Setelah lulus sekolah, mayoritas dari kamu akan berinisiatif untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pergi ke universitas adalah jalur yang paling umum. Selanjutnya, ada juga yang memilih mengikuti kursus keterampilan selama beberapa bulan hingga setahun. Tapi tak jarang, ada dari kamu yang harus terantuk biaya dan belum sempat mencicipi bangku pendidikan lanjutan sebagaimana yang diinginkannya.

Namun meski begitu, kamu tak perlu berkecil hati. Saat ini banyak kok lowongan-lowongan yang terbuka untuk kamu coba. Gaji yang ditawarkan lowongan-lowongan tersebut juga cukup memenuhi kebutuhan harianmu, dan seandainya kamu mau hidup lebih sederhana, bisa kamu tabung sebagian untuk pendidikanmu yang selanjutnya.

Advertisement

Lowongan-lowongan apa saja yang bisa kamu coba?

1. Internet sangat mempengaruhi branding dan marketing sebuah perusahaan. Mereka akan membuka jabatan social media manager yang tak begitu peduli latar belakang pendidikan pelamar

Menghandle semua akun media sosial perusahaan

Menghandle semua akun media sosial perusahaan via ridemedia.co

Meski tergolong baru, nama social media officer atau social media manager pasti sudah tak asing lagi di telingamu. Profesi  social media manager saat ini semakin dibutuhkan, baik oleh perusahaan startup maupun perusahaan yang sudah lama berdiri. Selain bertugas menanggapi segala keluhan pelanggan, social media manager juga melakukan interaksi dengan pelanggan melalui media sosial yang dimiliki perusahaan.

Media sosial yang dimiliki oleh pelanggan umumnya adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest. Pekerjaan ini cocok sekali buat kamu yang memang hobi berinteraksi melalui sosial media. Selain berinteraksi dengan pelanggan, media sosial juga digunakan sebagai alat promosi maupun pemasaran sebuah produk.

2. Hobi main game? Kenapa tak menjadikan itu profesi? Sebagai game tester, kamu bisa bermain segala macam game dan mendapat uang dengan mencari bug-nya

Game tester yang kerjaannya main game aja

Game tester yang kerjaannya main game aja via www.libertatea.ro

Advertisement

Jangan hanya hamburkan uangmu untuk bermain game online di gamenet. Jika kamu memang hobi nge-game, dan suka mencoba game game baru, tak ada salahnya kamu salurkan hobimu itu untuk menghasilkan pendapatan dengan menjadi seorang game tester. Selain bermain game, seorang game tester juga dituntut untuk menganalisis error, dan membuat laporan.

Sekarang ini banyak perusahaan startup di Indonesia yang gencar mengembangkan game maupun aplikasi mobile lho! Bahkan perusahaan internasional sekelas Gameloft saja membuka kantornya di Indonesia. Nah, salurkan saja bakat dan hobimu bermain game dengan mendaftarkan diri menjadi game tester di perusahaan-perusahaan pengembang game lokal. Dijamin kamu bakal rajin ngantor deh!

3. Jika kamu suka iseng-iseng menulis cerpen, puisi, maupun sekedar corat-coret di blogmu, berhenti iseng dan seriuslah. Kamu dapat menjajal peruntungan sebagai penulis

Ngeblog dan menulis bisa dilakukan dimana saja, termasuk diatap rumah

Ngeblog dan menulis bisa dilakukan dimana saja, termasuk diatap rumah via www.agusmulyadi.web.id

Kamu suka membaca buku, menulis cerpen, puisi, atau hobi ngeblog? Jangan biarkan bakatmu terpendam ke jurang paling dasar dalam pikiranmu. Mulailah mengasah keterampilanmu itu agar bisa menghasilkan uang nantinya. Sebagai permulaan, misalnya, kamu bisa bekerja menjadi penulis freelance yang banyak tersebar di internet.

Jika selama ini kamu jarang-jarang mengupdate blogmu, mulai sekarang cobalah untuk selalu terus menulis. Cobalah untuk menulis referensi mengenai buku yang telah kamu baca, menulis perjalananmu ketika liburan bulan lalu, atau bisa juga me-review suatu produk yang kamu beli. Siapa tahu dengan banyaknya pengunjung, kamu akan di-endorse untuk sebuah produk? Lumayan ‘kan?

Atau jika kamu bisa menulis cerita, tak ada salahnya mencoba mengirimkan karya-karyamu ke penerbit. Bahkan blogger seperti Agus Mulyadi juga belum sempat mengenyam pendidikan tinggi kok. Namun dia berhasil menjadi blogger terkenal, dan jago mengedit foto.

4. Mumpung kopi sedang “demam” di Indonesia, cobalah belajar menjadi barista. Dari sinilah kamu dapat menimba keuntungan menjanjikan

Profesi yang berkelas

Profesi yang berkelas via specialtycoffee.nl

Pandai memilih biji kopi berkualitas, mahir dalam proses brewing, adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang barista. Tak ada salahnya menjajal peruntungan menjadi barista jika kamu memang hobi banget minum kopi. Dengan semakin menjamurnya tempat nongkrong dan warung kopi, bukan tidak mungkin barista adalah profesi yang menjanjikan untuk masa depan nanti.

Selain menyajikan kopi yang lezat dan nikmat untuk para tamu yang datang, kamu juga berkesempatan untuk bisa menggali ilmu lebih dalam tentang dunia perkopian. Apersiasi masyarakat mengenai profesi barista juga sangat bagus. Terbukti banyak sekali kompetisi-kompetisi barista yang digelar baik dalam taraf nasional maupun internasional.

5. Sementara, kamu yang memiliki sifat ramah dan suara apik bisa mendaftar sebagai customer service. Pandai berbahasa Inggris? Ada juga customer service khusus untuk orang asing!

Kamu yang memiliki sifat ramah bisa menjadi customer service

Kamu yang memiliki sifat ramah bisa menjadi customer service via twitter.com

Tak perlu memiliki tampang rupawan, dan pendidikan setinggi langit untuk bisa menjadi seorang customer service. Karena tugasmu hanyalah menerima telepon dan mendengar keluhan pelanggan via telepon tanpa harus bertatap muka dengan pelanggan.

Namun ketika mendaftar posisi ini, siap-siap saja untuk bersedia bekerja dalam sistem kerja shift ya. Biasanya perusahaan yang membuka lowongan ini adalah perusahaan telekomunikasi, perbankan, maupun situs jual beli online. Gaji yang didapatkan juga lumayan. Siapa tahu kamu bisa menabung untuk ikut kursus, maupun kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

6. Asal kamu hobi cuap-cuap dan selalu update soal musik, menjadi penyiar radio juga bisa menjadi pilihan

Penyiar radio harus bisa cuap-cuap

Penyiar radio harus bisa cuap-cuap via www.youtube.com

Kamu suka cuap-cuap? Update dengan musik-musik jaman sekarang? Atau kamu adalah orang yang kocak dan hobi melontarkan lelucon-lelucon? Menjadi penyiar radio mungkin cocok buat kamu. Penyiar radio dituntut untuk komunikatif, dan aktif karena di dalam studio seringnya hanya akan ada kamu seorang diri, tak ada lawan bicara. Jadi sebisa mungkin tanggung jawabmu adalah mengatur suasana bagaimana caranya para pendengar bisa betah berlama-lama mendengarkan ocehanmu.

7. Bekerja di dunia perbankan juga bukan lagi mimpi. Sudah banyak bank yang membuka program magang bagi para pelajar yang baru lulus SMA

Program magang untuk lulusan SMA

Program magang untuk lulusan SMA via www.blogloker.com

Saat ini banyak sekali bank-bank yang menawarkan kesempatan berkarier bagi para remaja yang memiliki ijazah SMA. Biasanya bank-bank ini membuka lowongan untuk program magang selama satu tahun, dan tanpa ikatan dinas. Kamu bisa berkesempatan untuk terjun langsung melayani nasabah dengan menjabat sebagai teller maupun customer officer.

8. Kamu yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, bisa bekerja sebagai sales & marketing

Sales marketing

Sales marketing via imgkid.com

Saat ini, untuk menjadi seorang sales maupun marketing bisa dijalani oleh kamu yang hanya lulusan SMA lho! Biasanya tugasmu adalah merayu pelanggan maupun calon pelanggan agar mau membeli produk di perusahaan tempatmu bekerja.

Mungkin gaji yang kamu terima masih sebatas UMR. Namun jika kamu mampu selalu mencapai target, biasanya perusahaan akan memberi bonus atas penjualan yang kamu lakukan. Selain itu, menjadi marketing juga memiliki keuntungan tersendiri buat kamu. Kamu akan lebih banyak mengenal orang, dan pastinya koneksi pun akan semakin luas.

Itulah beberapa pekerjaan yang bisa menambah pundi-pundimu meski kamu belum berkesempatan mengenyam bangku kuliah. Siapa tahu dengan melakukan beberapa pekerjaan tersebut, kamu akan bisa menabung dan membiayai kuliahmu sendiri. Bukankah hal tersebut merupakan hal yang amat sangat membanggakan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya