Melihat teman melangkah bahagia menuju pelaminan, mengikat cinta suci bersama pasangan untuk selamanya adalah kebahagiaan. Tapi ada kalanya itu buatmu galau sendiri. Jujur sepintas rasa iri karena ingin segera dipersunting hadir di perasaan dan pikiranmu. Kegalauan tak berhenti sampai di situ, kadang hal ini juga membuat segala pekerjaan tertunda. Kalau kegalauan malah merusak produktifitas kan tak baik jadinya.

Kamu yang punya pengalaman ini pasti sudah paham rasa galau yang pernah hinggap di hatimu. Kalian yang belum pernah merasakannya, siapkan diri, jangan sampai terlampau iri dan malah merusak suasana hatimu. Takutnya, kalau sampai takut berlebihan seperti ini malah kamu nggak berpikir jernih ke depannya. Nikah nggak gampang, temanmu yang menikah juga sudah menyiapkan banyak hal jauh sebelum hari pernikahannya tiba. Biar nggak galau-galau banget mending resapi beberapa hal di bawah ini.

1. Kalau memang kamu sudah kebelet Nikah, ya siapkan dari sekarang seperti menabung untuk biayanya

Daripada galau nggak tertolong, baiknya menabung buat persiapan nikah via unsplash.com

Advertisement

Kalau berdiam diri dan larut dalam kegalauan yakin deh nggak akan mengubah apapun. Kalau kamu pun ingin dan merasa perlu untuk segera menikah, bicarakan lah baik-baik dengan pasangan. Lakukan usaha nyata, menabung dan siapkan segala sesuatu biar nanti nggak kaget saat hari pernikahan datang.

2. Dekati pasangan, nyatakan kalau kamu sudah siap untuk menikah, usahakan kali ini kamu dan dia benar-benar serius membicaraknnya

Seriusi hubungan, jangan larut dalam kegalauanmu via unsplash.com

Terkadang kegalauan juga karena kamu dan pasangan nggak pernah serius untuk melangkah ke pelaminan. Komitmen yang lemah dan terlalu nyaman dengan gaya pacaran senang-senang bisa bikin kalian luput dari ritus spesial ini. Lain halnya kalau misal kamu dan pasangan sudah dari awal punya komitmen kuat untuk menikah, pasti semua jadi cepat dan menikah bukan lagi sebuah khayalan.

3. Kalau kamu masih jomblo, tak perlu bersedih. Jodoh akan datang setelah usahamu berbenah dan memantaskan diri selesai

Berusaha lebih keras, bersabar dan jangan over galau deh … semangat … via unsplash.com

Teman-teman sudah pada nikah, teman-teman sudah punya pacar dan kamu masih asyik sendiri. Nggak perlu takut, selama kamu berusaha, namanya jodoh pasti datang. Tuhan pasti memberi kasihnya karena usahamu. Sekarang kamu nilai dirimu, apa kamu sudah berusaha untuk mencari jodoh, jangan-jangan kamu hanya duduk terdiam menanti?

4. Menyibukkan diri dengan banyak kegiatan atau kerjaan, biar perhatian dan pikiranmu teralihkan

Sibukkan dirimu dengan hal yang lebih produktif. via unsplash.com

Advertisement

Banyak yang mungkin dikerjakan daripada menekuri teman-teman yang semakin hari semakin banyak yang menikah. Pacarmu yang masih asyik seru-seruan bareng teman dan pekerjaan tak bisa disalahkan, dia memang lagi sibuk dan belum terpikir untuk segera menikah. Daripada kamu terus galau, lupakan saja sambutlah hari ini dengan kesibukkan yang bikin kamu kembali produktif.

5. Daripada tenagamu terkuras karena galau, baiknya ambil waktu buat liburan bersama teman yang bernasib sama

Plesiran bareng sahabat terbaik yang bernasib nggak jauh beda denganmu. via unsplash.com

Kamu nggak sendirian, teman-temanmu juga punya kegalauan yang sama. Baiknya kamu ambil waktu untuk liburan, ajak semua teman-temanmu buat asyik-asyikan, saling curhat dan melepas beban. Kalau kamu punya waktu berharga begini, pasti kamu dapat solusi dari teman atau paling tidak dengan liburan ke luar kota, kamu bisa sejenak melupakan kegelisahan dengan keindahan alam dan segala kesegarannya.

6. Galau karena usahamu untuk segera menikah juga gagal? Terus berusaha dan berdoa, percaya Tuhan mendengar

Berdoa dengan rajin, usahamu makin ringan deh via unsplash.com

Kamu sudah terus-terusan berusaha, dari menabung sampai meminta restu dari orangtua. Nyatanya usahamu masih saja dipersulit dengan berbagai keadaan. Saat kamu merasa seperti berjuang sendirian, jangan lupa untuk selalu berdoa. Curahkan semua perasaan dan beban berat di pundakmu itu kepada Tuhan. Jangan galau melulu, kamu butuh ketenangan batin agar semua usahamu jadi lebih ringan.

Kalau kamu masih saja galau, kebelet nikah tapi minim biaya atau tak dapat restu, jangan dulu menyerah. Banyak orang di sana yang mengalami hal yang sama, atau mungkin ternyata temanmu yang barusan menikah itu punya kendala yang sama sepertimu. Jadi, jangan anggap semua masalah ini hanya terjadi padamu. Buka pikiran dan terima masukkan dari kawan, biar galau hilang dan solusi tepat juga bisa kamu dapatkan. Jangan galau ya, temanmu sedang bahagia kok malah kamu galau?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya