Siapa sih yang nggak ingin liburan? Semua pasti akan menjawab 'ingin'. Apalagi kalau biayanya murah meriah. Karena alasan itu, beberapa orang memilih untuk liburan ke tempat yang lebih dekat. Katanya biaya sudah termakan habis oleh transportasi kalau liburan jauh. Eh jangan salah, liburan jauh bisa aja jadi murah kalau pintar mengaturnya. Salah satunya dengan cara mencari tempat wisata yang murah. Di Malang tidak hanya tempat wisata mahal saja yang dapat dikunjung. Di sini ada tempat wisata murah yang sayang kalau dilewatkan. Yuk cari tahu tempat wisata apa saja!

1. Coban Rondo

Coban Rondo merupakan salah satu coban (air tejun) yang ada di Malang, tepatnya di Batu. Akses jalan menuju coban ini tidak sulit karena sudah dikelola dengan baik. Bukan hanya itu, fasilitas yang disediakan begitu lengkap, seperti adanya kamar ganti untuk pengunjung yang selesai mandi. Asal tahu saja yah untuk masuk ke sini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp30.000,00 per orangnya. Ada biaya tambahan juga bagi yang membawa kendaraan yah.

2. Labirin Coban Rondo

Labirin Coban Rondo via https://ceritadgp.blogspot.co.id

Masih di tempat yang sama, labirin ini merupakan tempat wisata yang lagi kekinian loh. Jadi, sebelum sampai di Coban Rondo, kalian akan menemukan wahana bermain, seperti outbond, bumi perkemahan, dan labirin ini. Nah setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp10.000,00 (harga bisa berubah). Bagi kalian yang takut tidak menemukan jalan keluarnya, tenang saja. Di labirin ini disediakan semacam pangung tinggi yang digunakan untuk menunjukan arah bagi pengunjung lainnya yang sedang ada di dalam labirin.

3. Coban Rais

Advertisement

Coban Rais menjadi tempat wisata selanjutnya yang dinilai murah. Kenapa? Karena setiap pengunjung hanya dikenakan biaya Rp10.000,00 (harga bisa berubah) saja. Sama halnya dengan coban sebelumnya, di Coban Rais juga ada wahana lainnya, seperti tempat foto yang disajikan sama seperti Maribaya Lodge Bandung atau Kalibiru Yogyakarta. Nah untuk menuju ke air terjunnya sendiri tidak semudah seperti Coban Rondo. Pengunjung yang ingin ke air terjunnya harus memiliki fisik yang kuat. Hal tersebut dikarenakan butuh waktu sekitar 3 jam untuk naik dan turun dari air terjun. Belum lagi medannya yang hanya setapak sangat menyulitkan (apalagi saat musim hujan, harus lebih hati-hati).

4. Alun-Alun Batu

Kalau ke Batu, Malang, jangan lupa mampir ke alun-alunnya yah! Selain murah di sini juga tempat yang pas untuk melepas rasa lelah setelah berkeliling. Oh iya yang paling ditunggu adalah wahana komedi putarnya loh. Utuk pengunjung yang ingin menaikinya hanya perlu membayar Rp5.000,00 saja kok. Selesainya bisa istirahat di bangku yang sudah disediakan sembari menikmati lampu lampion dengan berbagai bentuk kartun. Lapar? Tenang saja, di sini jga ada banyak tempat makan kok. Biasanya yang datang ke sini pasti mampir ke Ketan Susu Legenda yang tak jauh dari alun-alun.

5. Kampung Warna-Warni Jodipan

Pindah ke Kota Malang, di sini ada tempat yang engga kalah menarik dan murah. Kampung Warna-Warni Jodipan, kampung ini sangat mencolok bagi wisatawan yang datang. Tentu saja karna warnanya. Bukan hanya itu saja kok, gambar 3D juga disajikan di kampung ini. Makin betah deh buat foto-fotonya hehehe. Pengunjng yang ingin masuk akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000,00 (harga bisa berubah) saja kok. Selamat liburan!