Wahai Anak 90-an, Masih Ingat dengan 8 Permainan Ini?

Mana permainan favoritmu?

Masa kecil adalah masa yang paling menyenangkan. Karena pada waktu itu kita belum mengenal yang namanya cinta-cintaan, ngerjain tugas yang numpuk, bahkan tidak mengenal yang namanya galau, ya kan.

Ketika kita masih kecil, kita paling senang sekali yang namanya bermain. Hayo permainan apa yang sering kamu mainkan ketika kamu masih kecil?

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman kecil saya. Dan jangan khawatir, kita akan bernostalgia ke zaman kita kecil dulu dengan berbagai permainan yang mungkin sangat kita sukai.

Tapi dibalik itu semua, turut prihatin deh sama anak-anak zaman sekarang yang mainannya gadget. Tidak bisa merasakan apa yang dulu kita rasakan.

Advertisement

1. Bermain lompat tali

lompat tali

lompat tali via https://www.google.com

Siapa sih yang nggak mainan tradisional satu ini? Biasanya anak-anak jaman dulu membuat lompat tali dari karet gelang yang digabung-gabung. Cara bermainnya yaitu pemain harus melompati tali yang dipegang oleh dua orang di sisi kanan dan sisi kiri.

Pemain tidak boleh mngenai tali yang sedang dilompati dan tinggi maksimal tali sampai tangan diangkat setinggi-tingginya. Permainan ini minimal dimainkan oleh tiga orang. Sayangnya, permainan ini semakin jarang dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang.

Advertisement

2. Bermain egrang

permainan egrang

permainan egrang via https://www.google.com

Permainan anak Indonesia yang sulit dilakukan adalah permainan egrang. Cara bermain mainan ini adalah seorang anak harus berjalan menaiki egrang. Egrang adalah sepasang batangan bambu yang tingginya lebih tinggi dari anak yang akan memainkannya. Lalu 50cm dari bawah diberi pijakan kaki yang dikaitkan dengan bambu. Biasanya, anak-anak melakukan lomba balap dengan egrang.

3. Bermain engklek

permainan engklek

permainan engklek via https://www.google.com

Jika kalian lahir tahun 90-an, pasti tau mainan satu ini. Permainan yang hanya menggunakan satu kaki untuk melompat sering dijumpai pada jaman dahulu. Cara bermainnya yaitu membuat kotak-kotak lalu para pemain membawa potongan genting atau batu. Potongan genting atau batu tersebut di lempar didalam kotak lalu pemain melompat dengan satu kaki dan tidak boleh menginjak atau melompati kotak yang ada potongan genting.

4. Bermain petak umpet

Advertisement
main petak umpet

main petak umpet via https://www.google.com

Petak umpet sering dilakukan di tempat terbuka biasanya dilakukan oleh banyak anak. Cara bermain permainan ini yaitu satu anak menjadi penjaga dan harus menutup mata lalu berhitung hingga 10 atau batas yang disepakati bersama. Setelah seselai berhitung, penjaga harus mencari anak-anak yang bersembunyi.

Permainan ini cukup digemari di berbagai negara, namun petak umpet di Indonesia memiliki satu aturan tambahan yang berbeda. Biasanya, permainan akan berakhir ketika semua peserta berhasil ditemukan dari tempat persembunyian. Namun di sebagian wilayah Indonesia menambahi aturan menyentuh titik pihak pencari saat berhitung. Bila yang bersembunyi lebih dulu menyentuh lokasi hitung, maka pencari akan kalah.

5. Bermain kelereng

bermain kelereng

bermain kelereng via https://www.google.com

Ini adalah permainan yang digemari anak laki-laki. Banyak variasi dalam bermain kelereng. Pemain dinyatakan menang jika dia memperoleh kelereng terbanyak selama permainan. Proses negosiasi peraturan sebelum dimulai terkadang berlangsung cukup lama, sebab pemain yang menang berhak atas kepemilikan kelereng tersebut, dan yang kalah akan kehilangan kelereng miliknya.

6. Bermain monopoli

permainan monopoli

permainan monopoli via https://www.google.com

Permainan ini biasanya dimainkan oleh 4 orang. Serasa udah jadi orang kaya banget pas menang bermain monopoli ini haha. Tapi diambil positifnya aja sih, kita dapat belajar menentukan strategi untuk membangun aset kedepannya nanti.

7. Bermain ular tangga

permainan ular tangga

permainan ular tangga via https://www.google.com

Turut prihatin, sekarang udah jarang banget anak-anak yang bermain permainan ini. Dulu ini adalah mainan favorite saya banget. Senang banget kalau udah ngocok dadu yang keluarnya angka kembar. Jadinya jalan terus deh hehe. Tapi begitu menjengkelkan ketika udah mau finish, tiba-tiba gacok berada di gambar ular. Turun lagi deh jadi paling bawah haha. Permainan zaman dulu mah asik-asik enggak kaya permainan zaman sekarang.

8. Bermain layang-layang

bermain layang - layang

bermain layang – layang via https://www.google.com

Permainan ini sangat populer dulunya, sampai-sampai dibuat musiman. Makanya ada yang namanya musim layangan. Cuman ada di Indonesia tuh. Tapi sekarang permainan ini udah mulai jarang ditemukan. Buktinya daerah rumah saya udah jarang banget yang main permainan ini.

Padahal seru banget pas lagi adu kuat dengan layangan orang lain. Apalagi pas ngejar layangan putus, ngejar sampai kemanapun pasti dikejar. Padahal harga layangan kan murah banget. Tapi itulah keunikan dalam permainan ini. Ngejar layangan putus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE