Bulan Ramadan jelas sepaket dengan ibadah puasa wajib. Menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu dari subuh sampai adzan maghrib tiba jadi keharusan bagi setiap muslim di seluruh dunia. Mesti berat untuk dijalani, namun banyak ganjaran pahala yang telah dijanjikan Allah SWT untukmu yang giat melaksanakan ibadah kepadaNya.

Dengan segala ganjaran pahala yang dijanjikan, membuat bulan Ramadan sangat sayang untuk dilewati dengan melaksanakan puasa saja. Pada bulan ini, sejatinya banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat Ramadanmu makin berkah. Berikut beberapa hal di antaranya, sederhana tapi bisa jadi ladang pahala.

1. Manfaatkan berkah Ramadan dengan beribadah sebanyak-banyaknya, seperti meluangkan sedikit waktu untuk membaca Al Quran sebentar habis sholat

Baca qur’an dan maknanya via unsplash.com

Advertisement

Tuhan menjanjikan umatnya yang beribadah di bulan Ramadan dengan pahala yang berlipat ganda dari bulan-bulan biasanya. Maka dari itu rugi kiranya jika kamu tidak memanfaatkannya. Nah mumpung Ramadan baru mulai dan lebaran masih lama, baiknya kamu mencari pahala dengan menjalankan ibadah lain, mengaji misalnya.

Coba ingat kapan terakhir kali kamu membaca kitab suci Al Quran? Nah maka dari itu pergunakanlah Ramadan dengan sebaik-baiknya. Mengaji setelah sholat mesti kamu lakukan. Untuk awalan nggak perlu banyak ayat, semampunya saja yang penting rutin dilakukan.

2. Bersedekah juga patut kamu lakukan. Sisihkan sebagian hartamu untuk mereka yang membutuhkan

Indahnya berbagi via unsplash.com

Salah satu makna berpuasa adalah ikut merasakan penderitaan mereka yang kekurangan. Namun di bulan yang spesial ini rasanya merasakan penderitaan mereka dengan berpuasa saja rasanya belumlah cukup. Akan lebih baik jika kamu ikut membantu mereka yang membutuhkan dengan bersedekah.

Advertisement

Sisihkan sebagian hartamu, berikan kepada mereka yang membutuhkan bantuan. Selain berbagi, sedekah juga mensucikan hartamu dari kebatilan yang mungkin secara nggak sadar telah kamu lakukan. Bersedekahlah meski sedikit nominalnya juga tak apa, Insyaallah keberkahan selalu menaungimu hidupmu.

3. Jangan lupa pula jaga keproduktifanmu. Kuliah, mengerjakan tugas, bekerja juga tergolong ibadah yang jadi lumbung pahala untukmu

Harus tetap produktif via unsplash.com

Puasa juga mesti dihabiskan dengan mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Untukmu yang masih kuliah atau sudah bekerja, berpuasa agaknya sedikit menguji aktivitasmu. Namun meskipun begitu, jangan jadikan puasa sebagai penghalang aktivitasmu. Sebaliknya, pergunakanlah puasa sebagai motivasi tambahanmu untuk senantiasa semangat dalam berkuliah atau bekerja. Perlu diingat, berkuliah atau bekerja jika dilakukan dengan ikhlas juga termasuk ibadah. Maka dari itu semakin giat, semakin produktif kamu di bulan puasa niscaya kelimpahan pahala akan selalu menyertaimu.

4. Pada dasarnya puasa nggak cuma menahan lapar dan dahaga, melainkan hawa nafsu salah satunya ya menjaga mulut untuk tidak berkata kotor

Jaga tutur kata via www.pexels.com

Nggak bisa dipungkiri bahwa manusia nggak luput dari perbuatan dosa. Salah satunya disebabkan oleh tutur kata yang tak terjaga; berkata kasar, tak sadar bergosip, menumpat dan lain sebagainya. Puasa jangan disia-siakan dengan hanya menahan lapar dan dahaga saja, melainkan tingkah lakumu juga mesti dijaga. Jangan sampai puasamu sia-sia karena perilakumu bercela. Nah supaya puasamu nggak sia-sia dan dinaungi keberkahan, maka sudah sepatutnya kamu menjaga lisanmu. Kalau nggak bisa berkata yang baik, maka lebih baik diam.

5. Hitung-hitung berbakti, bantu orangtua siapkan menu berbuka. Kalau di rantau, kamu bisa jadi sukarela di masjid terdekat untuk menyiapkan buka bersama

Relawan buka bersama via www.kompasiana.com

Untukmu yang sedang berada di rumah, berbakti kepada orangtua juga bagian dari ibadah. Pun ada baiknya kamu pergunakan momen Ramadan sebagai ajang membangun hubungan ibu dan anak yang harmonis dengan membantu beliau menyiapkan santapan berbuka. Meski sederhana, niscaya ada balasan yang setimpal dari Yang Maha.

Kalau pun kamu sedang tak berada di rumah alias jadi perantau, bakti tersebut bisa kamu gantikan dengan menjadi relawan buka bersama di masjid dekat tempat tinggalmu. Jadilah relawan memberikan pelayanan bagi mereka yang seharian berpuasa demi ibadah terlaksanakan.

6. Daripada batal puasa, rasa lapar di siang hari bisa disiasati dengan tidur saja. Bikin lemas sih tapi yang penting nggak batal puasanya

Tidur adalah ibadah via www.pexels.com

Banyak keberkahan yang diberikan oleh Allah di bulan Ramadan bagi umatnya yang taat menjalankan ibadah. Buat kamu yang tidak kuat untuk menjalankan puasa sambil beraktivitas, tetaplah berpuasa, jangan batalkan puasamu. Kalau tidak kuat, mending dipakai tidur saja sebab, katanya, tidur saat berpuasa juga ibadah.

Tapi meskipun begitu jangan terlalu sering tidur. Sayang-sayang lho waktumu. Bulan Ramadan cuma sekali dalam setahun. Masa iya kamu mau melewatkannya begitu saja dengan bermalas-malasan? Ingat, banyak ganjaran lho buat kamu yang menjalankan ibadah di bulan suci ini.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat Ramadanmu makin berkah. Ramadan adalah bulan suci yang seharusnya disambut dengan penuh suka cita. Mumpung puasa masih lama, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya dengan beribadah sebanyak-banyaknya. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya