Film Untuk Menyemangatimu

Tiap orang butuh penyemangat untuk menjalani hidupnya. Sementara hidup yang keras acapkali melunturkan semangat hidup seseorang. Dan untuk mengembalikan semangat hidupnya terkadang perlu adanya stimulan dari luar, entah itu dari orang lain atau sesuatu hal seperti film.

Tak cuma jadi media untuk melepaskan penat, film pun bisa memberikan pengaruh positif bagi kita semua. Nggak jarang semangat diri kita kembali menyala setelah mendapatkan inspirasi dari pesan moral film yang ditonton. Nah berikut ini, beberapa film yang bisa kamu jadikan penyemangat untuk sukses dalam kehidupan.

1. Belajar terus menyalahkan harapan dari Pursuit of Happyness, meski cobaan hidup kadang bikin mules

Advertisement

Karena masalah finansial, Chris beserta anak ditinggalkan oleh istrinya. Dalam keadaan putus asa, Chris mencoba peruntungan dengan berkarier sebagai pialang saham. Chris menerima tawaran magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang. Chris mulai kehabisan uang, sampai akhirnya diusir dari rumah sewanya dan jadi gelandangan. Kemiskinan ini semakin mendorong tekad Chris untuk bekerja dengan giat demi mendapatkan pekerjaan. Di akhir cerita, Chris berhasil mendirikan perusahaan pialang sendiri dan sukses.

The Pursuit of Happyness adalah film yang diangkat dari kisah nyata lainnya yang berhasil membuktikan bahwa harapan tak boleh mati. Sesulit apapun hidup, apabila kita mau berusaha pasti akan ada jalan yang terbuka.

2. Tak perlu jauh-jauh mencari sosok inspirasi dalam mengejar mimpi. Kamu masih ingat film Habibie dan Ainun kan? Ada Pak Habibie yang uletnya setengah mati

Reza Rahadian via life.idntimes.com

Habibie & Ainun adalah film yang diangkat dari kisah nyata. Film ini mengisahkan tentang hidup Bacharuddin Jusuf Habibie. Habibie seorang genius di bidang teknologi punya impian besar, berbakti kepada tanah airnya dengan membuat pesawat terbang untuk menyatukan Indonesia dan membuat bangsa ini disegani oleh bangsa lainnya. Di balik kisah cinta Habibie dan Ainun yang mampu membuat setiap pasangan cemburu. Film ini pun memperlihatkan perjuangan keras Habibie dalam mengejar impiannya.

3. Tak hanya arti hidup, Forrest Gump (1994) juga mengingatkanmu untuk terus bersyukur

Tom Hanks via www.kompasiana.com

Advertisement

Forrest Gump berkisah tentang seorang anak yang memiliki keterbelakangan mental. Pada waktu kecil, selain idiot Forrest juga mengalami kesulitan berjalan. Forrest kemudian terpaksa menggunakan penyangga kaki untuk bisa berjalan. Atas kekurangan-kekurangannya inilah Forrest selalu menerima bullying dari teman-temannya. Namun, ada satu teman kecilnya yang mau menerima Forrest apa adanya, baik sebagai teman main atau pasangan hidup. Perempuan itu bernama Jenny.

Menonton film ini, kita dipaksa menyelami kembali pertanyaan tentang apakah arti hidup. Kita juga dituntun untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

4. Dari The Billionaire (2011), kamu tak hanya kembali belajar sikap pantang menyerah, tapi juga bagamana merintis usaha

Snack rumput laut via www.kompasiana.com

The Billionaire menceritakan tentang perjuangan pemuda Thailand berusia 26 tahun, Aithipat “Top Ittipat” Kulapongvanich. Perjuangan kerasnya untuk mewujudkan mimpinya menjadi pengusaha akhirnya terbayar lunas. Dia akhir cerita dia menjadi juragan snack rumput laut terlaris di Thailand yang berpenghasilan 800 juta Baht (2,4 Triliun rupiah) per tahun dan mempunyai 2.000 karyawan seperti saat ini.

Film ini sangat inspiratif, penuh dengan petuah-petuah hebat tentang perjuangan tidak kenal menyerah dan sedikit informasi tentang bisnis dan bagaimana memasarkan daganganmu di supermarket.

5. Biar tak lari dari masalah dan tak sering mengeluhkannya, The King’s Speech salah satu film yang harus kamu tonton dengan seksama

Raja pidato via moviegasm.wordpress.com

The King’s Speech mengisahkan tentang perjuangan Raja George VI (ayah dari ratu Elizabeth II) dalam mengatasi kesulitan berbicara di depan umum atau berpidato dalam persiapannya menjadi raja.
Setelahnya, pangeran mencoba beberapa perawatan. Alih-alih berhasil, malah tidak berhasil hingga sempat membuatnya menyerah. Akhirnya, setelah bertemu Lionel Logue (Geoffrey Rush), terapis public speaking asal Australia. Berkat ketelatenan dan kesabaran Logue, Raja George VI (Colin Firth) berhasil menjadi lebih baik. Film ini mengajarkan kita bahwa setiap orang memiliki masalah yang mesti diatasi sendiri dengan kegigihan dan kesabaran. Jangan pernah berhenti berjuang.

6. Asal ikhlas dan terus berjuang, tak ada kemiskinan yang tak bisa diubah, dan film Laskar Pelangi salah satu contohnya

Kisah nyata Andrea Hirata via montasefilm.com

Laskar Pelangi mengisahkan anak-anak miskin dari kampung di Belitung yang berjuang demi memperoleh pendidikan. Meski sekolahnya penuh dengan keterbatasan, namun hal itu tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap menuntut ilmu dan berprestasi.

Film ini mengajarkan kita makna semangat dan keikhlasan. Meskipun sukar, segala yang dijalani dengan ikhlas akan membawa kebahagiaan bagi kita. Dan kita diajarkan juga bahwa pendidikan adalah salah satu jalan untuk membebaskan kita dari belenggu kemiskinan. Film ini diangkat dari kisah nyata novelisnya, Andrea Hirata.

7. The Imitation Game, film berlatar perang dunia kedua ini meyakinkanmu agar tak terlalu mendengar ucapan tak bermanfaat, dan buktikan kalau dirimu lebih hebat

Bennedict Cumberbatch via thesouloftheplot.wordpress.com

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata kehidupan Alan Turing. Alan Turing adalah merupakan pencetus ide awal dari bentuk komputer. Kisahnya terjadi pada perang dunia ke-2 di mana saat itu Alan didaulat untuk memecahkan kode sandi dari tentara Nazi yakni Enigma.

Sejak saat itulah Alan terobsesi untuk menemukan kunci dari mesin Enigma tersebut. Sekalipun banyak yang meragukan, ditambah stigma buruk kepada kehidupannya seksualnya (homo), Alan tetap tidak menyerah dan terus berusaha menyelesaikan pekerjaannya.

8. Selama masih ada kesempatan beraktivitas dan berkarya, sakit bukan halangan bagi Nash di A Beautiful Mind

Russel Crowe via listennext.com

Beautiful Mind merupakan sebuah film yang kisah dialami oleh ahli matematika John Nash yang berusaha untuk bertahan hidup meskipun dalam keterbatasan. Terlebih Nash juga harus menghadapi penyakit Skizophernia. Tidak banyak yang tahu-menahu mengenai penyakitnya, sebab Nash masih terus beraktifitas.

Nash dengan segala kesulitannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terus mencoba bertahan demi keluarga. Film ini sangat menginspirasi dan memotivasi, selain itu sikap hidup Nash patut diteladani

9. Slumdog Millionaire mengajarkanmu untuk tak terlalu berkecil hati soal tempat asalmu, karena yang penting itu kamu tahu kemana akan melangkah maju

Dev Patel via substreammagazine.com

Slumdog Millionaire menceritakan kisah tentang keberuntungan seorang anak India bernama Jamal Malik yang berasal dari lingkungan kumuh dan menjalani hidup yang keras dan kelam. Orang tuanya jadi korban perang saudara hingga akhirnya dia menjadi salah satu anak jalanan yang dieksploitasi oleh oknum.

Lewat kehidupan Jamal Malik, kita diajarkan bahwa terkadang kamu hanya perlu percaya pada dirimu dan instingmu untuk menggapai cita-cita. Salah satu pesan yang bisa kita petik dari film ini, tidak penting dari mana kamu berasal, yang penting adalah ke mana kamu akan menuju.

Itu dia beberapa film yang menurut Hipwee sangat inspiratif dan bisa memotivasi kita untuk meraih sukses dalam kehidupan. Dari kesepuluh film di atas ini, mana aja yang sudah kamu tonton?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya