Buat orang nggak enakan, menolak sebuah permintaan adalah hal tersulit dalam hidupnya. Kalau di-iyain nanti tanggung jawabmu yang akan terganggu. Tapi kalau ditolak, ah nggak enak sama yang minta bantuan. Ujung-ujungnya kamu akan mengiyakan semua permintaan dari mereka. Bagimu kata “nggak” seakan tabu untuk dikatakan. Makanya untuk orang nggak enakan sepertimu, perlu untuk sekali-kali mencoba belajar untuk mengatakan “nggak” agar kamu jadi punya pendirian.

Nah di bawah ini ada pilihan kalimat yang bisa kamu gunakan untuk berlatih berkata “nggak” untuk mereka. Bagi orang nggak enakan sepertimu patut nih dicoba!

1. “Aku mau bantuin, tapi bulan depan ya! Abis kerjaanku selesai,”

Tunggu sebulan lagi ya? Eh, dua bulan lagi sih~ via www.unsplash.com

Advertisement

Kalau ada yang minta bantuan kepadamu tapi kerjaanmu belum selesai, jawab aja pakai tenggang waktu. Sebutkan saja tenggang waktu sampai kerjaanmu benar-benar selesai. Sebulan, dua bulan atau sampai kamu naik jabatan juga nggak apa-apa dicoba. Yang penting intinya kamu masih mau bantu. Hanya saja setelah semua pekerjaanmu selesai.

2. “Coba deh kamu kerjain dulu. Kalau nemu jalan buntu, baru deh hubungi aku,”

Coba dulu deh~ via www.unsplash.com

Kadang ada tipe-tipe rekan kerja yang minta bantuan tapi malah pada akhirnya kamu yang ngerjain tugasnya. Ya gara-gara nggak enak itu. Kalau sekarang, coba deh minta dia untuk mengerjakannya dulu. Minta dia berusaha untuk mengerjakan, baru setelah benar-benar kepentok dan nggak nemu jalan penyelesaiannya, dia boleh minta bantuanmu.

3. “Nggak dulu deh, daripada buat jajan gituan mending duitnya buat jalan-jalan,”

Mending buat jalan-jalan via www.unsplash.com

Ada juga tipe temanmu yang selalu ngajakin ke tempat-tempat nongkrong baru. Kalau dulu kamu selalu bilang iya dan iya, kini coba untuk menolaknya secara halus ya? Coba deh bilang kalau kamu lagi hemat karena pengin jalan-jalan. Daripada duitnya habis buat makanan doang, mending dibuat pergi jalan-jalan.

4. “Maksa orang itu nggak baik lho. Kamu nggak mau ‘kan kalau dipaksa juga?”

Kamu mau dipaksa juga nggak nih? via www.unsplash.com

Advertisement

Butuh keberanian sih untuk mengatakan hal ini. Tapi perlu kamu coba sekali-kali biar mereka yang tukang paksa pada sadar. Bahwa memaksakan kehendak pada orang lain itu nggak baik. Bilang deh ke mereka gimana kalau seandainya kamu yang maksa mereka untuk melakukan sesuatu? Pasti ‘kan mereka pada nggak mau.

5. “Bukannya nggak mau gabung, tapi emang aku nggak bisa dekat-dekat sama asap rokok,”

Nggak bisa deket-deket asep rokok, Sist 🙁 via www.unsplash.com

Kamu sering diajakin nongkrong ke tempat-tempat yang banyak asap rokoknya seperti club atau tempat karaokean. Kalau kamu benar-benar nggak bisa menghirup asap rokok, ya tolak aja. Toh ini menyangkut kesehatanmu juga ‘kan? Bilang aja kalau kamu benar-benar nggak bisa dekat-dekat sama asap rokok.

6. “Kayaknya lebih cepat kalo dikerjain pakai cara ini deh,”

Lebih cepet gini~ via www.unsplash.com

Jadi orang nggak enakan tuh serba salah. Selain tak kuasa bilang “nggak”, kamu juga tak kuasa buat menolak. Ada aja yang memanfaatkan nggak enakannya kamu ini untuk memaksa kepentingan mereka. Kalau kamu benar-benar muak dipaksa, coba beberkan saja sederet fakta biar mereka nggak terus-terusan memaksamu.

Lebih enak pakai Adobe Ilustrator. Kalau pake Photoshop formatnya harus diubah dua kali. ‘Kan boros waktu. Iya ngga?

7. “Targetku bulan ini aja belum kelar, jadi nggak berani buat ikut bolos-bolosan,”

Mau bantu tapi…targetku belom kelar nih via www.unsplash.com

Ada aja yang terus-terusan memanfaatkan sifat nggak enakanmu ini. Salah satunya dengan mengajakmu bolos atau cabut duluan dari kantor sebelum jam kerja selesai. Kalau kamu nggak mau ikutan bolos juga, bilang aja dengan sesuatu yang menyangkut target kerjaan. Pasti deh mereka pada nggak berani memaksamu karena berkaitan dengan bos besar.

8. “Wah, kalau laptopku masih nyala aku mau ikut bantu. Tapi gimana lagi, udah terlanjur mati,”

Udah siap-siap mau pulang nih. Maaf ya~ via www.unsplash.com

Ada juga yang meminta bantuanmu pas kamu udah siap mau pulang kerja. Nyebelin sih, tapi sebagai orang nggak enakan, kamu bimbang juga. Bantuin atau nggak menjadi dilemma tersendiri bagimu. Namun kalau kamu benar-benar masih ada hal penting lain untuk segera dikerjakan, ya bilang aja pakai pengandaian yang tersirat kata “nggak” di dalamnya.

9. “Coba kamu tanya yang lain dulu. Aku masih butuh fokus buat kerjaanku,”

Nanya yang lain dulu ya? via www.unsplash.com

Pernah nggak sih waktu kamu lagi fokus-fokusnya ngerjan sesuatu, temanmu tiba-tiba nyerobot minta tolong akan sesuatu? Konsentrasimu pun seketika hilang dan kamu merasa kesal dibuatnya. Tambah kesal lagi kalau dia minta tolongnya maksa. Duh, kalau kayak gini kamu bisa menolaknya secara halus dengan kalimat tersebut.

10. “Iya bagus sih bajunya. Tapi harganya bisa buat bayar kostan dua bulan hehe,”

Waduh, dua kali harga kosan hehe via www.unsplash.com

Punya teman yang jualan baju tapi sering maksa?

Pasti ada aja momen di mana kamu niatnya hanya lihat-lihat aja tapi akhirnya beli karena nggak enak sama dia. Kalau kayak gini ‘kan keuanganmu bisa bahaya. Nah, untuk menghindari belanja yang tidak direncanakan karena kamu nggak enakan seperti ini, bilang saja sesuatu yang realistis. Seperti harga barangnya yang kemahalan misalnya.

Jadi orang nggak enak memang penuh tantangan. Mau bilang ya tapi kerjaan masih numpuk, mau nolak tapi pasti panjang urusannya. Orang nggak enakan sepertimu perlu nih untuk sesekali menolak permintaan-permintaan mereka. Tak perlu langsung bilang nggak mau, namun bisa kamu ganti dengan kalimat penolakan halus seperti di atas. Selamat mencoba ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya