“MAK, PAK, SAYA LULUS!”


Selamat para pejuang skripsi, kamu telah berhasil mendapatkan tiket untuk bisa melenggang menuju panggung wisuda. Membayangkan diri dalam balutan toga, bersalaman dengan rektor lalu mengabadikan momen bahagia dalam jepretan kamera bersama keluarga, teman dan pasangan sudah bukan mimpi lagi. Kamu hanya tinggal menghitung hari!


Setelah menyelesaikan berbabagai macam formulir persyaratan untuk memperoleh ijazah dan menyiapkan toga beserta embel-embelnya, kamu sudah siap dilantik untuk menjadi seorang sarjana. Teman dan kerabat dekat tak lupa diundang untuk menghadiri wisudamu nanti. Dan saat hari wisudamu akhirnya tiba, rasa bahagia karena telah berhasil melalui segala tantangan dalam kehidupan perkuliahan pasti tak terbendung lagi. Sambil menikmati euforia di hari wisuda kamu, yuk dengerin 7 lagu yang udah disiapin Hipwee!

 

1. Best Day of My Life – American Authors

American Authors via https://www.youtube.com

Everything is looking up
Everybody up now
This is gonna be
The best day of my life

Ketika kamu membuka mata dari tidurmu, kamu tahu hari ini akan menjadi hari terbaik dalam hidupmu. Dengan semangat kamu membuka jendela kamarmu, melihat matahari yang baru mulai terbit lalu menyapa semua orang di rumah dengan senyum merekah di bibir. Walalupun bukan tipe perempuan yang suka dandan, hari ini kamu mau mempercantik diri. Dengan berbalut pakaian terbaik yang membutuhkan usaha keras dalam mendapatkannya (baca: toga) dan polesan make up yang membuat wajahmu makin ayu, yakin deh semua orang pasti akan terpana memandangmu nanti!

2. Graduation (Friends Forever) – Vitamin C

Advertisement

As we go on, we remember
All the times we had together
And as our lives change, come whatever
We will still be friends forever

Wisuda bukan berarti perpisahan, namun kamu menyadari bahwa setelah wisuda kamu tidak akan bertemu teman-teman terdekatmu sesering sebelumnya. Kamu akan flashback ke momen yang telah kamu lalui bersama sahabat terdekat selama kuliah. Ingatkah kamu saat kita saling bercerita mengenai mimpi-mimpi yang ingin kita raih? Ingatkah kamu saat aku mengetuk pintu kamar kosanmu hanya untuk menangis dan menceritakan segalanya hingga akhirnya tertidur di kasurmu dan kamu terpaksa tidur di lantai? Ingatkah kamu saat kita pergi ke taman hiburan dan terpaksa hujan-hujanan karena tidak ada satupun dari kita yang membawa payung? Terus jaga komunikasi denganku ya!

3. Good Riddance (Time of Your Life) – Green Day

It's something unpredictable
But in the end is right
I hope you had the time of your life

Kehidupan pasca kampus memang terlihat mengerikan. Setelah resmi menyandang gelar sarjana, tanggung jawabmu otomatis juga bertambah. Kamu sudah mulai diharuskan mandiri secara finansial dan mengabulkan keinginan orang tuamu satu persatu. Namun, jangan sampai pikiran ini merusak hari bahagiamu. Kamu sudah berjuang dan menanti-nanti datangnya hari ini. Ambil pelajaran yang telah kamu lalui selama kehidupan perkuliahan dan jadikan momen bahahagia ini sebagai titik balik kehidupanmu. Semoga berhasil meraih segala impianmu!

4. Moment 4 Life (ft. Drake) – Nicki Minaj

Nicki Minaj ft. Drake via https://www.youtube.com

And I will retire with the crown, yes
No, I'm not lucky, I'm blessed, yes
Clap for the heavy weight champ, me
But I couldn't do it all alone, we

Resmi sudah kamu menyandang titel sarjana di belakang namamu. Tentu saja dukungan yang kamu peroleh selama ini lah yang menjadi bahan bakar motivasimu. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua yang telah menginvestasikan uangnya untuk pendidikanmu serta dukungan moril yang selalu diberikan tanpa pamrih. Berterimakasihlah kepada sahabatmu yang telah menemani kehidupan perkuliahanmu di kala suka maupun duka. Berterimakasihlah kepada dosen pembimbingmu, pengujimu dan seluruh pengajar yang telah memberimu ilmu di bangku perkuliahan. Dan yang terpenting, jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih pada dirimu sendiri yang telah memberikan yang terbaik.

5. The Edge of Glory – Lady Gaga

I'm on the edge of glory
And I'm hanging on a moment of truth
Out on the edge of glory
And I'm hanging on a moment with you

Bangga sekali rasanya saat berdiri dalam balutan toga sambil memegang map ijazah dan foto bersama kedua orang tua. Setelah melalui beberapa kali revisi skripsi dan menghadapi tingkah dosen yang terkadang kurang kooperatif, akhirnya salah satu keinginan orang tua telah berhasil kamu kabulkan. Terlebih lagi ketika namamu dipanggil ke depan panggung karena menjadi wisudawan terbaik dan mendapatkan tepukan tangan dari wisudawan lain. Wah, rasanya seperti berdiri di puncak kejayaan hidup!

6. Verge (ft. Aloe Blacc) – Owl City

Owl City ft. Aloe Blacc via https://www.youtube.com

These are our hours
This is our time
These are our hours
Out on the verge

Wisudamu belum afdol saat belum melempar topi toga ke langit bersama teman-teman seangkatanmu. Ya walaupun setelah topi toga jatuh ke tanah kamu kelimpungan mencari milikmu, kamu lalu malah tertawa cekikikan bersama teman-teman lain. Tak ada salahnya merayakan euforia kelulusanmu, ini adalah waktumu. Setelah melempar topi togamu sambil berteriak bahagia, berjanjilah pada dirimu sendiri bahwa kamu akan mengaplikasikan ilmu yang telah kamu pelajari dan bermanfaat sebanyak-banyaknya bagi lingkungan sekitarmu.

7. Celebrate (ft. Pharrell Williams) – MIKA

I want the whole world to celebrate
I want the whole world to celebrate
I want the whole world to celebrate

Kegiatan utama saat wisuda? Ya foto-foto dong! Menanti namamu dipanggil ke atas panggung, kamu kumpul dengan gengmu lalu cekrek. Selesai menyalami rektor dan mendapatkan ijazah, cekrek. Bertemu teman lama yang rela datang jauh hanya untuk memberikan selamat kepadamu, cekrek. Selesai foto-foto lalu upload ke semua sosial media yang kamu punya deh. Iya, saat kamu wisuda rasanya ingin seluruh dunia juga ikut merayakan kebahagiaanmu dan turut mengucapkan “Selamat ya!”.

Nah, itu dia 7 lagu yang wajib didengar saat hari wisudamu tiba versi Hipwee. Apakah kamu punya referensi lagu lain yang pas didengar di hari wisuda? Tulis di kolom komentar ya!