Saat berkunjung ke India beberapa waktu lalu, saya sering terlibat dalam percakapan menarik dengan pelancong lainnya yang saya jumpai selama di perjalanan. “Ini negeri penuh ketimpangan dan kamuflase,” ujar Marcin, bule asal Belanda yang jadi teman seperjalanan di kota Varanasi.

Walaupun banyak hal negatif yang didengungkan orang terhadap India, misalnya saja betapa kemiskinan, kesemerawutan, kepadatan penduduk bahkan tindak kejahatan, tetap saja India jadi salah satu negara tujuan wisata di dunia. Tahun 2017 misalnya, lebih dari 10 juta orang datang India. Nah, salah satu bentuk promosi yang memiliki dampak besar berasal dari industri perfilman India.

Banyak yang lantas datang ke India karena terpukau melihat keunikan dan keindahan negara tersebut dari film. Faktanya, kawasan-kawasan indah yang ada di film itu kebanyakan diambil di luar negeri. Termasuklah di Inggris Raya. Ada banyak sekali film yang syuting di sana. Dan, ini adalah 5 di antaranya.

1. Kastil-kastil Indah di Film Kuch Kuch Hota Hai

Film yang mengisahkan kisah cinta segitiga antara Rahul (Shahrukh Khan), Tina (Rani Mukerjii) dan Anjeli (Kajol) ini sangat meledak saat dirilis tahun 1998 lalu dan efeknya juga terasa hingga di Indonesia. Film yang gawangi oleh sutradara Karan Johar dan mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik di ajang bergengsi Filmfare ini 100 persen diceritakan terjadi di India.

Advertisement

Faktanya, ada beberapa adegan yang diambil di Skotlandia, Inggris Raya. Misalnya saja saat lagu Kuch Kuch Hota Hai dimainkan, nampaklah beberapa objek wisata terkenal di Skotlandia, diantaranya Inchmahome Priory, reruntuhan biara yang terletak di tengah Danau Menteith.

Di salah satu adegan, terlihat juga mereka bernyanyi dengan latar belakang Bass Rock yang merupakan steker vulkanik setinggi 300 kaki yang berada di lepas pantai tepatnya di muara Firth of Forth di sisi Laut Utara Skotlandia. Terdapat beberapa kastil yang juga digunakan untuk prosesi syuting film yang juga memenangkan penghargaan Filmfare ini, diantaranya Kastil Tantallon, Kastil Dirleton dan yang paling terkenal yakni Kastil Eilean Donan yang merupakan ikon Skotlandia karena pemandangannya yang luar biasa indah.

2. Rumah Megah di Film Kabhi Khushi Kabhie Gham

Waddesdon Manor

Waddesdon Manor via http://buzzerg.com

Diceritakan, Yashvardhan Raichand (Amitabh Bachchan) adalah konglemerat sukses yang tinggal di Delhi bersama istri dan dua anaknya Rahul (lagi-lagi diperankan oleh Shahrukh Khan) dan Rohan (Hrithik Roshan). Konflik mulai terjadi saat Rahul jatuh cinta kepada Anjali Sharma (Kajol) namun hubungan itu tak direstui oleh sang ayah.

Advertisement

Bagi yang sudah nonton, pasti ingat adegan memorable saat Rahul pulang ke rumah menggunakan helikopter, kan? Rumah yang mereka huni nampak megah. Faktanya, itu adalah bangunan bernama Waddesdon Manor, sebuah rumah bergaya Renaisans Neo-Renaissance yang dibangun pada tahun 1974 yang berada di Desa Waddesdon, Buckingshamshire, Inggris.

Beberapa tempat lain di Inggris yang digunakan oleh kru film ini adalah Pusat Perbelanjaan Bluewater yang ada di kawasan Kent dan Istana Blenheim yang menjadi tempat tinggal utama para Dukes of Marlborough yang dilindungi UNESCO karena sudah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 1987 lalu. Keren, ya!

3. Sekolah Mewah di Film Mohabbatein

Dapat di bilang, lebih dari 80% film ini berpusat di Gurukul, sebuah kampus prestesius khusus lelaki yang dikepalai oleh Narayan Shankar (Amitabh Bachchan). Kisah bergulir saat Raj Aryan (Shahrukh Khan) melamar sebagai guru musik di sana, sebuah mata pelajaran yang belum pernah ada sebelumnya. Ternyata, Raj ada hubungan masa lalu dengan mendiang anaknya Megha (Aishwarya Rai) yang meninggal secara tragis.

Alih-alih berada di India, Gurukul sendiri adalah nama fiktif dari bangunan bernama Longleat, yakni sebuah rumah yang dibangun oleh Sir John Thynne dan dirancang oleh Robert Smythson pada tahun 1567. Rumah ini dianggap salah satu contoh arsitektur terbaik di Inggris.

Jika dilihat di film, area sekitar Longleat ini sangat luas. Benar saja, karena rumah ini menempati lahan seluas 1000 hektar dengan 4000 hektar lainnya digunakan sebagai lahan pertanian dan 4000 hektar lainnya hutan, mencakup Desa Centre Parcs. Beruntung, bagi pengunjung yang ingin melihat langsung rumah ini karena memang terbuka untuk umum.

4. Bangunan-bangunan Modern di Ra.One

Keindahan London Bridge di malam hari

Keindahan London Bridge di malam hari via http://www.bhmpics.com

Salah satu projek besar bollywood tergambar dari film pahlawan super fiksi ilmiah berjudul Ra.One yang dibintangi oleh Shahrukh Khan, Kareena Kapoor dan Arjun Rampal. Di film ini, Khan berperan sebagai Shekhar Subramanium, seorang perancang permainan berbasis sensor gerak, di mana peran antagonis permainannya itu Ra.One lebih powerful ketimbang peran protagonisnya G.One.

Film Ra.One banyak melakukan pengambilan gambar di Inggris. Misalnya saja Battersea Power Station yakni bekas pusat pembangkit listrik tenaga batu bara yang berada di tepi selatan Sungai Thames yang dibangun pada tahun 1930-an. Bangunan lain yang digunakan adalah Britannic House atau Britannic Tower, sebuah gedung pencakar langit yang sekarang dikenal dengan nama City Point.

Dua jembatan terkenal di London juga muncul di film ini. Pertama, Jembatan Lambeth, jembatan gantung moderen pertama sepanjang 252 meter yang dibangun pada tahun 1862. Jembatan kedua yang muncul di film ini adalah Jembatan London yang merupakan salah satu ikon dari kota London yang juga banyak sekali muncul di film-film lainnya.

5. Alun-alun Kota di Dilwale Dulhania Le Jayenge

Trafalgar Square

Trafalgar Square via http://www.wallpapers-web.com

Bicara mengenai film India yang fenomenal, rasanya kurang lengkap jika tidak menyebut judul Dilwale Dulhania Le Jayenge (DDLJ). Kenapa? Rasanya belum ada film lain yang dapat menyaingi DLLJ karena film ini ditayangkan di bioskop selama 20 tahun! Yakni sejak pertama kali dirilis di tahun 1995 hingga tahun 2015. Luar biasa!

Bicara tentang keuntungan, jelas saja besar. Dengan biaya produksi yang hanya 1,2 juta dolar, film ini mampu meraih pendapatan lebih dari 37 juta dolar. Kerennya lagi, film ini mengambil gambar di beberapa negara di Eropa, termasuklah Inggris.

Angel Tube atau stasiun London Underground yang pertama kali dibuka pada tahun 1901 menjadi salah satu lokasi yang dipilih. Termasuklah London Tower dan juga Trafalgar Square, alun-alun yang dinamakan demikian sebagai penanda kemenangan angkatan laut Inggris dalam Perang Napoleon dengan Prancis yang berlangsung pada 21 Oktober 1805. Banyak film yang mengambil gambar di alun-alun ini.

** *

Ada banyak film India lain yang syuting di Inggris Raya. Keunikan dan keindahan tempat-tempat yang ada di sana memang mempesona banyak sekali sineas tak hanya bollywood atau hollywood namun di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Lalu, kapan kamu akan mendatangi tempat-tempat ini? #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya