Desa Sidomulyo merupakan salah satu dari beberapa desa yang terletak di Kecamatan Batu, Batu, Jawa Timur. Desa ini berada di lereng gunung Arjuna. Karena letaknya itulah, desa Sidomulyo ini mempunyai suhu yang cukup dingin. Tak hanya itu, desa ini terkenal dengan sebutannya sebagai “Desa Bunga.”

Ya, karena hampir seluruh warga desa tersebut bermata pencaharian sebagai petani bunga. Kalau kamu berkunjung ke sana, kamu akan menemui berbagai jenis bunga hampir di sepanjang desa. Selain bunga, kamu juga bisa menemukan beberapa lokasi wisata. Seperti tubing, petik apel, dan yang terkenal adalah warung pring pethuk.

Dan kali ini, kamu akan diajak untuk melihat beberapa lokasi wisata di Desa Bunga itu. Yuk!

1. Pertama, kamu wajib mengunjungi lahan-lahan bunga di Desa Sidomulyo

Bunga-bunga~~ via http://www.google.com

Hampir di banyak lahan desa, kamu akan menemukan lokasi kebun-kebun bunga milik warga. Bunganya beraneka ragam, mulai dari mawar, krisan, dan masih banyak lagi. Wah… instagramable banget, ya?

2. Kamu pun juga wajib ke Pasar Bunga Sekar Mulyo, khas Sidomulyo

pasar bunga~~~ via http://www.google.com

Pasar Bunga Sekar Mulyo berlokasi di Jalan Raya Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur. Berbagai bunga dapat kamu temukan di sini, seperti bunga mawar, wali songo, ringin putih, sakura, cemara, anggrek, krisan, lavender, bamboo air, dan bibit-bibit buah misalnya jambu, jeruk, sirsak, dan lain sebagainya. Semua itu dipasok dari para petani bunga dan buah di Desa Sidomulyo.

Advertisement

Tidak hanya membeli bunga, wisatawan juga dapat belajar cara merawat dan budidaya bunga, seperti stek, cangkok, dan lain-lain.

Fasilitas lain yang tersedia di antaranya pemandu. Petani-petani bunga di sini akan dengan senang hati memandu para wisatawan, tentunya secara gratis. Untuk mengetahui jenis bunga apa saja yang ada di Desa Sidomulyo, wisatawan cukup datang ke Sub Terminal Agribisnis (STA) yang ada di desa tersebut. Di STA itu terdapat contoh aneka bunga yang ditanam oleh petani Desa Sidomulyo.

3. Setelah puas melihat bunga, kamu bisa memetik apel langsung dari pohonnya di Wisata Petik Apel Agro Rakyat

metik apel, kuy! via http://www.google.com

Nah, setelah melihat berbagai jenis bunga dan cara budidayanya. Kamu bisa beralih mengunjungi Wisata Petik Apel Agro Rakyat. Sebelum menuju ke lokasi petik apel, kamu terlebih dahulu harus menuju ke Rest Area Desa Sidomulyo yang berada di Jalan Raya Desa Sidomulyo. Di sana, kamu akan bertemu dengan pengurusnya, yaitu Pak Yanto. Awalnya, kamu harus membayar Rp 25.000/orang untuk tiketnya. Setelah selesai, Pak Yanto akan meminta timnya untuk memandumu menuju lokasi Petik Apel. Dari Rest Area ke Wisata Petik Apel, diperlukan waktu minimal 10-15 menit.

Advertisement

Setelah tiba di lokasi, kamu akan diberi pengarahan oleh tim mengenai wisata petik apel tersebut. Nah, kamu juga akan mendapat satu kantong plastik yang bisa digunakan sebagai wadah apel hasil petikanmu nanti. Untuk 1 kg apel hasil petikan, dihargai Rp 30.000 (Agak mahal, ya? Karena memang saat ini sedang musim pancaroba, jadi pohon apelnya susah dirawat). Tenang, kalau kamu tidak mau membawa apel itu pulang, kamu bisa makan apel-apel itu di tempat, sepuasnya.

Wisata petik apel ini lokasinya berpindah-pindah, tergantung jenis apel mana yang sudah bisa dipetik dahulu. Di Wisata Petik Apel Agro Rakyat itu sendiri terdapat 3 jenis apel, yaitu Apel Ana, Apel Manalagi, dan Apel Wanglin. Semua apel-apel tersebut dibudidayakan oleh para petani daerah setempat.

Nah, bagaimana? Sudahkah kamu ingin mencoba memetik apel di sana?

4. Pasar Bunga sudah. Petik apel juga sudah. Sekarang, saatnya mencoba Tubing!

Tubing, yuk, Mas! via http://www.google.com

Arung jeram? Ah, itu sudah biasa. Sekarang coba, deh, untuk ber-tubing ria bersama keluarga atau teman-teman. Nah, di Desa Sidomulyo ini, kamu juga bisa berwisata tubing, loh! Tubing di sini dilakukan di aliran Sungai Brantas. Desa Sidomulyo sendiri, bukan dijadikan sebagai post utama tubing, melainkan sebagai lokasi lintasan tubing.

Namun, bagaimanapun itu pastinya tetap seru, dong, ya?

Jadi… kapan kamu ke Sidomulyo? Kapan ajak pacarmu buat tubing bareng? Kapan?

5. Nah, terakhir, nih. Setelah lelah berwisata, saatnya kamu istirahat sambil wisata kuliner di Waroeng Pring Pethuk!

warung idaman~ via http://www.google.com

Kalau lelah, ya istirahat, dong. Istirahat yang cocok? Ya, di Waroeng Pring Pethuk! Di sana, kamu akan disuguhi nuansa khas alam. Dengan kolam-kolam ikan, tempat pemancingan, taman bermain anak, arena tunggang kuda, dan pastinya warung lesehan. Dijamin, ketika sudah berada di sana, kamu yang anak instagram pasti malas pulang. Inginnya foto-foto terus, deh!

Jadi, gimana? Mau ke sana? Mau mancing ikan sekaligus makan-makan? Yuk, ah, langsung aja!

Nah, itu tadi beberapa lokasi wisata yang dapat kunjungi kalau kamu datang ke Desa Sidomulyo. Desa bunga yang penuh dengan pilihan destinasi seru. Jadi, jangan duluan berpikir bahwa di desa hanya ada sawah dan kebo aja. Di Desa Sidomulyo, kamu bisa dapatkan tempat-tempat wisata seru dan juga bertemu dengan warganya yang juga ramah banget. So… beneran, nih, gak pengen ke Desa Sidomulyo? Beneran gak pengen ke Desa Bunga itu? Awas, loh, kalau gak ke sana, bisa-bisa kamu gak ketemu bunga desanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya