#WisataFilipina-Solo Traveling ke Filipina, Berikut 6 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan

Mimpi solo traveling ke Filipina

Jalan-jalan sepertinya menjadi impian banyak orang. Hanya saja, karena satu dan lain hal banyak yang mengurungkan mimpinya.

Setidaknya dalam hidup ini, paling tidak sempatkan satu kali berkunjung ke tempat yang benar-benar asing bahkan belum pernah kamu datangi. Mengapa? Ada begitu banyak pengalaman dan hal-hal baru yang harus kamu saksikan dengan mata kepalamu sendiri. Menjadi solo traveler tidak ada salahnya untuk dicoba dan tidak perlu jauh-jauh, kamu pun dapat mengunjungi satu di antara banyak negara di benua Asia. Filipina, contohnya.

Sebelum melakukan perjalanan ke Filipina sebagai solo traveler, ada baiknya 6 hal berikut kamu persiapkan jauh-jauh hari agar perjalanan solo-mu lebih mantap lagi.

Advertisement

1. Siapkan surat-menyurat penting yang kamu perlukan untuk keberangkatanmu

Photo by Nicole Geri on Unsplash

Photo by Nicole Geri on Unsplash via https://unsplash.com

Pergi ke negara orang dalam posisi sendirian terkadang membuat kita agak sedikit gugup dan canggung, apalagi perjalanan tersebut merupakan kali pertama. Nah, sebelum hari keberangkatanmu tiba, ada baiknya untuk mengecek ulang apa saja yang kamu butuhkan. Salah satunya surat-surat resmu seperti paspor.

Kamu tidak bisa memasuki negara lain tanpa adanya paspor, jadi periksa kembali apakah paspormu masih berlaku atau perlu diperpanjang masa berlakunya. Jika kamu be;um memiliki paspor, tentu saja kamu harus membuatnya terlebih dahulu dengan cara mendaftar melalui daring atau datang langsung ke kantor imigrasi.

Advertisement

Ingat, jangan sampai kamu melupakan surat penting satu ini ya.

2. Tentukan destinasi dan jenis wisata yang akan kamu kunjungi di Filipina dengan membuat itinerary ringkas dan jelas

Photo by Janssen Panizales from Pexels

Photo by Janssen Panizales from Pexels via https://www.pexels.com

Sebagai solo traveler yang melakukan traveling ke Filipina, kamu wajib sekali membuat dan mematangkan itinerary yang kamu buat. Tujuannya tidak lain agar kamu tidak canggung maupun bingung saat berada di negara asing tersebut.

Advertisement

Pilih destinasi yang menurutmu menarik untuk dikunjungi atau wisata yang friendly bagimu. Adapun wisata yang dapat menjadi bahan rekomendasi di antaranya wisata alam, wisata sejarah, atau wisata yang muslim friendly.

Tenang, untuk segala jenis wisata dan destinasi seru di Filipina kamu bisa dapatkan informasinya di www.wisatafilipina.com dan informasinya sangat beragam loh, ada informasi mengenai tempat wisata, penginapan, kuliner, sampai muslim-friendly.

Wah, liburan di Filipina akan semakin mengasyikkan dan pastinya seru jika kamu tidak salah memilih destinasi.

3. Update tiket promo transportasi dan penginapan

Photo by Trimurthy from Pexels

Photo by Trimurthy from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk menekan budget atau pengeluaran, kamu perlu untuk mengintip update tiket promo baik transportasi ataupun penginapan. Ada banyak aplikasi yang menawarkan harga bervariatif dan tentunya bersaing, tapi kamu juga perlu banget kepoin www.wisatafilipina.com untuk mendapatkan informasi terbaru seputar transportasi juga penginapan. Jadi, kamu enggak perlu bingung-bingung mencari-cari penginapan murah dekat destinasi wisata yang akan kamu kunjungi.

4. Bawa barang keperluan secukupnya

Ingat, tujuan utama kamu solo traveling adalah untuk menikmati perjalanan. So, kamu harus seminim mungkin membawa barang keperluan seperti pakaian, alat mandi maupun sepatu.

Satu tas backpack rasanya sangat cukup untuk menampung barang-barangmu. Untuk barang apa saja yang harus dipersiapkan, pastinya harus kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu dan lamanya waktu kunjunganmu. Jangan sampai liburanmu diganggu dengan beratnya tas backpack yang harus bertengger di pundak dan punggung setiap waktu.

5. Sesampainya di daerah atau destinasi yang dituju, baik transportasi umum ataupun jalan kaki bisa menjadi pilihan untukmu yang ingin berhemat

Photo by Marfil Graganza Aquino from Pexels

Photo by Marfil Graganza Aquino from Pexels via https://www.pexels.com

Hitung-hitung berhemat, kamu bisa memilih moda transportasi umum maupun jalan kaki ketika mengunjungi tempat sat uke tempat lainnya. Selalu ingat, solo traveling yang identik dengan backpacker-an bukanlah jalan-jalan mewah yang ke mana-mana menggunakan limousine sewaan. Kamu harus bisa memanfaatkan jasa transportasi umum seperti angkutan umum, bus, kereta ataupun ojek untuk menjangkau tempat yang kamu tuju.

Hal ini dilakukan hitung-hitung berhemat dan hitung-hitung mengenal lebih dalam daerah yang kamu kunjungi. Karena sejatinya, esensi dari solo traveling a la backpacker adalah membenamkan diri pada kehidupan sosial yang sama sekali asing bagimu.

6. Berbaur dengan masyarakat setempat

Photo by Rica from Pexels

Photo by Rica from Pexels via https://www.pexels.com

Esensi dari solo traveling a la backpacker adalah membenamkan diri pada kehidupan sosial alias berbaur dengan masyarakat asli daerah yang kamu kunjungi, semisal masyarakat di sekitar Cebu ataupun El Nido.

Enggak perlu susah-susah, kamu dapat menerapkannya dengan cara bertanya arah, jalan atau sekadar menyapa masyarakat setempat. Mendatangi pasar tradisional untuk melihat bagaimana masyarakat Filipina melakukan transaksi jual beli juga salah satu cara mendekatkan diri pada kehidupan sosial yang asing bagimu. Dengan aktivitas tersebut, kamu dapat menambah wawasan tentang Filipina, khususnya daerah yang kamu kunjungi. Tentu saja, itu akan menjadi pengalaman berkesan dalam hidupmu.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana memulai solo traveling ke Filipina, kamu bisa mengakses semua informasi mengenai Filipina di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatmu akan semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa kita ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanmu untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE