Rasanya baru saja merayakan kelulusan bersama pasukan putih abu-abu, ternyata sekarang sudah saatnya memasuki dunia kampus. Mengapa waktu berlalu begitu cepat, ya? Hehehe, that's life.

Ngomong-ngomong kalian sudah siap jadi mahasiwa belum nih, guys? Mungkin sebagian besar dari kita belum punya gambaran seperti apa sih kehidupan di kampus dan apa saja hal yang perlu dipersiapkan saat menghadapinya. Kali ini Hipwee akan memberikan sedikit bocoran mengenai hal-hal yang perlu kalian persiapkan sebelum jadi maba nih, guys. Semoga bermanfaat 😉

1. Siap Mental

Kini kalian bukan lagi seorang siswa, melainkan seorang mahasiswa. Kalian sudah memasuki level tertinggi, oleh karena itu persiapkanlah mental kalian sebelum masuk nanti. Sekarang kalian yang menjadi panutan bagi adik-adik kelas kalian di SMA. Lantas, apa yang harus dipersiapkan di sisi mental?

Begini, guys, semakin tinggi level seseorang, maka tantangannya pun akan lebih beragam. Tak seperti jenjang yang lalu, kuliah perlu ekstra perjuangan. Jika dulu mendapatkan nilai pas KKM saja sudah aman, kini tak akan semudah itu, guys. Kalian perlu bekerja keras agar terus dapat mempertahankan perolehan IP kalian, demi lulus dengan predikat yang membanggakan.

2. Pastikan Cara Menjangkau Kampus

How to reach your campus

How to reach your campus via https://daily.jstor.org

Advertisement

Biasanya, jarak kampus kalian pasti jauh dari rumah, atau bahkan ada yang berkuliah di luar pulau. Nah, ini yang patut digarisbawahi, guys. Kalian wajib tahu menahu banyak tentang cara menjangkau kampus kalian. Mulai dari rute perjalanan, transportasi menuju kampus, hingga estimasi waktu yang ditempuh apabila berangkat ke kampus. Ini sangat perlu, mengingat bahwa di perkuliahan, disiplin kalian pun harus naik level.

Jika datang terlambat, maka dosen tidak akan memberimu dispensasi seperti guru kalian di SMA. Pastikan kalian hafal jalan menuju kampus kalian ya, guys. Jangan lupa jalan alternatif juga perlu kalian ketahui, untuk mengantisipasi keterlambatan kalian apabila terdapat kendala di jalan utama, seperti macet atau perbaikan jalan.

3. Kesehatan yang Prima

Setelah menikmati masa liburan yang super panjang, kamu pun tak boleh lengah dalam hal kesehatan, guys. Tetap biasakan fisikmu untuk aktif bergerak ya, karena kuliah butuh tenaga dan ketahanan yang ekstra. Jam kuliah yang berbeda jauh dengan masa SMA, membuat kalian perlu beradaptasi. Tak jarang, orang yang kurang memperhatikan kesehatannya selama ini, biasanya akan nge-drop saat masuk kuliah. Hal ini kerap kali terjadi karena fisik yang 'kaget' lantaran tidak terbiasa dengan aktivitas yang padat. Jangan lupa, perhatikan juga asupan makanan yang kalian makan ya guys. Biasakan untuk menjalankan pola hidup sehat demi menunjang aktivitasmu di kampus.

4. Stok Pakaian

Fashion

Fashion via https://www.rd.com

Advertisement

Baju bebas sih baju bebas, tetapi kalian tetap harus memiliki persediaan baju untuk berkuliah, guys. Kuliah bukan berarti berpakaian sesuka hati kalian. Kalian juga harus berpakaian rapi dan sopan ketika berkuliah. Ingat, pakaian mencerminkan tentang siapa diri kalian di hadapan lingkungan.

So, jangan sampai kamu berpakaian yang tidak sopan ya, guys. Selain itu, kamu wajib memiliki kemeja putih polos dan celana bahan. Pakaian tersebut akan berguna ketika semasa orientasi sampai pada acara seminar-seminar yang diadakan oleh pihak kampus. Berpenampilanlah sewajarnya, cerminkan kedewasaan kalian sebagai seorang panutan yang berpendidikan. 🙂

5. Pilih Tas yang Realistis

Biasanya hal ini lebih ke kaum wanita, nih! Girls, perlu kamu ketahui bahwa untuk mempersiapkan hal ini, kamu harus jeli dalam memilih. Tas adalah benda sehari-hari yang akan selalu kita bawa. Jangan memilih tas yang cantik saat dipandang saja, pastikan juga fungsinya membantu kalian dalam beraktivitas di kampus.

Buku referensi di jenjang perkuliahan biasanya berukuran besar dan tebal, cocokan ukuran tas kalian dengan ukuran buku kalian ya. Jangan sampai tasnya cantik, ternyata tidak bisa memuat benda-benda keperluanmu. Lantas, apalah fungsi tas sesungguhnya?

6. Pembawaan Sikap

Di lingkungan kampus, kita akan berjumpa dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Alangkah baiknya bila kita senantiasa selalu menjaga sikap kita ketika berhadapan dengan siapapun di kampus. Bersikap sopan tidak akan merugikanmu kok, guys. Justru ada banyak benefit yang dapat kalian peroleh bila bersikap sopan. Apa saja sih?

Pertama, first impression orang-orang terhadapmu akan positif sehingga mereka akan tertarik untuk mengenalmu lebih dalam.

Kedua, kamu tidak akan kesulitan dalam menemukan teman di perkuliahan.

Ketiga, kehadiranmu akan selalu diterima oleh orang-orang sekitar.

Keempat, nama baikmu akan senantiasa terjaga. So, biasakan untuk berlaku sopan ya, guys 🙂

7. Siap Menambah Relasi

Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, akan semakin bertambah juga lingkaran pertemanannya. Di jenjang ini, kalian harus siap dengan kehadiran banyak teman dengan berbagai watak dan pembawaan. Pandai-pandailah menyaring siapa teman yang membawa dampak baik dan siapa teman yang hanya akan membuatmu jatuh. Jangan mudah terbuai dengan suasana sehingga kalian sukar untuk membedakan teman yang tepat.

Itulah tujuh poin yang perlu kalian simak baik-baik sebelum perkuliahan di mulai. Selamat berjuang, guys! 😉

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya