Pola tidurmu berantakan? Kamu kurang bisa memanajemen waktu saat belajar atau kerja? kamu masih saja tidak bisa mengatur keuanganmu? Tak usah panik dan menyimpan kebingunganmu berlarut-larut. Mulai dulu saja dengan mengubah satu kebiasaan kamu. 

Memperbaiki satu kebiasaan secara konsisten akan mangubah cara kerja, pola pikir, dan cara menyelesaikan permasalahan. Jadi, kenapa tidak dicoba saja dengan kebiasaan yang membuat semua orang bahagia. Makan! Apa yang kita makan sangat berperan pada kesehatan fisik dan jiwa. Energi-energi dari makanan bisa diserap oleh tubuh. Kenapa tidak makan makanan yang sehat saja biar energi positif dari makanan hijau bisa memperkuat jiwa dan fisik.

1. Sarapan menu sehat untuk menyambut hari dengan energi positif

sarapan sehat dengan buah dan sayur

sarapan sehat dengan buah dan sayur via https://www.google.com

Makanan cepat saji atau makanan yang menggunakan banyak bumbu penyedap, memiliki zat akditif yang tidak baik untuk tubuh tak elak semua akan mempengaruhi emosi kita. Cepat marah, tersinggung, dan gegabah. Beda halnya jika memakan buah dan sayur. Mereka tumbuh diatas tanah dan disinari baik dengan matahari. Dirawat dengan cinta oleh petani dan dibersihkan dengan penuh kasih sayang oleh kamu sebelum memakannya. 

Advertisement

Mengubah kebiasaan sarapan dengan memakan makanan yang baik dan melakukan ritual khusus sebelum memakannya, yakni membersihkan, memotong, dan menyajikan sendiri di piring. Kamu sudah berhasil #UpgradeDirimu di pagi hari. 

2. Stop makan goorengan yang memiliki kandungan lemak tinggi

berkata tidak

berkata tidak via https://www.google.com

Gorengan itu, enak banget! kriuknya, gurihnya, apalagi dimakan masih anget. Wah,membayangkannya saja sampai menelan ludah. Segera hapus bayangan menggoda dan beracun itu. 

Cemilan terbaik salah satunya gorengan, tapi banyak sekali dampak buruknya bagi kesehatan. Bisa menganggu kesehatan jantung, merusak kulit wajah, dan pastinya membuat tubuh kamu menjadi lebar. Melakukan pantangan makan gorengan akan melatih kamu untuk memperbaiki emosi dan nafsu. Entah kenapa tiba-tiba kamu menjadi lebih sabar. Hanya lewat terapi penolakan pada gorengan saja kamu akan berhasil #UpgradeDirimu untuk memiliki suasana hati yang lebih baik.

3. Menikmati makanan saat menyantapnya dan buang jauh gadget dari tangan

makan dengan senang

makan dengan senang via https://www.google.com

Advertisement

Bagi kamu yang terbiasa dengan scroll sosmed sambil makan atau nonton video favorit. Tinggalkan kebiasaat tersebut. Cobalah untuk menikmati makanan kamu. Lihat makanan dalam piringmu dan lakukan kegiatan makan hanya dengan kamu dan makanan didepan kamu. Tanpa benda lainnya di tangan kiri atau disamping kanan dan kiri piring. 

Mengatur kebiasaan makan yang satu ini sangat membantu kamu untuk fokus dan bersyukur apa yang ada didepanmu. 

4. Hanya harimu tidak berjalan dengan baik. Kamu memakan banyak sekali makanan manis. Hindari kebisaan itu dan pergi saja berolahraga

menolak makanan manis

menolak makanan manis via https://www.google.com

Sebenarnya makanan manis dapat menambah energi, kalau memang manisnya alami. Selain itu makanan manis juga dapat memperbaiki mood. Tidak selalu hari yang kamu alami berjalan lancar. Terkadang kejadian buruk dan tidak menyenangkan akan menimpah dan entah kenapa setelah memakan coklat, ice cream, dan berbagai kue yang manis akan merubah mood jadi baik. 

Hal itu terjadi karena makanan manis akan membuat otak melepas hormon serotin dan membuat stabil suasana hati. Makanan manis juga meningkatkan hormon dopamin yang membuat seseorang bahagia.

Ada hal yang lebih baik untuk memperbaiki suasana hati yakni dengan berolahraga. Hormon dopamin akan diproduksi secara alami. Jadi kenapa tidak untuk menolak makanan manis, untuk bisa #UpgradeDirimu dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

5. Menetapkan waktu makan siang dan makan malam akan melatih dirimu untuk disiplin

healthy food

healthy food via https://www.google.com

Jika lambung dan ususmu diberikan waktu yang pasti untuk bekerja. Mereka tidak akan kaget saat menerima makanan yang kamu masukkan. Melatih tubuh untuk bekerja pada jam-jam tertentu yang sudah ditetapkan sangat membantu untuk kesehatan. 

Selain itu kamu akan memiliki pribadi disiplin. Waktu makan kamu telah kamu tentukan, pastinya kamu harus menyelesaikan berbagai pekerjaan lainnya supaya kamu bisa konsisten menjalani makan siang dan makan malam pada waktu yang teratur. 

Satu pola yang diperbaiki akan memperbaiki pola lainnya. Coba saja dan lihat perubahaan hidup kamu. Selamat untuk #UpgradeDirimu. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya