Yakin Tujuan Hidupmu Sudah Bermakna? Yuk Simak Artikel Ini!

Banyak yang masih bingung tentang untuk apa hidup ini dijalani. Alhasil kita hanya ingin hidup kita berakhir bahagia tanpa mengetahui maknanya.

Mungkin selama ini tujuan hidup kita adalah untuk kebahagiaan. Namun apakah kalian yakin bahwa itu makna dari tujuan hidup sebenarnya?

Banyak yang masih bingung tentang untuk apa hidup ini dijalani. Alhasil kita hanya ingin hidup kita berakhir bahagia tanpa mengetahui maknanya. Padahal bahagia itu sendiri sangat luas cakupannya.

Daripada bingung-bingung, yuk simak penjelasan ini tentang makna tujuan hidup yang sebenarnya:

Advertisement

1. Kunci tujuan hidup adalah ketenangan

Photo by Spencer Selover

Photo by Spencer Selover via https://www.pexels.com

Dalam menjalani hidup pasti banyak lika-likunya. Yang paling kita butuhkan untuk menghadapi itu semua adalah ketenangan.

Keseimbangan ketenangan jiwa dan raga dapat membuat kita merasa mindfulness.  Sehingga dengan itu bisa membuka pandangan kita tentang makna sesungguhnya dari hidup ini.

Advertisement

2. Terlalu bahagia bisa membuat kita kehilangan makna

Photo by Sebastian Voortman

Photo by Sebastian Voortman via https://www.pexels.com

Jika tujuan hidup kita hanya untuk mencari kebahagiaan, kemungkinan kita tidak akan pernah puas. Karena saat ada sesuatu yang membuat kita bahagia, maka lama-lama kita akan bosan dan nantinya akan mencari kebahagiaan lain.

Siklus ini akan tetap terjadi hingga bisa membuat kita menyepelehkan rasa sedih. Padahal rasa sedih atau perasaan lain selain bahagia itu yang justru membuat kita menemukan makna sesungguhnya dari hidup ini.

3. Jangan berekspetasi terlalu tinggi tentang hidupmu

Advertisement
Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://www.pexels.com

Memiliki tujuan hidup dengan bermimpi yang tinggi tidak mengapa, namun jangan sampai mimpimu membuat kamu menjadi manusia yang tidak bersyukur. Seimbangkan ekspetasi dengan keadaanmu yang mendukung.

Karena jika ekspetasi tinggi tersebut tidak sesuai dengan realita yang ada, maka dapat membuat kita menjadi terpuruk. Sehingga kemungkinan akan sulit memaknai tujuan hidup yang kita buat tersebut.

4. Jadikan tujuan hidupmu bermanfaat bagi yang lainnya

Photo by Helena Lopez

Photo by Helena Lopez via https://www.pexels.com

Makna sebenarnya dalam hidup adalah dapat memberikan kebaikan dan manfaat untuk yang lain. Maka jika kita bisa melakukan ini, akan ada kepuasan tersendiri yang membuat kita terpacu untuk terus melakukannya.

Lakukan dengan sepenuh hati tanpa berharap imbalan. Jadikan setiap waktu bermakna dan berguna untuk semuanya.

5. Selalu carilah hal baik dalam segala yang kamu temukan

Photo by Mentatdgt

Photo by Mentatdgt via https://www.pexels.com

Akan selalu ada hikmah baik yang kamu temukan dalam segala sesuatu, bahkan dari hal yang tidak kita inginkan sekalipun. Namun ternyata hal ini dapat membuat kita lebih ikhlas dan mudah untuk mensyukuri hidup ini lho!

6. Tanamkan pikiran untuk selalu membutuhkan tujuan yang besar dan selamanya

Photo by Juan Pablo

Photo by Juan Pablo via https://www.pexels.com

Berhati-hatilah dalam memilih tujuan dalam hidup, jangan yang sepele. Tujuan hidup yang besar dan selamanya disini adalah hidup untuk berakhir.

Kita selalu butuh tujuan dan mimpi akan sesuatu yang bisa selalu menghidupkan kita hingga hidup kita berakhir. Sehingga dari hal ini membuat kita selalu terpacu melakukan hal baik dan bermanfaat untuk akhir yang baik pula. 

Nah itu tadi beberapa makna tujuan hidup yang sebenarnya, Dear! Jangan lupa untuk tetap menjalani hidup dan mengambil hikmahnya ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE