Apakah kamu memiliki jenis kulit berminyak? Jika iya tentu saja sangat bermasalah bukan memiliki jenis kulit yang berminyak, pasti kamu akan risih jika wajahmu oily banget, ngerasa minder atau nggak pede itu pasti. Tapi tenang saja, sekarang banyak cara untuk mengatasi jenis kulit berminyakmu. Dengan cara dirawat dan dijaga pastinya dapat mengurangi wajah berminyak kamu. Yuk kita lihat apa aja sih tips untuk merawat kulit berminyakmu di bawah ini:

1. Facial wash untuk kulit berminyak

Facial wash

Facial wash via http://salamati.ir

Yaps! Dengan menggunakan facial wash atau pembersih muka khusus untuk kulit berminyak tentunya akan mengurangi intensitas oil pada kulit wajah. Biasanya facial wash untuk tipe kulit berminyak pasti akan ada oil controlnya, nah itu dapat membantu kulit wajahmu bebas dari kulit berminyak. Untuk tipsnya jangan terlalu sering cuci muka ya guys, cuci muka terlalu sering tidak menjamin kulit kalian akan terbebas dari oil di wajah kalian, itu malah akan membuat produksi minyak di wajah kalian bertambah. Tips lainnya, menggunakan facial wash yang ada scrubnya juga sangat membantu untuk mengurangi oil di wajah kalian. Caranya, usapkan secara perlahan-lahan di wajah kalian dan jangan terlalu kasar karena akan membuat kulit sedikit sakit.

2. Menggunakan es batu

Mengompres muka dengan es batu

Mengompres muka dengan es batu via https://www.google.co.id

Kenapa menggunakan es batu? Pasti kalian bertanya tanya, yups! Itu tips yang harus dilakukan 2 kali setiap hari, di pagi dan malam hari. Kenapa? Karena es batu dapat membantu menutup pori-pori wajah yang besar, dan pastinya dengan rutin mengompres muka dengan menggunkan es bantu pori-pori wajah kalian akan mengecil. Keuntungan lainnya jika kalian rutin mengompres wajah dengan menggunakan es batu, selain mengurangi intensitas oil di wajah tentunya juga dapat terhindar dari jerawat.

Advertisement

Nah, banyak juga kan manfaat dari mengompres muka dengan menggunakan es batu. Caranya, jika kalian tahan dengan dinginnya es batu bisa langsung kalian usapkan ke wajah dengan sedikit ditekan. Tetapi jika tidak tahan dengan dinginnya es batu, kalian bisa menaruh es batu tersebut di dalam kain bersih yang kemudian diusapkan ke wajah. Cukup gampang bukan, selamat mencoba!

3. Masker wajah

Masker wajah

Masker wajah via https://www.google.co.id

Menggunkan masker wajah juga dapat membantu mengurangi oil di wajah kalian loh, dengan menggunakan masker 2 kali seminggu itu sudah cukup untuk mengurangi intensitas oil yang diproduksi di wajah kalian. Baik masker yang berbentuk clay, scrub, atau serbuk yang diseduh dengan menggunakan air, sangat membantu dan sama-sama bermanfaat untuk merawat kulit wajah kalian. Diamkan masker di wajah kalian 10-15 menit, tergantung dari sudah kering atau tidaknya masker tersebut, kemudian bersihkan dengan air hangat dan dilanjutkan dengan mencuci muka dengan facil wash yang sering kalian gunakan.

4. Moisturizer

Moisturizer

Moisturizer via https://www.google.co.id

Nah, moisturizer sangat membantu menjaga kelembapan kulit wajah kalian loh guys. Selain pelembab, moisturizer juga sangat membantu kesehatan kulit kalian. Kalian bisa beli dan pilih moisturizer yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit kalian masing-masing. Disarankan membeli moisturizer yang travel size ya guys, agar jika tidak cocok tidak terlalu membuang-buang moisturizer tersebut dan tentunya lebih irit.

Advertisement

Cara menggunakannya gampang banget, sehabis kalian membersihkan wajah dengan facial wash, kalian bisa menggunakan toner wajah terlebih dahulu, kemudian barulah menggunakan moisturizer yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pelembab.

5. Pelembab

Pelembab sama halnya untuk melembabkan kulit wajah kalian, pelembab juga berguna untuk melapisi wajah sebelum menggunakan berbagai produk make up. Pelembab sangat membantu mengurangi oil di wajah kalian.

Nah, ada banyak tips kan untuk mengurangi oil di wajah kalian guys. Sekarang tidak perlu risau kan jika kalian memiliki jenis kulit berminyak, karena banyak cara agar minyak di kulit wajah kalian berkurang sedikit demi sedikit. Ingat cara yang alami akan membuat wajah kalian sehat walaupun prosesnya akan memakan waktu yang sangat lama. Selamat mencoba guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya