Untuk Kamu yang Sebentar Lagi akan Memulai Bangku Perkuliahan

Udah mau kuliah, tips ini bisa kamu mulai kok!

Menjadi mahasiswa merupakan impian hampir semua orang yang sudah duduk di bangku SMA, terutama kelas untuk kamu yang sudah duduk di bangku kelas 3. Berbagai pilihan Universitas, baik di dalam maupun luar kota menjadi lirikan. Universitas Negeri A yang masuk 100 besar Universitas terbaik di dunia tapi berada di luar kota. Atau Universitas Swasta B tapi memiliki akreditasi A di dalam kota. Yang manapun menjadi pilihanmu, semoga kamu sungguh-sungguh dalam mencapainya. Segala sesuatu pasti ada hal yang paling utama, begitupun dalam berkuliah. Ini adalah yang harus kamu perhatikan ketika kamu duduk di bangku perkuliahan.

Advertisement

1. IPK Bukan Segalanya

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah nilai bisa menjadi obsesi tersendiri untuk beberapa orang. Namun tidak lantas membuatmu harus mendewakannya. Dan tidak membuatmu menyepelekannya juga. Belajar, mengikuti kelas, mengerjakan tugas, melaksanakan ujian, akan menjadi tanggung jawabmu saat kuliah nanti. Namun sebagai makhluk sosial, kamu bisa memilih menghabiskan waktu diluar kewajibanmu dengan hal lain. Berorganisasi, misalnya?

2. Ikutilah Satu Organisasi Kampus

Organisasi

Organisasi via https://unsplash.com

Tidak semua orang senang bersosialisasi dengan orang lain. Namun di dalam dunia kerja, jika kamu tidak sanggup bersosialisasi dengan orang lain, maka kamu akan dianggap tidak profesional dan memungkinkan kamu tidak akan mendapat pekerjaan. Bahkan dalam berbisnis pun, kamu perlu bersosialisasi untuk bisa berbisnis dingin orang lain. Karena itu mulailah ikut setidaknya satu buah organisasi di kampusmu. Tidak perlu mengikuti banyak organisasi jika nantinya akan membuatmu mengabaikan kewajibanmu sebagai mahasiswa. Cukup ikuti satu, dan ambil pelajaran sebanyak mungkin dalam prosesnya.

Advertisement

3. Cobalah Bekerja Part Time

Di Indonesia, memang belum ada kebijakan ataupun undang-undang terkait Bekerja Part Time. Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mencari pengalaman dalam bekerja. Jika kamu mau dan jeli dalam mencari, kamu bisa menemukan pekerjaan secara Part Time yang tidak akan membuatmu melalaikan kewajibanmu sebagai mahasiswa. Salah satunya, kami bisa menjadi asisten dosen. Selain menambah uang saku, menjadi asisten dosen bisa menambah pengalamanmu dalam berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa menambah relasi yang kamu miliki.

4. Tambah dan Asah Skill yang Kamu Miliki

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam dunia kerja saat ini bahwa hal terpenting yang harus kamu miliki adalah skill. IPK dan universitas mana kamu berasal adalah poin tambahanmu untuk penilaian dimata perusahaan. Tanpa skill yang mumpuni, IPK dan nama Universitas yang beken menjadi tidak bernilai. Karena itu, pilihlah satu keahlian yang kamu merasa senang melakukannya, dan asah terus sampai kamu merasa bisa mengajari orang lain dengan skill yang kamu miliki. Bukankah ilmu itu akan selalu menempel pada kita jika kita bisa mengajari orang lain?

5. Yang Terpenting, Cintai Dirimu Sendiri

Love Your Self

Love Your Self via https://unsplash.com

Jangan sampai karena mengerjakan tugas, kamu banyak bergadang dan membuat tubuhmu sakit. Itulah kenapa kamu harus bisa memanage waktumu dalam mengerjakan tugas.
Jangan sampai kegiatan organisasi membuatmu kelelahan dan jatuh sakit. Kamu bukan robot, jika kamu merasa lelah, maka beristirahatlah.
Jangan sampai bekerja part time membuat kewajibanmu terhadap perkuliahan menjadi terbengkalai dan membuatmu mengulang kelas. Memiliki adik kelas sebagai teman baru memang tidak terlalu buruk, namun tentunya kamu tidak ingin mengecewakan kedua orangtuamu kan?
Mengasah skill memang penting. Tapi kamu juga manusia yang akan merasa jenuh. Saat semua itu terjadi, berhentilah sejenak dalam mengasah skillmu. Kamu berhak terbebas dari rasa jenuh. Karena apapun yang kamu lakukan, kamu lebih tau apa yang kamu inginkan apa yang kamu butuhkan. Cintailah dirimu sendiri dengan caramu sendiri. Me-time, misalnya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE