Meski Capek Banget Habis Kerja, Kamu Wajib Lakukan 6 Hal Ini. Demi Hidup yang Berkualitas!

Capek kerja

Kalau bicara tentang kerja, kamu pasti punya banyak sambatan. Mulai dari besaran gaji, rekan kerja yang nyebelin, sampai AC kantor yang rusak tapi nggak dibener-benerin — semua itu berkontribusi pada kecapaian badan dan pikiranmu. Apalagi hari-hari seperti itu mau nggak mau harus terus diulang tiap harinya. Demi apa? Ya demi menyambung hidup.

Advertisement

Makanya waktu pulang kantor dan weekend adalah oase diantara segala kepenatan pekerjaan. Begitu sampai rumah atau kosan, badan otomatis langsung ingin menempel ke kasur dan tidak memikirkan apa-apa lagi. Tapi Gaes, secapek-capeknya dirimu setelah kerja, jangan langsung rebahan dan ‘bablas’ hingga pagi ya — malah tambah capek lo besoknya. Paling tidak, lakukanlah 6 hal di bawah ini sebelum istirahat sepulang kerja biar hidupmu jauh lebih berkualitas!

1. Wajib bersih-bersih badan! Bagi yang suka malas, pastikan kamu tidak tidur ‘berselimut’ kuman, nanti malah bisa sakit lo~

belum ganti baju

Belum ganti baju via www.huffingtonpost.com

Kebiasaan buruk yang kamu lakukan saat sampai rumah setelah kerja seharian yaitu lupa untuk bersih-bersih badan. Kamu dapat memulainya dengan cuci tangan dan kaki agar kuman-kuman yang menempel hilang. Tapi karena waktu sampai rumah udah larut dan badanmu sangat lelah, yang ada kamu langsung menuju kamar atau selonjoran di kursi buat istirahat sejenak. Niatnya memang goler-goler sebentar, tapi siapa yang menjamin kamu nggak bakal ketiduran?

Advertisement

Hal yang seperti ini bikin dirimu jadi nggak sehat, apalagi nggak ganti baju dan mandi juga. Dengan segala aktivitasmu seharian penuh, baik di dalam ruangan maupun di lapangan bikin tubuhmu sangat kotor. Untuk yang mandi, jika enggan melakukannya karena terlalu malam nggak ada salahnya tetap membersihkan badan seperti mengelap-elap dengan handuk kecil. Dengan begitu kamu udah berusaha mengurangi kuman-kuman yang menempel pada tubuh.

2. Walaupun ngemil emang enak, tapi jangan deh dibiasakan apalagi kalau kamu lagi capek banget. Mending tidur aja~

Advertisement

Salah satu hal yang digemari kamu adalah ngemil. Dibanding makan (makan pakai lauk dan nasi), ngemil biasanya lebih praktis dan ‘terjangkau’ alias nggak perlu menyiapkan piring atau sendok. Mulai dari kudapan ringan kayak biskuit dan keripik, hingga yang agak berat seperti roti dan kue-kue manis sukses menemani malam lelahmu setiap hari. Karena ngemil di malam hari ternyata kurang baik buat kesehatan, alangkah baiknya jika kamu kurangi, terutama yang manis-manis.

Bahaya lo kalau ketiduran dan masih dalam posisi ngemil, maka gigimu bisa rusak. Jika ingin tetap ngemil, pilihlah cemian yang asin atau agak pedas. Dan yang terpenting jangan lupa sikat gigi ya!

3. Saking ngantuk dan capeknya, kamu sering langsung goler-goler di kasur dan lupa nggak minum. Ini bahaya karena kamu perlu cukup konsumsi air mineral

apalagi sambil baca-baca, bikin kamu males mau apapun

apalagi sambil baca-baca, bikin kamu males mau apapun via id.pinterest.com

Penyakitmu yang nggak hilang-hilang ketika kelelahan menggerayangi dan rasa kantuk datang yaitu goler-goler di kasur. Kebiasaan buruk ini bikin kamu jadi malas mau lakukan kegiatan wajib sederhana, misalnya minum air mineral. Aktivitasmu yang menyita waktu kalau nggak diimbangi dengan konsumsi air mineral bisa bikin dehidrasi. Kalau udah begini, ujung-ujungnya kamu bakal drop dan harus istirahat total nggak boleh kerja. Coba tanyakan ke dirimu sendiri, siapa yang bakal rugi?

4. Istirahatkan badanmu dulu sebelum benar-benar tidur, jangan malah nonton tv sampai larut malam. Coba cari hiburan di jam lain~

jangan keterusan nontonnya

jangan keterusan nontonnya via screenrobot.com

Sibuk bekerja selama 8 jam, bahkan nggak jarang suka over time bikin kamu kurang dapat hiburan. Makanya, ketika sampai rumah kamu bakal menyetel televisi (tv) untuk menikmati tayangan berbagai program tv. Beberapa di antaranya yaitu pertandingan olahraga (sepak bola atau tinju), film, dan berita. Walau ragamu sangat lelah, tetap saja kamu paksa agar tetap melek demi menonton tayangan tv itu. Sah-sah saja ingin dapat hiburan di luar pekerjaan, tapi harus ingat waktu juga ya. Mau bagaimanapun juga tubuhmu perlu diistirahatkan.

5. Jauhkan diri dari gadget. Usahakan sampai rumah nggak usah lagi main gadget, apalagi kalau di kantor pun seharian kamu harus menghadapi gadget

jangan main gadget lagi ya

jangan main gadget lagi ya via www.cosmopolitan.co.uk

Hal negatif akibat perkembangan teknologi serba digital seperti sekarang ini buat kamu apa-apa selalu saja main gadget. Padahal selama jam kerja, bisa dibilang apapun jenis gadget hampir nggak pernah terlepas dari kamu. Oleh karena itu, saat udah pulang kerja sebaiknya kamu berusaha nggak memegang gadget lagi.

Atau jika memang urgent sekali perlu dibatasi dari diri kamu sendiri supaya nggak keterusan. ‘Kan sering tuh awalnya cuma cek email dan grup kantor via aplikasi chatting saja malah main gadget-nya berlanjut. Nggak usahlah main games atau cek media sosial (medsos) kalau bikin matamu jadi makin lelah.

6. Nah yang justru harus dilakukan adalah quality time dengan keluarga atau orang terdekat. Coba kuatkan badanmu sebentar saja, ngobrolah sedikit tentang kejadian hari ini

Namanya juga makhluk sosial, maka kamu perlu berinteraksi dengan siapapun. Kamu yang kini telah kerja jangan biasakan diri untuk berinteraksi hanya kepada rekan-rekan di kantor saja. Ketika sampai di rumah, apalagi keluargamu masih belum tidur nggak ada salahnya kuatkan raga kamu untuk ngobrol sebentar sama mereka. Bisa saja mereka kangen kamu lho dan ingin tahu kabar terbaru tentangmu. Selelah apapun kamu, mereka bakal bersedia menunggumu. Jangan egois kalau kamu lagi capek ya, nggak ada salahnya 10 – 15 menit bersenda gurau sama mereka kok. Setelahnya? Silahkan kamu beristirahat ya.

Padatnya rutinitasmu memang rawan bikin kamu mengalami kecapaian fisik dan psikis. Hal tersebut bikin kamu meninggalkan berbagai kegiatan yang harusnya kamu lakukan. Bukannya menyuruhmu untuk nggak bekerja, namun dirimu harus pandai mengatur waktu agar semuanya beres terlaksana. Toh, ini juga demi hidupmu berkualitas ‘kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE