Banyak hal besar yang akan terjadi dalam hidupmu pada usia 23 tahun. Usia 23 adalah fase di mana kamu dihadapkan dengan berbagai macam pilihan-pilihan yang berpengaruh untuk hidupmu di masa mendatang. Sebut saja pilihan untuk melanjutkan kuliah atau bekerja, tetap merantau atau balik kampung, menikah muda atau menundanya, dan lain sebagainya.

Banyaknya hal besar yang akan terjadi membuatmu harus tepat menentukan pilihan pada waktunya nanti. Masa muda memang selalu identik dengan mimpi dan cita-cita untuk diwujudkan, tapi sejatinya nggak semua harus kamu wujudkan. Kamu perlu menahan diri dan membiarkan hidupmu mengalir saja dengan sendirinya. Inilah 6 hal yang nggak perlu buru-buru kamu lakukan di usia 23.

1. Kalau belum mampu meneruskan S2, ya tak perlu memaksakan diri, toh di usia ini yang perlu dilakukan cukup punya penghasilan sendiri

Bekerja via www.unsplash.com

Advertisement

Di usia 23 tahun kamu akan dihadapkan kepada kegalauan ingin meneruskan kuliah atau bekerja. Masalahnya terletak kepada biaya sebab nggak mungkin kan kamu mau merepotkan orang tuamu lagi? Ingat sudah 12 tahun mereka telah membiayaimu.

Bekal ilmumu sudah cukup, alangkah baiknya jika kamu menari penghasilan sendiri terlebih dahulu. Pertama; untuk kebutuhan hidupmu sehari-hari, kedua; untuk membiayai studimu jika ingin meneruskan lagi.

2. Menahan diri untuk bersenang-senang itu perlu. Terlebih jika kamu punya tanggung jawab membantu orangtuamu

Membiayai adik via www.unsplash.com

Selepas lulus, beberapa dari kamu pasti memiliki keinginan untuk bersenag-senang terlebih dahulu untuk membalas kejenuhan kuliah dan melunaskan wacana liburan yang tertunda.

Advertisement

Tapi ada hal yang agaknya lebih penting dari itu, yaitu membantu orang tua membiayai studi adikmu. Sudah menjadi tanggung jawabmu untuk mengurusi adikmu. Maka dari itu kamu agaknya perlu meredam keinginanmu untuk sekali lagi.

3. Sesekali kamu bisa menikmati hasil kerjamu untuk jalan-jalan, tapi ingat juga kemampuan keunganmu

Jelajahi Indonesia dulu via cocaine70s.wordpress.com

Sebagaian dari kamu juga pasti pernah punya keinginan untuk traveling ke luar negeri karena sudah bosan 23 tahun hidup di Indonesia terus. Tapi coba deh kamu pikir lagi? Biaya ke luar negeri nggak sedikit, ingat adikmu masih sekolah dan orang tuamu menjelang pensiun.  Mendingan kamu jelajahi Indonesia dahulu yang lebih murah. Jangan khawatir, di Indonesia banyak tempat wisata yang keren-keren kok.

4. Kamu juga nggak perlu terlalu buru-buru mengejar sukses di karirmu. Pelan-pelan dan nikmati setiap prosesnya

Nanti stres via www.pexels.com

Di usia 23an, sejatinya kamu nggak perlu buru-buru untuk meraih karir yang cemerlang. Jangan memaksakan diri untuk melakukan apa saja demi berada di puncak. Kamu masih muda dan juga kamu baru saja memasuki dunia kerja. Salah-salah nanti kamu stres karena terlalu ambisius dan terlalu sibuk bekerja. Nikmati saja prosesnya, sukses sudah ada yang mengatur kok.

5. Populer di usia muda mungkin keren. Tapi kalau ditempuh dengan cara-cara yang kontroversi, bukankah tak elegan?

Sensasi demi populer via www.youtube.com

Menjadi populer menjadi fenomena yang menarik di zaman sekarang. Bertolak dari ingar-bingar media sosial banyak orang (utamanya anak muda) yang ingin menjadi terkenal. Namun sayangnya, yang ditempuh seringkali jalan pintas. Mereka lebih memilih untuk melakukan hal yang kontroversi; mencari sensasi demi popularitas.

Mereka hanya memikirkan popularitas semata dalam melakukan berbagai hal dan mengesampingkan dampak yang ditimbulkan dari yang mereka lakukan. Contohnya adalah seleb-seleb yang sering kamu lihat di Youtube atau Instagram.

6. Nggak perlu buru-buru menikah hanya karena teman-teman sudah duluan. Toh menikah bukan lomba yang menuntutmu ada posisi nomor satu

Nikah bukan perlombaan via www.pexels.com

Utamanya cewek, pada usia 23an kamu pasti akan dihadapkan dengan keinginan untuk menikah. Biasanya dipengaruhi oleh undangan nikah teman yang silih berganti diantar ke rumah. Ini jelas keliru, menikah adalah keputusan besar yang mana butuh pertimbangan dan kesiapan mental yang matang –nggak baik jika hanya didasarkan pada iri melihat teman-teman semata.

Itulah beberapa hal yang nggak perlu buru-buru kamu lakukan saat usiamu menginjak 23 tahun. Dalam hidup terkadang kamu mesti menahan diri, nggak semuanya harus kamu kejar saat ini juga. Kamu mesti paham prioritas, salah-salah nanti malah keinginanmu nggak terlaksana semuanya karena kamu nggak fokus dalam mewujudkannya. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya