualisasi diri yang didapat dari pengalaman dan tingkah laku individu. Tujuan belajar dari teori ini adalah agar individu dapat memanusiakan dirinya sendiri, dan proses pembelajaran akan dikatakan berhasil apabila individu dapat memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya. Teori humanistik berpendapat bahwa memahami perilaku belajar itu dari sudut pandang pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatnya.

Teori Konstruktivisme

Teori Konstruktivisme dikatakan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yang artinya suatu tindakan dapat menciptakan makna baru dari apa yang dipelajari. Tindakan tersebut berupa pengalaman-pengalaman yang menyebabkan seseorang memiliki pengetahuan baru dan jadi lebih dinamis.Teori Konstruktivisme berpendapat bahwa peran individu sangat utama dalam proses belajar, peran individu sendiri tidak terlepas dari evaluasi, sehingga dalam proses belajar, evaluasi belajar itu sangat penting loh

5. Motivasi Belajar

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Motivasi adalah suatu dorongan yang dapat mengubah suatu energi dari dalam diri individu ke dalam bentuk kegiatan yang nyata guna mencapai suatu tujuan.

Nah dari sini bisa kita lihat bahwa motivasi dan tujuan itu sangat berkaitan ya, tujuan tidaklah lengkap tanpa motivasi dan motivasi tidaklah sempurna tanpa tujuan. Dalam proses belajar motivasi sangat penting, bagaimana tidak, motivasi juga bisa dikatakan sebagai alasan kita dalam melakukan suatu hal, jika kita tidak memiliki motivasi dalam belajar, artinya kita tidak punya alasan kenapa kita harus terus belajar.

Motivasi terbagi 2 jenis yaitu intrinsik dan ekstinsik. Motivasi Intrinsik berasal dari diri individu tersebut dan motivasi ekstrinsik kebalikan dari motivasi intrinsik yaitu motivasi yang berasal dari luar diri individu. Nah kamu lebih dominan di motivasi yang mana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE