Seiring bertambahnya usia seseorang harus dibarengi dengan kematangan diri. Kepribadianmu harus semakin matang dan berbudi, baik dalam berpikir maupun bertindak sebab bagaimanpun juga kualitasmu sebagai seorang manusia ternilai dari sana. Salah satu cara untuk membentuk kepribadian adalah dengan selalu berbuat baik bagi sesama.

Berbuat baik terhadap sesama sejatinya nggak selesai hanya dengan memberi sedekah untuk pengemis di depan supermarket atau membeli dagangan nenek-kakek lanjut usia saja. Berbuat baik harus selalu dilakukan setiap waktu. Namun ada satu cara berbagi yang barangkali bisa membawa pengaruh baik bagi kepribadianmu, yaitu dengan cara menjadi relawan. Banyak hal yang akan kamu dapat dari sana, inilah beberapa di antaranya.

1. Menjadi relawan membuka matamu akan dunia ini sebenarnya sedang tidak baik-baik saja. Semoga ini bisa mencegahmu melakukan hal-hal yang merusak lingkungan

Dunia ini sedang tidak baik-baik saja via zakat.or.id

Advertisement

Banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, kelaparan dan lain-lain semuanya adalah bencana alam. Namun nggak bisa dipungkiri ada campur tangan manusia dibaliknya. Banjir karena selokan tersumbat sampah, longsor karena tidak ada akar yang mengikat tanah setelah pohon ditebangi, kebakaran hutan mungkin karena sembarangan buang rokok.

Dengan menjadi relawan, kamu bisa melihat langsung bagaimana nasib korban, kerusakan yang terjadi, dan betapa mengerikannya hal lain yang disebabkan oleh keteledoran manusia. Harapannya matamu lebih terbuka dan peka agar nggak sembarangan lagi dalam bertindak, agar lebih peduli terhadap lingkungan.

2. Rasa pedulimu terhadap sesama juga akan terpupuk kala menjadi relawan. Cocok buat kamu yang sejak kecil hidup di perkotaan

Memupuk kepedulian via share.america.gov

Menjadi relawan juga bisa membangkitkan kepekaanmu terhadap sesama bahwa banyak orang yang kurang beruntung yang mesti dipedulikan. Rutinitas kuliah atau bekerja di kota besar yang penduduknya kebanyakan individualis secara nggak sadar bisa membuat kepedulian dalam diri luntur. Nah dengan menjadi relawan, kamu bisa membangkitkan lagi rasa kepedulianmu itu.

3. Menjadi relawan akan mengejarkanmu pelajaran kehidupan yang meski sepele namun sering luput dilakukan yaitu bersyukur

Bersyukur via www.pexels.com

Advertisement

Melihat kerusakan, kelaparan, ketakuran dan kesedihan di mana-mana seringkali membuat orang merasa iba untuk membantu. Terpujilah kamu yang sudah terketuk pintu hatinya untuk menolong. Tenaga dan waktu yang kamu korbankan untuk menjadi relawan, setimpal dengan balasan yang akan kamu terima; yaitu sebuah peringatan untuk selalu bersyukur dengan segala kondisi yang kamu alami kini. Kamu yang masih mengeluh karena hal sepele akan terketuk melihat kenyataan yang para korban terima. Dari situ kamu akan seketika bersyukur.

4. Jadi relawan juga menjanjikan keseruan sebab di sana kamu akan bertemu teman baru dari berbagai macam latar belakang. otomatis linkmu bertambah dari sini

Banyak teman baru via marshalltown.unitypoint.org

Alasan lain yang wajib kamu pertimbangkan saat kamu menjadi relawan adalah kamu bisa mendapatkan teman bahkan keluarga baru di lokasi. Kamu bisa bertemu orang dari mana saja dan bisa bertukar momen dan cerita. Bukan nggak mungikin ada pintu rezeki yang terbuka dari sana. Kamu menolong orang kemudian mendapatkan link baru pertemanan. Sungguh nikmat mana lagi yang kamu dustakan.

5. Menjadi relawan juga bisa membawamu mengunjungi tempat-tempat baru dan di sana kamu dapat belajar kebudayaan-kebudayaan baru

Mengunjungi tempat baru via www.instagram.com

Banyak program kemanusiaan yang berfokus pada tempat-tempat yang terpencil, yang biasanya kualitas pendidikannya minim. Nah di sinilah letak keseruannya, kamu yang mendaftar program kemanusiaan bisa berkunjung ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Sembari berbagi kepada warga sana, kamu bisa sekaligus mempelajari kebudayaan dan jalan-jalan ke tempat yang bagus pemandangannya.

6. Menolong sesama penting untuk kesehatan rohanimu. Sebab membuat bahagia sesama konon bisa menularkan kebahagiaan kepadamu juga

Bahagia via www.instagram.com

Berbagai penelitian telah mengemukakan bahwa menolong orang bisa meningkatkan kebahagiaan diri. Contoh sederhananya saja saat kamu menolong temanmu, meski kamu kerepotan namun kamu tetap saja melakukannya. Sebab ada rasa senang dan lega sendiri karena masih bisa berguna bagi sesama. Berbagi atau menolong sedikit bisa membuat kesehatan rohanimu meningkat.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu mesti menjadi relawan seenggaknya sekali seumur hidup, selain karena banyak manfaatnya juga bisa membentuk kepribadianmu. Kamu bisa menjadi seseorang yang lebih peduli dan sering bersyukur karena kamu sering menolong orang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya