#WisataFilipina-7 Fakta Ini Tunjukkan Bahwa Filipina Sedekat Itu dengan Kita.

Tak kenal maka tak sayang~

Berbicara tentang pariwisata di Asia Tenggara, Filipina mungkin belum sepopuler Malaysia, Singapura, dan Thailand di telinga kita. Tapi, tahu, nggak, sih? Fakta-fakta ini tunjukkan bahwa Filipina itu sebenarnya sedekat itu dengan kita. 

Advertisement

1. Fitur wajah

Reemar Martin Photo from Deleted Instagram Account @rreemar_

Reemar Martin Photo from Deleted Instagram Account @rreemar_ via https://www.instagram.com

Mulai dari bentuk hidung, mata, bibir, orang Filipina terlihat mirip dengan orang Indonesia. Semuanya terlihat proporsional, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Beauty standard nya pun hampir mirip dengan beauty standard yang berlaku di Indonesia. 

Kamu pasti setuju, kan, kalau Reemar Martin dalam foto di atas itu tergolong cantik menurut beauty standard versi Indonesia? 

Advertisement

Tanpa kalian sadari, fitur wajah dia juga mirip dengan fitur wajah orang Indonesia, loh. 

Dan pada dasarnya, semua wanita itu cantik. Jika kamu nggak suka sama kantung matamu, ada orang yang rela melakukan operasi plastik untuk mendapatkan kantung mata. Jika kamu tidak suka dengan ukuran tubuhmu yang menurutmu terlalu besar, ada orang yang mati-matian berusaha menaikkan berat badan.

Cantiknya kita itu tergantung bagaimana kita merawat dan mengapresiasi. Betul, tidak?

Advertisement

2. Warna kulit

Seperti kebanyakan orang Asia Tenggara pada umumnya, orang Filipina juga memiliki warna kulit yang sama dengan orang Indonesia, yaitu antara kuning langsat hingga sawo matang. 

Apapun warna kulit kita, itu cantik selama kulit kita sehat dan terawat, bukan?

3. Bahasa

Bahasa resmi negara Filipina adalah bahasa Tagalog. Dalam beberapa istilah, bahasa Tagalog memiliki kemiripan bahkan kesamaan dengan bahasa Indonesia, loh. 

Kata seperti 'anak', dalam bahasa Indonesia dan bahasa Tagalog mempunyai makna yang sama. Sementara istilah dalam bahasa Tagalog yang terkenal seperti 'Mahal Kita' mempunyai pengucapan yang sama dengan bahasa Indonesia namun memiliki makna yang berbeda.

Kata 'Mahal Kita' jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti 'Aku Cinta Kamu'. Ya, kata 'mahal' dalam bahasa Tagalog memiliki makna 'cinta' dalam bahasa Indonesia. 

Dan yang lebih menariknya lagi, bangsa Filipina termasuk bangsa dari Asia Tenggara yang paling berhasil dalam mempelajari bahasa Inggris. Jadi, saat kamu berwisata ke Filipina nanti, bahasa bukanlah sebuah halangan.

4. Makanan

Adobo Chicken

Adobo Chicken via https://kuliner.ilmci.com

Makanan khas Filipina berbahan dasar serupa dengan makanan khas Indonesia, kebanyakan terbuat dari daging, seafood, dan sayur. Ciri khas makanan khas Filipina juga seringkali berbumbu dan ber-rempah seperti di Indonesia, jadi kamu tidak akan merasa hambar saat berwisata dan mencicipi makanan Filipina nantinya. Tampilan masakannya juga berwarna yang tentu akan membangkitkan selera. 

Jika kamu pecinta makanan ekstrem, kamu mungkin akan menyukai “balut”, telur itik atau ayam yang berisi embrio (calon anak ayam/itik) yang sudah hampir terbentuk sempurna. Jadi bentuknya sudah bukan kuning telur atau putih telur lagi, tapi bakal anak ayam. Cara menikmatinya adalah dengan direbus dan langsung dimakan dari cangkangnya. 

Namun, kalau kamu ingin makanan yang nggak neko-neko, kamu bisa loh mencicipi ayam adobo atau seafood dan ditutup dengan Halo-halo atau semacam es campur khas Filipina.

5. Letak geografis

Letak Geografis, Photo by Darren Lawrence from Pexels

Letak Geografis, Photo by Darren Lawrence from Pexels via https://www.pexels.com

Jelas saja kita merasakan kedekatan dengan Filipina. Filipina juga merupakan negara tetangga kita yang sama-sama terletak di Asia Tenggara dan tergabung dalam anggota ASEAN. Hal inilah yang juga membuat Filipina hampir mirip dengan Indonesia. 

Filipina mempunyai iklim maritim tropis dengan 4 musim, yaitu musim kering/kemarau panas dari Maret sampai Mei, musim hujan dari Juni sampai November, dan musim kering/kemarau sejuk dari Desember sampai Februari. Dengan ini, kamu pasti bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk berlibur ke Filipina sesuai kebutuhanmu.

6. Wisata

Laguna Kembar

Laguna Kembar via https://www.instagram.com

Karena kedekatan-kedekatan itulah, tidak mengherankan kalau Filipina seharusnya masuk ke dalam tempat di Asia yang wajib dikunjungi saat kamu ingin berwisata dengan tujuan destinasi wisata di kawasan Asia.

Wisata Filipina tentu bukanlah hal yang bisa dilewatkan begitu saja. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Buat kamu pecinta wisata air, kamu bisa mengunjungi Laguna Kembar, Boracay, El Nido, Bohol, dan lain sebagainya.

Untuk kamu pecinta wisata arsitektur, kamu bisa mengunjungi Manila yang terkenal dengan San Agustin Church dan Intramuros yang merupakan banguna-bangua  ergaya Eropa atau Makati  yang terkenal dengan Zuellig Building yang penuh dengan gedung-gedung pencakar langit yang akan menyala kerlap kerlip di malam harinya.

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

7. Budaya

Sinulog Festival

Sinulog Festival via https://www.instagram.com

Budaya lokal penduduk Filipina juga tak kalah menarik untuk dicicipi loh. Ada banyak keseruan yang bisa kamu rasakan saat kamu berwisata ke Filipina nanti. Ada Sinulog Festival yang berisi tentang rangkaian kegiatan budaya dan agama yang bisa dinikmati oleh warga lokal maupun pelancong mancanegara, ada Panagbenga Festival yang bertaburan bunga-bunga, hingga Giant Lantern Festival yang penuh kelap-kelip gemerlapan. 

Keramahtamahan warga negara Filipina juga tidak diragukan lagi. Itulah sebabnya, Filipina juga menjadi salah satu negara yang terkenal dengan industri hospitality dan wisatanya. Sekali berkunjung ke Filipina, pasti ingin lebih lama menetap di sana.

Ada pepatah yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Berhubung sekarang sudah kenal, jadi sudah sayang juga, kan? Jadi kapan kamu akan merencanakan untuk berwisata ke Filipina bersama orang tersayang?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Learner

CLOSE