Saat ini video call memang sering banget dipakai untuk berkomunikasi, karena melalui panggilan video kita jadi bisa melihat langsung lawan bicara kita layar smartphone kita. Selama ini WhatsApp masih menjadi andalan sebagian besar orang jika ingin melakukan video call. Nah ternyata nih sekarang Instagram juga udah bisa lho dipakai untuk melakukan panggilan video. 

Fitur video call di Instagram untuk android dan IOS resmi dirilis tanggal 27 Juni 2018 kemarin. Melalui fitur ini kamu dapat melakukan panggilan video dengan temanmu. Penasaran pengen tahu gimana cara melakukan panggilan video via Instagram?

Begini nih caranya :

1. Update aplikasi Instagram kamu melalui play store atau app store

Untuk dapat menggunakan aplikasi Video Call ini, kamu harus menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru. Apakah Instagram di smartphone kamu sudah versi terbaru? Coba cek di apps store atau play store, jika ada tulisan update berarti kamu harus melakukan update dulu.

2. Buka Instagram, klik icon Direct Message (DM) yang ada di sebelah kanan atas

Instagram

Instagram via http://dok.pribadi

Kalau kamu sudah update, lalu buka aplikasi Instagram kamu. Cari ikon Direct Message yang berbentuk pesawat terbang kertas di sebelah kanan atas Instagram kamu. Yup, letaknya persis disamping icon IGTV. Klik icon direct message tersebut.

3. Lihat daftar teman di Direct Message kamu, Pilih teman yang ingin kamu ajak video call

DM friend list

DM friend list via http://www.dailymail.co.uk

Advertisement

Setelah kamu klik icon direct message, kamu akan melihat daftar list teman-temanmu. Jika teman yang kamu cari tidak ada di sana, kamu bisa tambahkan. Pilih temanmu yang ingin kamu ajak melakukan panggilan video.

4. Klik icon berbentuk kamera yang ada di sebelah kanan atas untuk memulai video call

Direct Message

Direct Message via http://dok.pribadi

Setelah kamu klik teman yang akan kamu ajak melakukan video call, kamu lihat di sebelah kanan atas disana ada icon berbentuk kamera. Untuk mulai melakukan panggilan video, klik icon berbentuk kamera tersebut.

5. Tunggu sampai teman yang kamu pilih menjawab panggilan video kamu

Video Call Instagram

Video Call Instagram via http://dok.pribadi

Nah kalo udah klik icon kamera itu, berarti kamu udah melakukan panggilan video ke temanmu. Selanjutnya tinggal menunggu aja deh temanmu untuk menjawab panggilanmu.

Advertisement

Kalau kamu tidak ingin menerima panggilan video dari temanmu, kamu bisa me-non aktifkan fitur ini. Caranya :

  • Klik pengaturan, atau icon 3 titik yang ada di sebelah kanan atas halaman instagram kamu
  • Pilih menu "notifikasi" dibagian bawah, lalu klik notifikasi otomatis atau push notification
  • Selanjutnya scroll down atau gulir terus ke paling bawah sampai kamu menemukan opsi Video Chat, di situ kamu bisa memilih untuk menon aktifkan video chat, atau memilih siapa saja yang kamu ijinkan untuk melakukan panggilan video dengan kamu.

Nah gimana, gampang banget kan? Instagram sekarang udah makin canggih ya guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya