Meski tiap orang berbeda, tapi menjadi sukses dan berguna nampaknya mewakili keinginan orang. Nah dua poin inilah yang seringkali memengaruhi suasana hati; saat belum terpenuhi kadang bikin galau bahkan bisa lebih parah lagi seperti merasa hidup nggak berguna.

Memang sih wajar, terlebih buat kamu yang sudah berusia kepala dua. Tapi ini juga nggak bisa disepelekan sebab kalau dibiarkan punya perasaan berkepanjangan bisa berbahaya bagi psikis. Nah bagi kamu yang sedang merasakan hidup nggak berguna, kemaslahatan beranjak. Beberapa hal ini mungkin akan membantumu untuk tersadar bahwa kamu adalah sosok yang istimewa.

1. Kurangi meremehkan diri sendiri. Kamu punya kelebihan yang nggak dimiliki orang lain

Kamu berguna via www.pexels.com

Advertisement

Perasaan nggak berguna ini biasanya muncul karena kamu rendah diri. Setiap orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya. Boleh jadi yang sedang kamu rasakan saat ini karena kamu selalu terfokus sama kekurangan diri sehingga lupa bahwa kamu punya kelebihan. Kurangi meremehkan, jangan terlalu memikirkan kekurangan diri. Percayalah hidupmu akan baik-baik baik saja dengan memaksimalkan kelebihanmu.

2. Membanding pencapaianmu dengan orang lain itu toxic. Kesuksesan orang ada waktunya sendiri-sendiri

Bersyukur via www.unsplash.com

Terlalu sibuk membandingkan diri dengan orang lain juga jadi penyebab kegalauan hidupmu. Melihat teman sepermainan dulu sukses kamu jadi minder. Memang membandingkan itu kadang perlu jika konteksnya sebagai pelecut semangat. Tapi kalau cuma bikin minder doang buat apa?

Kurangi melihat ke orang lain sebab sukses itu ada waktunya sendiri-sendiri. Bukannya rezeki sudah ada yang mengatur? Percaya saja sama yang di atas.

3. Ketahuilah saat kamu sibuk mengutuk kekurangan diri, di luar sana banyak orang yang kagum kepadamu

Chin up via www.unsplash.com

Advertisement

Hidup akan terasa cepat jika kamu hanya habiskan dengan mengutuki diri. Saat kamu sibuk menyesal dan membrengseki keadaan, waktu akan senantiasa berjalan sampai akhirnya kamu menyadari kamu nggak berbuat apa-apa. Kamu telah menyia-nyiakan waktu alias merugi.

Padahal di luar sana banyak orang yang kagum dan bangga kepadamu. Sejatinya kamu istimewa nggak seperti prasangka burukmu selama ini. Kamu hanya kurang bersyukur saja.

4. Ketika kamu masih sanggup menebarkan kebaikan bagi sesama, itu pertanda kamu orang yang berguna

Berguna via www.pexels.com

Nggak perlu repot mencari takaran berguna. Berguna nggak melulu dilihat dari seberapa banyak uang yang kamu sedekahkan, lapangan kerja yang kamu buat, dan lain-lain. Tapi selama apa kamu masih bisa berbagi dan menebar kebaikan bagi sesama kamu sudah bisa dikatakan berguna.

Dengan menjawab orang yang bertanya jalan, membeli dagangan pedagang tua, menebar senyum ke sesama sejatinya hidupmu masih layak disebut berguna.

5. Ada alasan dari setiap hal di dunia. Yakinlah bahwa keberadaanmu itu bermakna dan berharga

Setiap hal itu berharga via www.pexels.com

Mungkin banyak hal menyedihkan yang menimpamu. Banyak kegagalan yang melanda hidupmu. Jangan pernah menyerah dan menganggap dirimu nggak berguna. Kamu telah berusaha seenggaknya itu menyiratkan bahwa kamu berharga. Perjuangan itu ada nilainya.

Lagipula setiap hal diciptakan memiliki alasan. Termasuk kamu. Pasti ada hal bermakna dari dirimu. Pasti ada orang lain yang membutuhkan keberadaanmu. Jadi, yuk tersenyum untuk dirimu mulai sekarang!

6. Setiap orang terlahir untuk jadi pemenang. Semua bergantung sama seberapa keras usahamu, termasuk saat bangkit dari kegagalan

Pemenang via www.unsplash.com

Saat SMA dulu kamu pasti pernah menerima pelajaran biologi. Kamu tentu pernah mendengar bahwa dari sekian banyak sperma yang menyeberangi rahim ibu hanya kamulah yang berhasil lolos masuk ke dalam sel telur. Ini artinya sejak sebelum dilahirkan pun sejatinya kamu sudah menjadi pemenang.

Teruslah berusaha dan berjuang. Meski gagal berkali-kali, jangan pernah patah arang. Nggak ada yang sia-sia selama ada usaha.

Setiap orang pernah merasakan hidupnya nggak berguna. Ini merupakan fase kehidupan yang mesti kamu lewatkan. Tetaplah berpikir positif, pupuklah rasa percaya diri. Hidup cuma sekali, jalani dengan penuh perjuangan dan raihlah kebahagiaan. Semangat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya