Berapapun usia dan penghasilanmu saat ini, ketika kamu membaca artikel ini artinya kamu sedang menginginkan informasi tentang tips skincare mudah dan murah, bukan? Yes, kamu berada di artikel yang tepat!

6 langkah skincare di bawah ini sudah aku praktikkan kurang lebih 3 bulan terakhir. Percayalah, hasilnya wow! Kulitku terasa lebih kenyal, bersih, sehat, dan lembab.

Untuk pilihan merek produk tergantung selera sih ya. Semuanya kembali ke your brand attitude mindset. Kalau aku sih, cukup dengan menyiapkan uang 300 ribu, and i can get this full of great skincare. :)

For the best result, i recommend this only for normal - oily skin type.

Kalau kalian mengalami masalah kulit tertentu, kalian harus mencari alternatif khusus yang lebih spesifik ya!

1. Setelah Beraktivitas Seharian, Jangan Pernah Lupa Double-Cleansing

Eye and Lip Make-Up Remover

Eye and Lip Make-Up Remover via https://www.huffingtonpost.com

Double-Cleansing yang sebaiknya kalian lakukan adalah pembersihan make-up dengan cream atau minyak pembersih, kemudian dilanjut dengan facial foam.


Kenapa sih harus ribet?


Advertisement

Girls, pori-pori wajah kita itu ukurannya kecil dan mudah tersumbat oleh sisa make-up yang kita gunakan. Kita perlu perhatian ekstra ketika membersihkan pori-pori karena lalai sedikit bisa merusak investasi kita di masa depan. Banyak temanku yang mengalami masalah kulit wajah hanya karena kemalasannya membersihkan wajah di malam hari.

Masalah yang timbul seperti jerawat, minyak berlebih, komedo berjibun, garis-garis halus di wajah, kusam, dan kehilangan kekenyalannya.

2. Jangan Anak Tirikan Toner

Sering dianggap remeh nih

Sering dianggap remeh nih via https://kelascinta.com

Ritual perawatan kulit para cewek nggak boleh dilepaskan dari penggunaan toner. Kenapa?

Advertisement

Toner mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah. Selain berfungsi menyempurnakan double-cleansing, toner juga bersifat soothing banget. Toner bagaikan senjata mereda peradangan jerawat, menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit dengan mengurangi tampilan bintik hitam serta meminimalisir kemerahan di area wajah.

Cukup tuangkan toner pada kapas secukupnya, dan usapkan dengan gerakan menarik wajah ke arah atas. Dijamin kulit bakal terasa lebih segar!


Did you know?

Toner bisa melapisi kulit wajah sehingga minyak dan kotoran dari make-up tak mudah menempel di pori-pori lho.


3. Moisturizer Supaya Kulit Tetap Kenyal

Mulusnya Wajah Song Hye Kyo

Mulusnya Wajah Song Hye Kyo via https://www.youtube.com

Rutinitas berdandan dengan setumpuk produk berbahan kimiawi dalam jangka panjang bisa merusak permukaan kulit wajah. So, sebelum pengaplikasian make-up, ada baiknya kamu gunakan pelembab. Buat yang wajahnya berminyak, kamu bisa pakai pelembab sedikit saja, atau memilih kandungan pelembab yang ringan. Kalau wajahmu kering, artinya langkah ini WAJIB BANGET agar kulitmu tidak dehidrasi setelah tertempel make-up.


Gunakan pelembab sambil menepuk-nepuk wajah agar kulit terangsang untuk menyerap kandungan nutrisi dengan lebih maksimal.


4. Penggunaan Sunscreen Selalu Disarankan oleh Semua Beauty Blogger atau Vlogger dan Pakar Kulit

Awas bahaya kanker kulit mengintai!

Awas bahaya kanker kulit mengintai! via https://www.tokyoweekender.com

Selain kandungan make-up, ternyata agen perusak nutrisi kulit wajah lainnya adalah sinar matahari. Meskipun kita cuma beraktivitas di dalam ruangan, kita harus selalu mengaplikasikan sunscreen. Apalagi kalau kita beraktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung?

Pilih sunscreen dengan kandungan SPF yang cocok untuk aktivitas kita. Usahakan memilih sunscreen dengan banyak membaca ulasan dari orang lain, karena kebanyakan sunscreen terlalu lengket dan membuat wajah kita terlalu berminyak.


Kalian pasti pernah merasa kulit kering, gerah, dan panas meskipun cuma di dalam rumah 'kan?

Kalau kalian diamkan terus menerus, tanpa keluar rumah pun kamu bisa gosong!


5. Scrub dan Mask Routines

Duo dahsyat sih ini

Duo dahsyat sih ini via https://www.videoblocks.com


Kalau mau dapat hasil lebih, tentu kita harus usaha lebih


Ini tahapan yang wajib, tapi opsional. Kok bisa?

Ini tahapan wajib karena kita butuh scrub untuk angkat sel kulit mati, dan masker sebagai suntikan nutrisi kulit wajah. Namun, penggunaannya sangatlah opsional! Scrub dianjurkan untuk digunakan 2-3x saja dalam seminggu. Kalau terlalu sering, permukaan kulit bisa terluka dan timbul masalah baru lagi. Sedangkan masker bisa digunakan kapan saja, bahkan setiap hari! Tergantung kuat di ongkos nggak? Hahaha.

Kalau pengalamanku pribadi sih, aku lebih memilih DIY Mask. Jadi kita beli bahannya saja, lalu kita racik sendiri. Tentu hasilnya bisa lebih hemat daripada harus beli terus dalam jumlah banyak.

6. Kalau Cuma Ngampus, Nggak Perlu Dandan Menor Dong?

Make-up secukupnya saja untuk sehari-hari

Make-up secukupnya saja untuk sehari-hari via http://adisurantha.blogspot.co.id

Jangan sampai kelewatan yang ini ya, girls. Kalau pekerjaan kita nggak menuntut untuk selalu full face make-up, usahakan senatural mungkin saja. Jangan sampai kita membebani kulit wajah dengan ragam produk kecantikan yang malah bisa bikin bahaya dalam jangka panjang.

Intinya, perawatan kulit itu nggak perlu ngeluarin modal besar. Asalkan kita bisa rutin dan telaten memelihara kebaikan kulit, hasil tidak akan mengkhianati proses. Remember, we are all beautiful in various ways.


Kenapa aku pake foto Dewi Sandra?

Because She is My Inspiring Beauty!


Selamat mencoba tips dari aku ya! xx

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya